Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia.jpg

Kesehatan

Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia

Susah tidur seringkali dialami banyak orang. Tidak jarang pula saat sudah berencana untuk tidur, namun mata tidak bisa terpejam. Kebiasaan tidur seseorang juga berbeda-beda seperti ada beberapa orang yang bisa tidur dalam keadaan gelap dan ada pula yang tidur dalam keadaan lampu menyala. Susah tidur akan berakibat mengganggu aktivitas di pagi hari. Tentu jika pada malam hari Anda mengalami susah tidur, ketika beraktivitas di esok hari menjadi kurang bersemangat karena mengantuk.

Berbicara mengenai susah tidur, Praktisi Neurosains Terapan Anne Gracia yang ditemui di auditorium kantor redaksi PingPoint.co.id (18/2/2019) mengatakan susah tidur terjadi akibat frekuensi atau gelombang pada otak yang tidak seimbang dan tidak dalam kondisi yang sesuai.

“Kita memiliki frekuensi atau gelombang tertentu di otak. Ada momen seperti saat kita mau tidur yang harus kita turunkan frekuensi attention kita agar masuk ke dalam kategori relaks hingga siap untuk tidur dan bahkan masuk ke deep sleep”, jelas Anne.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Susah tidur sangat berhubungan dengan sensori yang dimiliki pada otak setiap manusia. Sensori mempengaruhi manusia dalam mengendalikan tubuh dan tubuh membutuhkan istirahat atau tidur. Ketika gerbang dari sensori untuk menerima info saat seseorang ingin tidur masih terbuka, maka frekuensinya ada sebagian yang tetap on sehingga menjadi susah tidur.

Otak berperan menerima frekuensi dari panca indera dengan lokasi yang berbeda-beda. Frekuensi dari visual berada di bagian otak belakang dan frekuensi auditori diterima di bagian samping. Anne menjelaskan, ”Jadi kalau kita mau tidur atau istirahat, lalu kita menggunakan frekuensi visual yang ketinggian karena cahaya tetap masuk, sehingga visual kita enggak ikut istirahat dan mengakibatkan ketidakseimbangan frekuensi yang membuat susah tidur”.

[Baca Juga: Ini Penyebab Kelelahan Usai Berlibur]

Bagi Anda yang mengalami susah tidur, berikut tips dari Anne Gracia yang dibagi untuk Pingpoint.co.id (18/2/2019) yang bisa diterapkan untuk mengatasi susah tidur hingga mencapai ke deep sleep, yang bisa disesuaikan dengan kekuatan sensori Anda.

1. Redupkan Cahaya Lampu

Shut down every sensory dengan menurunkan cahaya yang tertangkap oleh mata. Cahaya diterima sensor cahaya pada otak bagian tengah yang berpengaruh juga pada emosi seseorang sehingga bisa mengakibatkan susah tidur. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menurunkan cahaya kamar untuk bisa mengatasi susah tidur.

2. Dengarkan Bunyi, Suara, atau Musik

Bagi yang tidak biasa tidur dalam kondisi gelap, Anda bisa menggunakan cara dengan mendengarkan suara yang bisa menurunkan frekuensi atau gelombang otak. Dengarkan bunyi atau suara yang bisa diterima sebagai informasi untuk tidur, salah satunya dengan mendengarkan musik. Gunakan volume rendah, frekuensi rendah dengan beat yang berjarak panjang-panjang agar heart beat juga turun. Dengan begitu, otak bisa menerima informasi untuk tidur melalui frekuensi auditori yang diterima otak bagian samping.

3. Beri Kehangatan Taktil

Anda juga bisa mengistirahatkan sensori taktil sebelum tidur. Usahakan sebelum tidur basuh tubuh dengan air hangat, kemudian yang dingin dan hangat lagi bergantian pada daerah yang memiliki pori-pori lebih besar, seperti wajah, leher, dan dibalik siku dan lutut.

Anda bisa mengistirahatkan ketiga sensori tersebut sesuai mana yang lebih dominan pada tubuh untuk mengatasi susah tidur, karena selain sensori sebagai penerima informasi, sensori juga bisa dirangsang untuk menenangkan. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.


Comments


Please Login to leave a comment.