Tips Jitu Layani Calon Pembeli di Garage Sale

Garage Sale

Tips Jitu Layani Calon Pembeli di Garage Sale

Saat Anda memutuskan untuk menggelar garage sale atau ikut dalam acara serupa, maka Anda sudah harus mempersiapkan segala keperluannya. Dari mulai mengatur barang serta menentukan tata letaknya di lapak Anda sampai memberikan harga. Setelah semua hal tersebut sudah dilakukan, Anda tinggal mempersiapkan diri untuk melayani para calon pembeli. Ini menjadi salah satu aspek yang penting, karena tanpa customer service yang baik maka calon pembeli akan tetap menjadi “calon” atau malah sekadar lihat-lihat semata.

Tips Jitu Layani Calon Pembeli di Garage Sale

Demi membuat calon pembeli menjadi pembeli maka Anda sebisa mungkin harus membuat orang yang datang ke garage sale merasa nyaman. Dengan minimal setidaknya mereka mau berinteraksi dengan Anda agar tertarik melihat barang-barang yang dijual Anda. Untuk lebih detailnya, berikut tips dalam layani calon pembeli di garage sale yang dilansir dari bestgaragesaletips.com (10/8/2019).

[Baca Juga: 7 Barang yang Sebaiknya Tidak Anda Beli di Garage Sale]

  • Sambut dengan Ramah

Serupa dengan apa yang Anda rasakan ketika datang ke toko konvensional, para calon pembeli harus dilayani layaknya tamu. Ketika mereka datang ke garage sale Anda, sapa dan berikan senyuman yang ramah. Ajak calon pembeli untuk melihat barang apa saja yang Anda jual. Walau Anda perlu menyambut dengan ramah tapi ada satu hal yang justru harus dihindari, yakni langsung mengatakan, “Ada yang bisa saya bantu?” atau “Mau cari apa, Pak/Bu.”

Setelah mereka mulai melihat-lihat barang yang Anda jual dan tidak pergi, barulah di momen itu Anda bisa bertanya kira-kira ada barang yang tengah mereka butuhkan atau tertarik ingin beli. Atau mungkin jika calon pembeli fokus melihat-lihat di satu jenis barang, sebut saja sepatu, Anda bisa merekomendasikan sepatu yang Anda pandang cocok untuk calon pembeli.

  • Selalu Tunjukkan Sikap yang Baik

Mayoritas garage sale digelar pada akhir pekan sehingga tidak sedikit calon pembeli yang membawa buah hati mereka. Terkadang anak-anak bisa saja mengacak barang yang Anda jual atau memainkannya, tetap tenang dan tunjukkan sikap terbaik. Bahkan kalau bisa ajak anak-anak itu memainkan barang yang Anda jual, contohnya mainan. Hal ini bisa memicu mereka meminta kepada orangtuanya untuk dibelikan mainan tersebut.

Walau Anda memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya saat menggelar garage sale Anda menghentikan sementara kebiasaan tersebut. Bahkan jika tidak tahan, Anda bisa merokok di area belakang garage sale yang tak terlihat dari para calon konsumen. Pasalnya, tidak semua orang nyaman dengan keberadaan asap rokok apalagi bagi mereka yang membawa buah hati.

  • Mengawasi Tanpa Terlihat Jelas

Mungkin Anda akan bingung dengan bagaimana mengawasi tanpa terlihat jelas. Hal yang dimaksudkan di sini adalah biarkan para calon pembeli untuk melihat barang-barang yang Anda jual tapi mereka cenderung akan merasa tak nyaman jika merasa diawasi. Jadi awasi gerak-gerik mereka tapi dengan mata yang melihat ke sekeliling agar mereka tak merasa dipelototi. Ketika mereka siap untuk membeli, barulah Anda fokus berinteraksi dengan calon pembeli.

[Baca Juga: 7 Jurus Jitu Untuk Sukses Melaksanakan Garage Sale]

Itulah tiga tips yang bisa anda terapkan terkait customer service di garage sale. Hal yang penting adalah membuat calon pembeli seperti tamu, walau mereka tidak jadi beli pun, ada baiknya Anda tetap mengucapkan terima kasih atau menunjukkan apresiasi telah mengunjungi lapak garage sale yang Anda gelar.

Read More

Artikel Lainnya

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

Berita Kawasan

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

05 April 2020, 17:00

Lanjutan dari surat edaran, Gubernur DKI Jakarta juga meminta penumpang transportasi umum wajib gunakan masker untuk cegah penularan.

Warga Jakarta Diimbau Tak Beli dan Gunakan Masker Medis

Kesehatan

Warga Jakarta Diimbau Tak Beli dan Gunakan Masker Medis

05 April 2020, 16:00

Cegah kelangkaan masker medis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan keluarkan surat edaran untuk ajak masyarakat gunakan masker kain.

LG Terbangkan 50.000 PCR Test Kit dari Korea Selatan untuk Indonesia

Bisnis

LG Terbangkan 50.000 PCR Test Kit dari Korea Selatan untuk Indonesia

05 April 2020, 15:00

Untuk penanggulangan COVID-19 di Indonesia, LG mendonasikan 50.000 alat PCR yang didatangkan langsung dari Korea Selatan.

Usai Demonstrasi Mahasiswa, Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute

Berita Kawasan

Catat! Ini Jam Layanan Operasional Bus Transjakarta yang Terbaru

05 April 2020, 11:00

Pemprov DKI Jakarta telah memperpanjang waktu tanggap darurat COVID-19. Ini berdampak pada layanan bus Transjakarta, yaitu perubahan jam operasional bus.


Comments


Please Login to leave a comment.