tips atasi rasa malas anak pergi ke sekolah-1.jpg

Pendidikan

Tips Atasi Rasa Malas Anak Pergi ke Sekolah

Bila Anda tinggal di Kelapa Gading Jakarta maka Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari berbagai lembaga pendidikan untuk buah hati Anda, baik yang swasta dan negeri. Namun, banyaknya pilihan sekolah ini terkadang tidak mampu menghilangkan masalah yang kerap menimpa anak-anak yaitu malas pergi ke sekolah.

Dari mulai tidak bersemangat sampai memberikan alasan sakit, acap kali menjadi alasan anak-anak saat malas pergi ke sekolah. Lantas bagaimana untuk menangani masalah ini? Bila itu pertanyaan di benak Anda maka artikel ini akan membantu Anda dengan memberikan beberapa tips untuk mangatasi masalah anak malas pergi ke sekolah sebagaimana dilansir dari parenting.com (17/10/2018):

  • Budayakan Tepat Waktu

Budayakan Tepat Waktu

Memang menjadi seseorang yang tepat waktu tidak mudah bagi sejumlah orang. Namun Anda bisa menjadi sosok seperti itu agar buah hati dapat meniru hal tersebut. Pasalnya, bila buah hati Anda memiliki kebiasaan terlambat pergi ke sekolah, hal ini dapat memicu timbulnya cibiran dari siswa lain. Apalagi bila ternyata buah hati Anda merupakan anak yang pemalu maka ia dapat merasa enggan untuk pergi ke sekolah.

[Baca Juga: Menilai Pendidikan Anak Melalui Jam Wajib Belajar]

  • Pastikan Sekolah Tempat yang Nyaman

Pastikan Sekolah Tempat yang Nyaman

Bully sampai posisi duduk di kelas juga dapat memicu anak-anak malas pergi ke sekolah. Karena itu, Anda dapat sesekali datang ke sekolah untuk mengecek suasananya serta mencoba membuka komunikasi dengan buah hati untuk bertanya apa yang menjadi kekhawatirannya saat di sekolah.

Bila memang masalah bully yang menjadi penyebab utamanya, Anda bisa menghubungi guru atau kepala sekolah untuk membantu menyelesaikan masalah perundungan. Karena dengan campur tangan Anda dan mengakhiri kekhawatiran mereka, maka buah hati Anda dapat merasa nyaman untuk pergi ke sekolah.

  • Bantu Anak untuk Belajar

BAntu Anak untuk Belajar

Tidak jarang pemicu anak enggan pergi ke sekolah adalah karena ia tidak menguasai salah satu mata pelajaran dan merasa malu saat ditanya guru karena hal tersebut. Anda bisa langsung bertanya kepada buah hati Anda atau bertanya kepada gurunya mengenai mata pelajaran apa yang biasanya anak Anda dinilai kurang.

[Baca Juga: 5 Kursus di Kelapa Gading Jakarta untuk Buah Hati]

Bila ini memang masalah utamanya maka Anda dapat membantu mereka untuk belajar di rumah. Dari mulai saat mengerjakan PR, membantu mereka untuk menghapal sampai mencari cara untuk mempermudah mata pelajaran tersebut dengan mengorelasikannya dengan kehidupan sehari-hari. Dengan ini, baik Anda yang tinggal di Kelapa Gading Jakarta atau wilayah lainnya, buah hati Anda akan merasa terpacu untuk pergi ke sekolah karena Anda turut andil dalam proses belajarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Sang Ratu Salon, Berikan Kesempatan Transpuan untuk Berkarya

Bisnis

Sang Ratu Salon, Berikan Kesempatan Transpuan untuk Berkarya

18 February 2020, 18:00

Memanusiakan kaum marjinal dengan memberikan kesempatan mereka berkarya merupakan visi dari program Yes I Can melalui Sang Ratu Salon.

10 Sumur Resapan di Kelurahan Pulau Kelapa Selesai Dibuat

Berita Kawasan

10 Sumur Resapan di Kelurahan Pulau Kelapa Selesai Dibuat

18 February 2020, 17:00

Ada 10 dari 32 sumur resapan telah rampung dibuat di Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Sumur ini akan menampung air hujan untuk mencegah genangan.

PT Transjakarta Siapkan Bus Gratis Menuju Gereja Katedral

Berita Kawasan

Catat Perubahan Rute Transjakarta Selama Pembangunan Underpass Senen

18 February 2020, 16:00

PT Transjakarta melakukan penyesuaian layanan sampai pembangunan underpass Senen selesai dikerjakan

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

Berita Kawasan

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

18 February 2020, 15:00

Sebuah perusahaan asal Belanda membawa robot pembersih sungai ke salah satu titik polusi sampah plastik di Indonesia. Proyek ujicoba ini pertama kali dilakukan di Kali Cengkareng.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Ivand 1 year, 2 months lalu
    ivand

    Baru tau ternyata begini caranya..