Sepiring Padang Express, Restoran Padang fast food Pertama di Indonesia

Kuliner

Tips Aman Melakukan Delivery Makanan Paska Pandemi Covid-19

Ditengah pandemi COVID-19, gerakan social distancing atau physical distancing sangat disarankan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah. Kegiatan luar rumah pun harus di kurangi, mulai dari belajar, bekerja hingga bersosialisasi dilakukan dengan cara remote (jarak jauh). Kegiatan kulineran saat ini pun hanya bisa dilakukan via delivery order. Meski terbilang lebih aman, namun rasa khawatir terhadap kehigeinisan makanan delivery order masih sering muncul.

Pertanyaan-pertanyaan seperti, apakah makanan aman higienis hingga apakah packaging aman dari virus menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Menanggapi hal ini, kali ini PingPoint ingin memberikan beberapa tips kulineran online aman paska pandemi COVID-19.

Begini Trik Supir Ojol Akali COVID-19 Ketika Terima Pesanan Kuliner

Saat ini hampir semua restoran atau tempat makanan mengalihkan semua pemesanan menjadi delivery ke rumah untuk menghindari terjadinya penyebaran Virus Corona. Meski banyak spekulasi tentang penyebaran virus melalui makanan atau packaging-nya, hingga saat ini belum ada data yang valid terhadap hal ini.

[Baca Juga: Pesan Gubernur untuk Ketua RT/RW Jakarta dalam Hadapi COVID-19]

Menurut U.S. Food and Drug Administration, belum ada data kalau virus ini bisa menular melalui makanan atau pun packaging makanan.Justru, bukti paling kuat penyebaran adalah dari orang yang sudah terinfeksi jika bertemu langsung dengan yang sehat. Maka dari itu, pemilik bisnis makanan harus menerapkan pengecekan kesehatan berkala kepada pegawainya, dan menjaga kebersihan.

Seperti yang kita tahu bahwa membuat makanan membutuhkan banyak step dan melibatkan beberapa orang. Misalnya, sebuah restoran yang menyajikan hidangan ayam akan memasok bahan daging dari pemasok, kemudian bahan akan diolah oleh koki, dan diantarkan lewat jasa ojek online sebelum sampai ke tangan pemesan.

[Baca Juga: McDonald Tutup Gerai, Tak lagi Layani Dine-in Mulai 1 April]

Sirkulasi tersebut tentunya masih memiliki isu kehigienisan, namun, yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir resiko dengan cara memesan makanan dengan tidak melakukan kontak langsung seperti meninggalkan makanan di depan pintu sebelum Anda untuk mengurangi kontak dengan orang lain. Bagi para pemilik bisnis makanan pun, sudah diwajibkan untuk memberlakukan tes kesehatan berkala bagi karyawan mereka dan membuat standar kebersihan dapur terpadu.

Untuk dapat mengurangi resiko terpapar virus, Anda bisa langkah-langkah pencegahan seperti, langsung membersihkan bungkus makanan dan langsung mencuci tangan sehabis mengambil paket makanan. Selama Anda menjaga kebersihan dengan baik, memesan makanan melalui delivery menjadi cara yang paling baik untuk merealisasikan physical distancing.

Read More

Artikel Lainnya

Selama Ramadan, Kafe dan Restoran di Bandung diperbolehkan Buka Sampai Pukul 23.00 3.jpg

Bisnis

Selama Ramadan, Kafe dan Restoran di Bandung Boleh Buka Sampai Pukul 23.00

11 April 2021, 11:44

Pemerintah Kota Bandung memperbolehkan usaha kuliner buka sampai pukul 23.00 WIB. Hal ini disampaikan oleh Oded M. Danial, Ketua Komite Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

Gempa 3.jpg

Berita Kawasan

“Bangun Ayo Bangun Cah” Senandung Ibu-Ibu Dusun Kajar Ketika Gempa Malang Terjadi

11 April 2021, 11:09

Tradisi pun dimunculkan sebagai cara menanggulangi akibat emosional calon bayi setelah gempa terjadi.

Gempa 1.jpg

Berita Kawasan

Gempa 6,7 Skala Richter di Malang Sambung Rentetan Musibah di Indonesia

11 April 2021, 10:02

Gempa Malang menjadi rentetan bencana di Indonesia yang perlu diwaspadai kelanjutannya.

Ilustrasi Gempa Bumi

Pendidikan

Negeri Seribu Gempa, Ini Mitigasi Bencana Gempa Bumi yang Perlu Diketahui Masyarakat

11 April 2021, 09:07

Gempa bumi di Indonesia adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan dan menjadi konsekuensi bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia. Alih-alih mengindari dan lari dari bencana, pada akhirnya kita harus hidup berdampingan dengan bencana alam.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 year lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 ,org rasakan sensasinya guuuys......