Tips Berbisnis di Masa Krisis Pandemi untuk Perusahaan Rintisan1.jpg

Bisnis

Tips Berbisnis Perusahaan Rintisan di Masa Krisis Pandemi

Melalui laman covid19.go.id, pemerintah melaporkan data teranyar perkembangan pandemi COVID-19. Hingga Jumat (12/6/2020) telah berhasil mengonfirmasi 36.406 kasus di tanah air. Dengan rincian, 13.213 pasien sembuh dan 2.048 pasien meninggal dunia. Sementara Provinsi DKI Jakarta masih betah menduduki peringkat teratas, dengan jumlah kasus sebanyak 8.552 kasus. Dari jumlah itu terdapat 3.781 pasien penyintas dan 560 korban jiwa.

Tiga bulan sudah virus SARS-CoV-2 singgah dan menetap di Indonesia. Tidak hanya mengancam jiwa masyarakat, virus berukuran kurang dari 100 nanometer ini turut juga menggoncang sendi-sendi perekonomian tanah air, termasuk juga kalangan penggiat perusahaan rintisan.

Tips Berbisnis di Masa Krisis Pandemi untuk Perusahaan Rintisan2.jpg

Situasi krisis di masa pandemi selama kurun beberapa bulan belakangan ini, sudah tentu merupakan pengalaman baru bagi—hampir—seluruh pendiri mau pun pemilik perusahaan rintisan atau yang lebih akrab disebut startup. Pasalnya, startup sendiri masih terbilang pendatang baru dalam kancah perekonomian, baik di kelas global atau lokal. Kebanyakan dari perusahaan itu tidak merasakan situasi krisis ekonomi di tahun 2008 atau pun krisis di tahun 1998.

Presiden Komisaris SEA Group Indonesia Pandu Patria Sjahrir pun berkeyakinan bahwa di luar sana nyaris 99 persen para pendiri atau pun pemilik perusahaan rintisan, belum terlalu cakap atau mahir menyiasati situasi krisis yang serba tidak pasti seperti sekarang ini.

[Baca Juga: Tips Berbisnis Perusahaan Rintisan di Masa Krisis Pandemi]

Melansir bisnis.com, terdapat beberapa cara yang bisa dilakoni para pendiri startup agar bisa mempertahankan eksistensi dan putaran roda bisnisnya. Selain pengelolaan uang kas dengan baik, bos konglomerasi bisnis yang menaungi startup e-commerce Shopee dan penyedia gim (game) Garena itu, menyebut masih ada hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan agar perusahaan rintisan bisa melalui situasi krisis, yang dia rinci sebagai berikut:

Tips Berbisnis di Masa Krisis Pandemi untuk Perusahaan Rintisan3.jpg

Peka Terhadap Perubahan

Menurutnya, terdapat tiga hal yang dapat dilakukan startup untuk bertahan dari pandemi COVID-19, terutama saat mulai memasuki kenormalan baru atau new normal. Langkah pertamanya, perusahaan harus memahami apa bila ada perubahan yang terjadi pada sektor bisnisnya.

“Untuk mendapatkan pandangan terkait dampak pandemi terhadap bisnis dari berbagai sisi, startup harus berdiskusi dengan para pakar, kompetitor, maupun stakeholder. Apa pun bisnis Anda, coba lihat bagaimana perubahan itu akan memberikan efek pada bisnis Anda yang terkait," ujar dia.

Tips Berbisnis di Masa Krisis Pandemi untuk Perusahaan Rintisan4.jpg

Cepat Beradaptasi

Lebih lanjut dia menuturkan, untuk langkah yang kedua, para perusahaan startup harus belajar beradaptasi dengan cepat, utamanya yang berkaitan dengan struktur organisasi perusahaan. Hal ini dibutuhkan untuk mengantisipasi jika ada sisi dari organisasi yang terkena dampak.

“Apabila ada sisi yang terdampak, jangan panik atau terburu-buru ambil keputusan. Seharusnya, perusahaan perlu meninjau lebih dalam terkait dampak dari penyebaran COVID-19 di lingkungan perusahaan, dari sisi sumber daya manusia (SDM), modal dan alokasi dana perusahaan,” cetus dia.

[Baca Juga: Roda Bisnis Ribuan Perusahaan di Kabupaten Bekasi Diguncang COVID-19]

Tips Berbisnis di Masa Krisis Pandemi untuk Perusahaan Rintisan5.jpg

Tetapkan Arah & Jaring Investor

Ketiga, setelah startup mengetahui arah bisnisnya maka mereka perlu mencari tahu siapa para investor yang tepat dan berapa jumlah pendanaan yang mereka butuhkan untuk menjalankan perubahan dalam bisnisnya.

"Misalnya, ada sebuah startup yang membutuhkan 10 investor, Anda tidak perlu sibuk mencari-cari ke semuanya karena belum tentu semua itu orang yang tepat dan layak berinvestasi di perusahaan Anda. Jadi bagaimana memilih investor yang tepat itu juga sangat penting," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.