Tips Mahir Berseluncur di Atas Arena Es

Pendidikan

Tips Mahir Berseluncur di Atas Arena Es

Ice skating atau seluncur di atas es merupakan olahraga yang terlihat anggun dan elegan. Namun percaya atau tidak untuk menguasai olahraga ini tidaklah mudah, inilah yang digambarkan salah satu pelatih di Sky Rink Skating School yang juga merupakan atlet ice skating Alberto Widjaja. Oleh karena itulah, atlet yang pernah mewakili Indonesia di SEA Games 2017 itu memberikan tipsnya agar Anda bisa mencoba menguasai olahraga ini.

Selama menjadi Asisten Head Coach di Sky Rink Skating School, ia sudah terlihat banyak dalam melatih para student. Dari mulai yang belajar dasar-dasar berseluncur di atas es hingga para calon atlet yang memang memiliki kemampuan berlaga di kompetisi nasional dan internasional. Bahkan menurut Alberto, banyak student dari Sky Rink yang ikut perlombaan beberapa waktu terakhir, seperti Asian Trophy, Asian Junior Figure Skating Challenge, Southeast Asia Challenge dan masih banyak lagi.

Tips Mahir Berseluncur di Atas Arena Es

Namun untuk mencapai tahap ini, para student di Sky Rink Skating School harus berusaha berlatih melewati tahap-tahap yang ada di kurikulum sekolah ice skating di Mal Taman Anggrek tersebut. Menurut pria yang akrab disapa Coach Berto itu, sebelum mencapai tahap tersebut, ada hal-hal yang perlu dipahami oleh semua pihak mengenai ice skating, baik para calon atlet hingga orang yang baru ingin mencobanya. Berikut ini beberapa hal itu:

  • Mental

Menurut Coach Berto, aspek mental ini terbagi menjadi untuk sekadar bersenang-senang serta olahraga dan ada juga yang memang belajar karena memiliki tujuan untuk menjadi profesional. Jika untuk sekadar rekreasi maka latihannya pun cukup seminggu sekali yang penting rutin dan bisa menikmati waktu saat berseluncur di atas di atas es sehingga tdaik dibutuhkan persiapan mental yang besar.

Namun hal itu tidak berlaku bagi orang yang ingin serius menekuni ice skating. “Karena seiring berjalannya waktu, mereka harus ikut kompetisi, harus sering latihan maka harus siap istilahnya “digeber” oleh pelatih. Hal ini demi dapat menjadi yang terbaik,” ungkapnya kepada kepada PingPoint.co.id di Sky Rink Mal Taman Anggrek Lantai 3, Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat (18/10/2019).

[Baca Juga: Inilah Sekolah Ice Skating di Mal Taman Anggrek]

  • Waktu

Menurutnya, skill yang mampu membantu seseorang dapat mahir berseluncur di atas es adalah dasar mampu bermain roller blade. Namun tetap saja akan membutuhkan waktu bagi Anda untuk terbiasa bergerak dengan luwes di atas es. Oleh karena itulah dibutuhkan komitmen menyediakan waktu untuk latihan. Hal ini juga penting diterapkan saat Anda sudah terbiasa ice skating.

Skating ini kalau misalnya tidak latihan seminggu saja, balik (di atas es) pasti langsung kaku. Jadi harus sediain waktu, apalagi kalau udah mau serius harus siap mengorbankan waktu. Harus sediakan waktu bagaimana pun caranya dan enggak bisa hanya seminggu sekali, harus rutin latihannya,” ujarnya.

Tips Mahir Berseluncur di Atas Arena Es
  • Modal Dana

Coach Berto tak memungkiri bahwa ice skating tidak seperti olahraga mainstream yang tidak perlu besar modalnya. Sehingga menurutnya aspek mempersiapkan dana juga diperlukan jika memang ingin serius menekuni ice skating. Dana tersebut digunakan untuk membeli beragam perlengkapan, pendidikan teknik meluncur, hingga menyewa arena seluncur esnya. “Saya mengakui ice skating itu bukan olahraga yang murah,” pungkasnya.

Itulah sejumlah tips dari Alberto Widjaja yang sudah menggeluti dunia ice skating profesional selama bertahun-tahun. Jika Anda ingin mencoba olahraga ini minimal untuk memahami metodenya, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai program yang ada di Sky Rink Skating School yang berada di lantai tiga Mal Taman Anggrek.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.