Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

Kesehatan

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

Saat sedang berpuasa, seringkali rasa kantuk menyerang di siang hingga sore hari. Hal tersebut dikarenakan dampak dari gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat saat menjalani puasa Ramadan. Nah, apakah Anda termasuk orang yang dihantui rasa kantuk saat beraktivitas di bulan Ramadan?

Berikut tips untuk mengusir rasa kantuk saat beraktivitas di bulan Ramadan yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

1. Cuci Muka

Basuh muka Anda dengan air ketika rasa kantuk mulai menyerang. Segarnya air dapat membuat mata Anda terasa lebih segar.

[Baca Juga: Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda]

2. Bergerak atau Jalan-jalan

Saat sedang beraktivitas, cobalah sempatkan sekitar 10 menit untuk bergerak atau jalan-jalan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari saat berpuasa. Rasa mengantuk di siang hari, biasanya muncul karena otak kekurangan oksigen. Dan berdasarkan informasi dari beberapa rilis, ada sebuah survei dari Amerika Serikat yang membuktikan bahwa berjalan kaki selama 10 menit bisa memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sehingga, Anda perlu sempatkan waktu saat mulai mengantuk di siang hari agar aktivitas Anda tetap berjalan lancar selama bulan Ramadan.

3. Mengalihkan Pandangan

Bila aktivitas Anda mengharuskan melihat layar komputer seharian, sebaiknya alihkan sejenak pandangan mata Anda selama 20 detik. Ulangi pengalihan pandangan Anda setiap 20 menit agar mata Anda menjadi lebih relaks dan segar.

4. Dengarkan Lagu

Cobalah dengarkan lagu yang energik jika mata Anda terasa mengantuk saat sedang beraktivitas di bulan Ramadan.

5. Mengobrol

Jika Anda sedang beraktivitas di sekolah, kampus, atau kantor, ajak teman atau rekan Anda untuk mengobrol sejenak sebagai salah satu cara mengusir rasa kantuk. Namun, ada baiknya di bulan Ramadan bicarakanlah yang baik-baik agar tidak mengurangi pahala puasa Anda.

6. Tarik Napas Dalam

Kadar oksigen dalam otak juga bisa meningkat ketika Anda menarik napas dalam-dalam. Ketika kadar oksigen dalam otak meningkat, maka bisa membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak. Lakukanlah dengan duduk atau berdiri tegak. Letakkan salah satu tangan Anda di bagian perut, kemudian tarik napas dalam-dalam lewat hidung. Hembuskan perlahan melalui mulut Anda, dan ulangi selama beberapa kali hingga pikiran Anda terasa lebih segar. Serta, pastikan perut Anda mengembang dan mengempis saat Anda melakukannya.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

Itulah keenam tips yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari saat berpuasa. Meskipun tidur di siang hari dinilai sebagai salah satu ibadah selama bulan Ramadan, namun tidak semua orang bisa tidur siang karena aktivitas yang harus dijalankan.

Jadi, bagi Anda yang tidak sempat tidur siang saat berpuasa, sebaiknya Anda juga perlu mengatur jam tidur sehingga Anda bisa tidur cukup dan berkualitas di malam hari.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.