tips atasi rasa malas anak pergi ke sekolah-1.jpg

Pendidikan

Tips Atasi Rasa Malas Anak Pergi ke Sekolah

Bila Anda tinggal di Kelapa Gading Jakarta maka Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari berbagai lembaga pendidikan untuk buah hati Anda, baik yang swasta dan negeri. Namun, banyaknya pilihan sekolah ini terkadang tidak mampu menghilangkan masalah yang kerap menimpa anak-anak yaitu malas pergi ke sekolah.

Dari mulai tidak bersemangat sampai memberikan alasan sakit, acap kali menjadi alasan anak-anak saat malas pergi ke sekolah. Lantas bagaimana untuk menangani masalah ini? Bila itu pertanyaan di benak Anda maka artikel ini akan membantu Anda dengan memberikan beberapa tips untuk mangatasi masalah anak malas pergi ke sekolah sebagaimana dilansir dari parenting.com (17/10/2018):

  • Budayakan Tepat Waktu

Budayakan Tepat Waktu

Memang menjadi seseorang yang tepat waktu tidak mudah bagi sejumlah orang. Namun Anda bisa menjadi sosok seperti itu agar buah hati dapat meniru hal tersebut. Pasalnya, bila buah hati Anda memiliki kebiasaan terlambat pergi ke sekolah, hal ini dapat memicu timbulnya cibiran dari siswa lain. Apalagi bila ternyata buah hati Anda merupakan anak yang pemalu maka ia dapat merasa enggan untuk pergi ke sekolah.

[Baca Juga: Menilai Pendidikan Anak Melalui Jam Wajib Belajar]

  • Pastikan Sekolah Tempat yang Nyaman

Pastikan Sekolah Tempat yang Nyaman

Bully sampai posisi duduk di kelas juga dapat memicu anak-anak malas pergi ke sekolah. Karena itu, Anda dapat sesekali datang ke sekolah untuk mengecek suasananya serta mencoba membuka komunikasi dengan buah hati untuk bertanya apa yang menjadi kekhawatirannya saat di sekolah.

Bila memang masalah bully yang menjadi penyebab utamanya, Anda bisa menghubungi guru atau kepala sekolah untuk membantu menyelesaikan masalah perundungan. Karena dengan campur tangan Anda dan mengakhiri kekhawatiran mereka, maka buah hati Anda dapat merasa nyaman untuk pergi ke sekolah.

  • Bantu Anak untuk Belajar

BAntu Anak untuk Belajar

Tidak jarang pemicu anak enggan pergi ke sekolah adalah karena ia tidak menguasai salah satu mata pelajaran dan merasa malu saat ditanya guru karena hal tersebut. Anda bisa langsung bertanya kepada buah hati Anda atau bertanya kepada gurunya mengenai mata pelajaran apa yang biasanya anak Anda dinilai kurang.

[Baca Juga: 5 Kursus di Kelapa Gading Jakarta untuk Buah Hati]

Bila ini memang masalah utamanya maka Anda dapat membantu mereka untuk belajar di rumah. Dari mulai saat mengerjakan PR, membantu mereka untuk menghapal sampai mencari cara untuk mempermudah mata pelajaran tersebut dengan mengorelasikannya dengan kehidupan sehari-hari. Dengan ini, baik Anda yang tinggal di Kelapa Gading Jakarta atau wilayah lainnya, buah hati Anda akan merasa terpacu untuk pergi ke sekolah karena Anda turut andil dalam proses belajarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Ivand 4 years lalu
    ivand

    Baru tau ternyata begini caranya..