Tips Makanan Sehat Untuk Orang Sibuk

Kesehatan

Tips Makanan Sehat Untuk Orang Sibuk

Mengonsumsi makan sehat harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan, nutrisi yang baik juga dapat menaikkan suasana hati. Jika asupan Anda baik tubuh pun tetap fit, maka aktivitas Anda pun tidak terhambat. Apalagi bagi Anda yang beraktivitas padat. Meskipun sebagian dari Anda hampir tidak ada waktu untuk berolahraga, pola makan yang sehat akan memiliki peran besar dalam menjaga kondisi fisik tubuh.

Berikut ini rangkuman PingPoint.co.id dari beberapa sumber sebagai tips makanan sehat bagi orang sibuk seperti Anda:

1. Sarapan

Sarapan sangat penting untuk menambah energi dan membantu mengendalikan gula darah. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Berikut menu sarapan sehat yang dianjurkan untuk Anda:

  • Makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur
  • Makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya sereal gandum dan chia see.
  • Menu yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, dan telur
  • Makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, biji-bijian, avokad, dan kelap.

2. Kurangi Minum Kopi

Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati Anda, membuat dehidrasi (karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urine), dan meningkatkan risiko gula darah yang tidak stabil. Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuh Anda, kurangi konsumsi kopi atau mungkin kalau bisa jangan mengonsumsi kopi. Konsumsilah teh-teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya:

  • Teh akar dandelion yang dapat membantu organ hati membersihkan racun tubuh
  • Teh ginseng untuk membantu meningkatkan energi.
  • Teh hijau guna meningkatkan konsentrasi.
  • Teh daun mint untuk mengurangi sakit perut.

Tips Makanan Sehat Untuk Orang Sibuk

3. Banyak Minum Air Putih

Minimal minumlah delapan gelas air putih dalam sehari agar kadar energi Anda tetap tinggi, pencernaan Anda lancar, dan konsentrasi Anda terjaga.

4. Kurangi Makan Makanan Kemasan

Bahan-bahan makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan, karena rata-rata mengandung banyak gula, garam, penstabil tekstur, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

5. Makan Makanan yang Segar

Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Segar dalam hal ini adalah tidak mengandung bahan kimia buatan, pengawet, pewarna, perasa yang berlebihan. Selain itu, makanan segar biasanya hanya melalui pengolahan singkat. Artinya cukup praktis untuk Anda masak atau olah sendiri. Jika Anda ingin membawa makanan cemilan, bawalah kacang-kacangan, rebusan sayur atau buah.

6. Makan Makanan Serat Tinggi

Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan roti dengan roti gandum. Karena kandungan serat dari nasi merah dan roti gandum lebih tinggi. Selain itu sebelum Anda menyantap makanan berat, alangkah lebih baik memakan buah dahulu.

7. Perbanyak Makan Buah Dan Sayur

Buah dan sayur mengandung nutrisi dan vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu kandungan serat dalam makanan ini akan membuat pencernaan Anda lebih lancar dan sehat. Kandungan vitamin dalam buah dan sayur juga tinggi. Dan yang paling hebat, dengan berbagai nutrisi di dalamnya, buah-sayur memiliki kandungan kalori yang cenderung rendah dibandingkan makanan lain seperti karbohidrat dan protein.

8. Makan Teratur dan Tepat Waktu

Laju metabolisme Anda akan melambat saat malam. Baik untuk makan makanan sehat sebelum pukul 20.00 atau delapan malam. Dengan demikian, tubuh Anda sempat untuk memproses makanan yang disantap dan sempat membakar kalori yang dihasilkannya sehingga terhindar dari berat badan berlebih.

[Baca Juga: Cara Diet Warga Jakarta Menurut Pakar]

9. Konsumsi Suplemen

Berikut adalah suplemen-suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Suplemen multivitamin atau mineral
  • Suplemen probiotik
  • Vitamin B kompleks (membantu mengurangi stres, meningkatkan kerja metabolisme dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh)
  • Suplemen yang mengandung asam lemak esensial omega-3 atau omega-6
  • Minyak ikan (membantu meningkatkan kerja otak, meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi stres, dan mengontrol nafsu makan)

Beberapa tips di atas mungkin dapat bermanfaat bagi Anda. Tips di atas bisa berguna tak hanya bagi orang sibuk, tetapi semua orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Ikan-Dari-Cold-Storage-Muara-Baru-Tembus-Pasar-Ekspor-1.jpg

Berita Kawasan

Hasil Laut Dari Cold Storage Muara Baru Tembus Pasar Ekspor

07 July 2020, 19:00

Kualitas ikan beku asal Muara Baru mampu terjaga dengan baik sehingga dapat menembus pasar luar negeri.

spesifik autism_1.jpg

Pendidikan

Anak Berkebutuhan Khusus Pun Mampu Hadapi New Normal

07 July 2020, 18:00

Pandemi COVID-19 telah membawa fase new normal dalam kehidupan manusia. Semua orang menghadapi fase tersebut, termasuk anak dengan kebutuhan khusus.

Lebih Praktis! House Kari Ala Jepang Hadirkan Kemasan Ukuran Kecil.jpg

Bisnis

Lebih Praktis! House Kari Ala Jepang Hadirkan Kemasan Ukuran Kecil

07 July 2020, 16:11

Demi memberikan ukuran saji yang pas untuk keluarga, House Kari Ala Jepang hadirkan produk bumbu kari berukuran kecil.

Live More With New Spirit_1.jpg

Bisnis

Piaggio Indonesia Hadirkan Program Live More with New Spirit

07 July 2020, 15:00

Program istimewa ini diharapkan memberikan semangat bagi para pecinta Piaggio dan Vespa dalam mengawali awal semester kedua tahun 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.