Tips Diet Sehat Ala WHO Di Masa Pandemi

Kesehatan

Tips Diet Sehat Ala WHO Di Masa Pandemi COVID-19

Menjaga asupan nutrisi di masa pandemi COVID-19 tentu sangat penting. Apalagi bagi Anda yang sedang diet. Menurut World Health Organization (WHO), diet sehat menjadi cara bagi Anda untuk tetap menjaga keseimbangan asupan makanan tanpa merasa cemas akan kekurangan nutrisi di masa pandemi seperti ini.

Dilansir dari laman WHO (18/5/2020), tiap usia memiliki aturan tersendiri untuk melakukan diet sehat. Bagi bayi, diet sehat dilakukan dengan memberinya makanan bergizi dan aman sebagai pelengkap asi di usia enam bulan hingga dua tahun. Untuk anak kecil, diet sehat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Bagi orang tua, diet sehat dapat membantu agar hidup lebih sehat dan produktif.

[Baca Juga: Diet Menurunkan Berat Badan Tidak Harus Menyiksa]

Lantas bagaimana cara mempertahankan diet sehat di masa pandemi Covid-19? Berikut cara diet sehat ala di masa pandemi WHO.

1) Konsumsi makanan yang bervariasi, termasuk buah dan sayuran

Makanlah campuran gandum, jagung, beras merah, kacang-kacangan, buah dan sayuran segar. Campurlah dengan beberapa makanan hewani seperti daging, ikan, telur dan susu. Kombinasi makanan ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2) Kurangi garam

Saat memasak, Anda sebaiknya menggunakan garam secukupnya. Batasi asupan garam sebanyak 5 gram atau satu sendok teh per hari. Jangan lupa kurangi penggunaan saus dan bumbu asin lainnya, seperti kecap asin dan kaldu.

Tips Diet Sehat Ala WHO Di Masa Pandemi

3) Konsumsi lemak dan makanan berminyak dalam jumlah sedang

Anda bisa mengganti minyak dengan mentega dan lemak sehat lainnya seperti minyak zaitun, kedelai atau minyak jagung saat memasak. Lalu bila mengkonsumsi daging, pilihlah daging utuh seperti unggas dan ikan. Dibandingkan daging merah, kedua makanan tersebut rendah lemak. Pilih juga susu rendah lemak. Lalu, perbanyak konsumsi olahan makanan yang direbus daripada yang digoreng atau dibakar.

4) Batasi konsumsi gula

Kurangi asupan permen, minuman bersoda, jus buah, dan minuman berasa manis lainnya. Gantilah camilan manis Anda dengan buah-buahan segar. Jangan beri makanan manis kepada anak-anak. Jangan tambahkan garam dan gula ke makanan pendamping ASI anak-anak di bawah usia 2 tahun.

[Baca Juga: Tips Aman Melakukan Delivery Makanan Paska Pandemi Covid-19]

5) Konsumsi air mineral secukupnya

Minumlah air mineral sesuai yang dibutuhkan tubuh. Meminum air mineral adalah cara mudah untuk membatasi asupan gula dan kalori.

6) Hindari minuman alkohol

Sering mengkonsumsi minuman beralkohol dapat berbahaya bagi tubuh Anda. Dalam jangka panjang, Anda dapat mengalami kerusakan hati, kanker, penyakit jantung hingga gangguan mental.

7) Memberi ASI untuk bayi

ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi karena aman dikonsumsi, bersih yang mengandung antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit. Pemberian ASI eksklusif harus dilakukan selama enam bulan.

Lalu sejak usia 6 bulan, ASI harus dilengkapi makanan pendamping yang kaya akan nutrisi. Menyusui harus dilanjutkan sampai usia dua tahun. Bagi perempuan yang terinfeksi COVID-19 tapi tetap ingin menyusui anaknya, maka perlu melakukan upaya pencegahan agar sang buah hati tidak tertular.

Jangan lupa pastikan makanan yang Anda konsumsi bersih dan berada dalam temperatur yang aman. Selamat mencoba.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 8 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...