Tips Diet Sehat Ala WHO Di Masa Pandemi

Kesehatan

Tips Diet Sehat Ala WHO Di Masa Pandemi COVID-19

Menjaga asupan nutrisi di masa pandemi COVID-19 tentu sangat penting. Apalagi bagi Anda yang sedang diet. Menurut World Health Organization (WHO), diet sehat menjadi cara bagi Anda untuk tetap menjaga keseimbangan asupan makanan tanpa merasa cemas akan kekurangan nutrisi di masa pandemi seperti ini.

Dilansir dari laman WHO (18/5/2020), tiap usia memiliki aturan tersendiri untuk melakukan diet sehat. Bagi bayi, diet sehat dilakukan dengan memberinya makanan bergizi dan aman sebagai pelengkap asi di usia enam bulan hingga dua tahun. Untuk anak kecil, diet sehat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Bagi orang tua, diet sehat dapat membantu agar hidup lebih sehat dan produktif.

[Baca Juga: Diet Menurunkan Berat Badan Tidak Harus Menyiksa]

Lantas bagaimana cara mempertahankan diet sehat di masa pandemi Covid-19? Berikut cara diet sehat ala di masa pandemi WHO.

1) Konsumsi makanan yang bervariasi, termasuk buah dan sayuran

Makanlah campuran gandum, jagung, beras merah, kacang-kacangan, buah dan sayuran segar. Campurlah dengan beberapa makanan hewani seperti daging, ikan, telur dan susu. Kombinasi makanan ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2) Kurangi garam

Saat memasak, Anda sebaiknya menggunakan garam secukupnya. Batasi asupan garam sebanyak 5 gram atau satu sendok teh per hari. Jangan lupa kurangi penggunaan saus dan bumbu asin lainnya, seperti kecap asin dan kaldu.

Tips Diet Sehat Ala WHO Di Masa Pandemi

3) Konsumsi lemak dan makanan berminyak dalam jumlah sedang

Anda bisa mengganti minyak dengan mentega dan lemak sehat lainnya seperti minyak zaitun, kedelai atau minyak jagung saat memasak. Lalu bila mengkonsumsi daging, pilihlah daging utuh seperti unggas dan ikan. Dibandingkan daging merah, kedua makanan tersebut rendah lemak. Pilih juga susu rendah lemak. Lalu, perbanyak konsumsi olahan makanan yang direbus daripada yang digoreng atau dibakar.

4) Batasi konsumsi gula

Kurangi asupan permen, minuman bersoda, jus buah, dan minuman berasa manis lainnya. Gantilah camilan manis Anda dengan buah-buahan segar. Jangan beri makanan manis kepada anak-anak. Jangan tambahkan garam dan gula ke makanan pendamping ASI anak-anak di bawah usia 2 tahun.

[Baca Juga: Tips Aman Melakukan Delivery Makanan Paska Pandemi Covid-19]

5) Konsumsi air mineral secukupnya

Minumlah air mineral sesuai yang dibutuhkan tubuh. Meminum air mineral adalah cara mudah untuk membatasi asupan gula dan kalori.

6) Hindari minuman alkohol

Sering mengkonsumsi minuman beralkohol dapat berbahaya bagi tubuh Anda. Dalam jangka panjang, Anda dapat mengalami kerusakan hati, kanker, penyakit jantung hingga gangguan mental.

7) Memberi ASI untuk bayi

ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi karena aman dikonsumsi, bersih yang mengandung antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit. Pemberian ASI eksklusif harus dilakukan selama enam bulan.

Lalu sejak usia 6 bulan, ASI harus dilengkapi makanan pendamping yang kaya akan nutrisi. Menyusui harus dilanjutkan sampai usia dua tahun. Bagi perempuan yang terinfeksi COVID-19 tapi tetap ingin menyusui anaknya, maka perlu melakukan upaya pencegahan agar sang buah hati tidak tertular.

Jangan lupa pastikan makanan yang Anda konsumsi bersih dan berada dalam temperatur yang aman. Selamat mencoba.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 8 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...