Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

Kesehatan

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

Saat sedang berpuasa, seringkali rasa kantuk menyerang di siang hingga sore hari. Hal tersebut dikarenakan dampak dari gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat saat menjalani puasa Ramadan. Nah, apakah Anda termasuk orang yang dihantui rasa kantuk saat beraktivitas di bulan Ramadan?

Berikut tips untuk mengusir rasa kantuk saat beraktivitas di bulan Ramadan yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

1. Cuci Muka

Basuh muka Anda dengan air ketika rasa kantuk mulai menyerang. Segarnya air dapat membuat mata Anda terasa lebih segar.

[Baca Juga: Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda]

2. Bergerak atau Jalan-jalan

Saat sedang beraktivitas, cobalah sempatkan sekitar 10 menit untuk bergerak atau jalan-jalan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari saat berpuasa. Rasa mengantuk di siang hari, biasanya muncul karena otak kekurangan oksigen. Dan berdasarkan informasi dari beberapa rilis, ada sebuah survei dari Amerika Serikat yang membuktikan bahwa berjalan kaki selama 10 menit bisa memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sehingga, Anda perlu sempatkan waktu saat mulai mengantuk di siang hari agar aktivitas Anda tetap berjalan lancar selama bulan Ramadan.

3. Mengalihkan Pandangan

Bila aktivitas Anda mengharuskan melihat layar komputer seharian, sebaiknya alihkan sejenak pandangan mata Anda selama 20 detik. Ulangi pengalihan pandangan Anda setiap 20 menit agar mata Anda menjadi lebih relaks dan segar.

4. Dengarkan Lagu

Cobalah dengarkan lagu yang energik jika mata Anda terasa mengantuk saat sedang beraktivitas di bulan Ramadan.

5. Mengobrol

Jika Anda sedang beraktivitas di sekolah, kampus, atau kantor, ajak teman atau rekan Anda untuk mengobrol sejenak sebagai salah satu cara mengusir rasa kantuk. Namun, ada baiknya di bulan Ramadan bicarakanlah yang baik-baik agar tidak mengurangi pahala puasa Anda.

6. Tarik Napas Dalam

Kadar oksigen dalam otak juga bisa meningkat ketika Anda menarik napas dalam-dalam. Ketika kadar oksigen dalam otak meningkat, maka bisa membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak. Lakukanlah dengan duduk atau berdiri tegak. Letakkan salah satu tangan Anda di bagian perut, kemudian tarik napas dalam-dalam lewat hidung. Hembuskan perlahan melalui mulut Anda, dan ulangi selama beberapa kali hingga pikiran Anda terasa lebih segar. Serta, pastikan perut Anda mengembang dan mengempis saat Anda melakukannya.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

Itulah keenam tips yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari saat berpuasa. Meskipun tidur di siang hari dinilai sebagai salah satu ibadah selama bulan Ramadan, namun tidak semua orang bisa tidur siang karena aktivitas yang harus dijalankan.

Jadi, bagi Anda yang tidak sempat tidur siang saat berpuasa, sebaiknya Anda juga perlu mengatur jam tidur sehingga Anda bisa tidur cukup dan berkualitas di malam hari.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.