Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau

Kesehatan

Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau

Akhir-akhir ini hujan sudah bisa dikatakan jarang turun di wilayah Jabodetabek dan menjadi pertanda bahwa musim kemarau sudah mulai tiba. Sehingga tidak bisa dipungkiri saat ini suhu semakin panas dan ditambah dengan debu yang dibawa oleh angin biasanya dapat memiliki efek negatif jika Anda terlalu lama beraktivitas di luar ruangan. Dampak terhadap kesehatan ini dapat diperparah dengan sengatan matahari yang semakin terasa di kala musim kemarau.

Mungkin Anda berpikir bahwa paparan sinar matahari dapat baik untuk kesehatan. Tapi sinar matahari yang bagus adalah di kala pagi hari dan jika Anda beraktivitas di luar ruangan pada siang hari saat musim kemarau seperti ini. Menurut laman WebMD, Anda dapat terkena sunburn atau terbakar akibat radiasi sinar ultraviolet pada kulit jika dalam kurun waktu 15 menit terkena paparan sinar matahari siang. Efeknya bisa terasa langsung, bisa juga baru terasa beberapa jam setelahnya.

Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau

Selain efek akibat paparan sinar matahari, suhu panas saat musim kemarau juga memiliki dampak negatif terhadap tubuh Anda jika terlalu lama beraktivitas di luar ruangan. Dari mulai dehidrasi, stres, hingga cepat lelah. Oleh karena itu, saat musim kemarau seperti ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan demi mencegah hal-hal di atas terjadi. Berikut ini tipsnya yang dilansir dari punchng.com (20/8/2019).

[Baca Juga: Memasuki Musim Kemarau, Ini Tips Menjaga Kulit yang Tepat]

  • Perbanyak Minum Air Putih

Saat Anda beraktivitas di luar ruangan pada musim kemarau seperti ini maka paparan sinar matahari serta suhu dapat memicu keringat berlebihan sehingga dehidrasi. Pertanda dehidrasi adalah urine berwarna kuning, kepala pusing, kelelahan, konstipasi, hingga konstipasi. Jadi ada baiknya, pada musim kemarau, Anda mengonsumsi air putih sekitar empat liter per harinya. Jika akan beraktivitas di luar ruangan, usahakan selalu membawa tumbler berisi air mineral.

  • Perhatikan Pakaian yang Anda Kenakan

Rata-rata sengatan matahari yang paling intens di musim kemarau adalah di kala siang hari. Jika Anda merupakan pekerja yang banyak mobile di luar kantor atau tugas luar, Anda bisa menggunakan pakaian yang bersifat melindungi kulit. Pakaian yang aman digunakan adalah kemeja lengan panjang, celana panjang, serta topi untuk melindungi wajah, kulit kepala, dan telinga. Menggunakan kacamata hitam atau sunglass juga penting untuk melindungi mata dari paparan debu dan radiasi sinar ultraviolet.

[Baca Juga: 4 Setting Spray yang Bikin Makeup Tahan Lama di Musim Kemarau]

  • Konsumsi Air Garam

Saat Anda berkeringat, maka tubuh Anda akan kehilangan elemen seperti air serta garam demi mendinginkan suhu. Jadi walau sudah minum air putih, Anda disinyalir masih bisa terkena dehidrasi tapi bukan karena banyak kehilangan cairan tapi juga garam yang larut pada cairan tubuh. Anda bisa mengatasi ini dengan mengonsumsi air garam atau larutan garam. Cara membuatnya pun mudah, cukup satu gelas air putih ditambah satu jumput garam, kemudian diaduk dan diminum.

Itulah tips untuk menjaga kesehatan di musim kemarau, khususnya bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan akhir-akhir ini. Selain hal-hal yang sudah disebut di atas, Anda baiknya untuk Anda yang tinggal di Ibu Kota juga menggunakan masker, mengingat tingkat polusi yang masih tinggi di udara Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  13 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.