Tips Bila Terjebak di Kereta Anjlok.jpg

Berita Kawasan

Tips Bila Terjebak di Kereta Anjlok

Kereta api adalah angkutan umum paling aman di daratan. Semua kereta api dibuat dengan spesifikasi yang ketat dan bila dirawat dengan benar, mampu melindungi keselamatan penumpangnya saat terjadi bencana. Namun, tidak bisa dipungkiri kereta api juga bisa terjadi kecelakaan termasuk kereta komuter. Mengutip dari getzandbraverman.com (11/3/2019), ada beberapa jenis kecelakaan kereta komuter seperti tabrakan langsung, tabrakan ujung belakang, dan penggelinciran.

Pada Minggu malam (10/3), kereta komuter milik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengalami anjlok di petak jalan antara Cilebut-Bogot yang terjadi sekitar pukul 22.15 sebagaimana dilansir krl.co.id (11/3/2019). Kereta Rel Listrik tujuan Bogor tersebut mengalami kendala karena tertimpa tiang Listrik Aliran Atas (LAA). Penumpang kereta telah dievakuasi dan tercatat ada 19 korban luka ringan akibat benturan kereta komuter yang anjlok dan telah mendapatkan perawatan di beberapa rumah sakit di Bogor.

[Baca Juga: Ratusan Ribu Warga Telah Mendaftar, Begini Cara Naik MRT Gratis]

Para pengguna KRL sebaiknya mengetahui apa yang harus dilakukan saat sudah merasakan ada gangguan pada kereta yang ditumpangi ataupun saat penyiapan instruksi evakuasi dalam bahaya di kereta api. Bila mengetahui kondisi darurat di lintas perjalanan kereta atau terjadi anjlok, selalu perhatikan hal di bawah ini yang dirangkum PingPoint.co.id (11/3/2019).

1. Perhatikan Lokasi Alat Darurat

Pengguna KRL harus selalu perhatikan lokasi alat alat darurat dan memastikan ulang posisinya. Dalam KRL selalu ditempelkan posisi kran pintu darurat yang berfungsi untuk evakuasi dalam keadaan darurat.

2. Berdirilah atau Duduk di Tengah Kereta

Tempat terbaik untuk duduk di kereta agar selamat jika terjadi kecelakaan tergantung jenis kecelakaan yang terjadi. Dalam sejumlah kasus kecelakaan, penumpang yang selamat umumnya berada di tengah kereta. Namun, tetap tidak menutup kemungkinan gerbong yang berada di tengah kereta bisa terkena dampak dari kereta anjlok.

[Baca Juga: Tidak Lama Lagi, Warga Cibubur Bisa Naik LRT]

3. Dengarkan Selalu Instruksi Petugas

Bila kereta yang Anda tumpangi berhenti di tengah perjalanan, jangan pernah berpikir untuk keluar dari tengah kereta. Perbaikan kereta memiliki waktu yang tidak dapat diprediksi dan bila listrik telah kembali normal secara tiba-tiba ketika Anda keluar dari kereta tanpa intruksi petugas, Anda berisiko terserempet kereta yang melintas.

Anda harus selalu ikuti instruksi petugas yang bertanggung jawab di dalam kereta karena para petugas yang paling mengerti situasi perjalanan kereta api saat terjadi anjlok ataupun ada masalah.

4. Lakukan Evakuasi dengan Benar

Meski dalam keadaan panik, tetap tenang untuk bisa keluar secepatnya dari kereta anjlok. Bila kondisi dianggap membahayakan sehingga penumpang terpaksa harus keluar dari kereta, keluarlah bersama-sama melalui pintu. Gunakan kursi panjang pada KRL yang dapat diangkat dan dijadikan alat seluncur dari pintu menuju tanah daratan. Jika pintu tidak dapat dibuka, turunkanlah jendela atau pecahkan kaca jendela menggunakan alat darurat untuk memecahkan kaca yang selalu disiapkan di setiap gerbong kereta.

[Baca Juga: Roker Siap-siap, Jalur 10 Stasiun Manggarai Sementara Tidak Beroperasi]

5. Waspada Saat Keluar dari Kereta

Penumpang harus selalu waspada saat telah berhasil keluar dari kereta. Setelah keluar, penumpang harus berjalan menjauhi kereta dan menjauhi rel. Bila tidak memungkinkan, berjalanlah ke arah depan (arah menuju stasiun berikutnya) untuk menghindari kemungkinan terserempet kereta lain.

6. Jangan Gunakan Ponsel Saat Evakuasi

Lalu yang paling penting, jangan sekali-kali berjalan sambil menggunakan ponsel pada saat proses evakuasi kereta yang anjlok. Nyawa Anda jauh lebih berharga ketimbang lima menit ketenaran dan eksistensi di media sosial.

Demikian keenam tips yang perlu dilakukan penumpang bila terjebak dalam kereta anjlok.


Read More

Artikel Lainnya

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.


Comments


Please Login to leave a comment.