Tips Memakai Parfum Agar Tahan Lama

Kecantikan dan Fashion

Tips Memakai Parfum Agar Tahan Lama

Parfum atau minyak wangi adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma, fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi pada tubuh, benda, atau ruangan. Parfum sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, kata parfum berasal dari bahasa Latin per fume artinya melalui asap. Salah satu kegunaan parfum tertua berupa bentuk pembakaran dupa dan herbal aromatik yang digunakan dalam pelayanan keagamaan.

Dilansir dari beberapa sumber, bangsa Mesir yang pertama memasukkan parfum ke budaya mereka dan diikuti bangsa lain. Sekitar 1000 SM, Mesir penggunaan awal dari gelas dan botol kaca parfum. Dan sekarang, seluruh dunia sudah mengenal dan menggunakannya. Parfum menjadi salah satu kebutuhan untuk pewangi tubuh. Parfum muncul dalam beragam aroma serta bentuk botol yang unik.

[Baca Juga: Ini 5 Parfum Lokal Dengan Harga Terjangkau]

Berikut rangkuman PingPoint.co.id untuk tips memakai parfum agar tahan lama :

  • Semakin Lembap Semakin Baik

Semakin lembap kulit, semakin bagus. Jenis kulit berbeda-beda, ada kulit berminyak dan ada kulit kering. Jika kulit Anda berminyak, parfum akan bertahan lebih lama. Tapi bagi Anda yang berkulit kering, sebaiknya Anda menggunakan body lotion agar wangi parfum dapat bertahan lama.

  • Kadar Wewangian

Dari ketiga jenis parfum, Eau de parfum, Eau de toilette, atau Eau de Cologne memiliki kadar yang berbeda. Semakin tinggi konsentrat essence oil, maka wangi bertahan lebih lama di kulit Anda. Berikut perbedaan kadar jenis parfum, diantaranya :

- Eau De Parfum (EDP) : 15 – 30 persen wewangian

- Eau De Toilette (EDT) : 5 – 15 persen wewangian

- Eau De Cologne : 2 – 4 persen wewangian

Bagi Anda yang tinggal di negara tropis, disarankan menggunakan parfum yang berkonsentrat tinggi.

Tips Memakai Parfum Agar Tahan Lama

  • Jenis Aroma

Setiap orang masing-masing memiliki aroma parfum favorit. Ada yang senang dengan aroma yang ringan seperti, floral, fruity, dan segar. Dan ada juga yang senang dengan aroma yang kuat seperti, oriental atau rempah-rempah, dan woody. Parfum dengan aroma yang kuat, akan wangi lebih lama dibanding dengan aroma parfum yang ringan. Aroma yang ringan cocok untuk aktivitas Anda pada siang hari, dan aroma yang kuat cocok untuk acara di malam hari.

  • Cuaca Dan Tempat

Pada siang hari dan cuaca panas, wangi parfum akan menguap lebih cepat. Berbeda halnya dengan malam hari, parfum akan bertahan lebih lama karena tak cepat mengembang. Dengan demikian, jika Anda berada atau tinggal di daerah dingin, wangi parfum akan lebih bertahan lebih lama di kulit dibanding Anda yang berada di daerah panas. Namun, Anda juga tetap harus ingat pada cuaca dingin kulit cenderung lebih kering.

  • Titik Aplikasi

Semprotkan parfum pada titik-titik nadi yang merupakan titik-titik panas tubuh. Setidaknya ada delapan titik, yaitu: pergelangan tangan, lipatan siku, lipatan belakang lutut, pergelangan kaki, belakang telinga, tengkuk, pangkal tenggorokan dan pusar. Tidak disarankan untuk menyemprotkan ke baju, karena bisa meninggalkan noda.

[Baca Juga: 6 Parfum Wanita Ini Jadi Favorit Para Selebriti Dunia]

  • Jangan Digosok

Menggosok atau mengusap parfum akan membuat molekul wewangian rusak dan wanginya tidak tahan lama.

  • Memadukan Aroma

Anda bisa memadukan aroma dengan wewangian yang sama, mulai dari sabun, krim atau lotion, hingga parfum. Dengan cara ini wangi parfum tahan lama akan menjadi milik Anda. Pastikan Anda memakai produk dengan merek dan aroma yang sama.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya yang termasuk wilayah khatulistiwa, serta banyak beraktivitas di luar ruangan, pilihlah parfum dengan kadar wewangian tinggi. Apalagi jika kulit Anda tergolong kering. Makin dianjurkan memilih Eau De Parfum dan menggunakan body lotion terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

20 September 2019, 15:00  |  1 Views

Usai diresmikan Rawa Binong bahkan direncanakan menjadi pusat oleh-oleh dan cenderamata Kabupaten Bekasi. Sudah pernah ke sana?

Penggemar Aktor Rain Full House, Wajib Nonton Drama Terbarunya Ini

Berita Kawasan

Penggemar Aktor Rain Full House, Wajib Nonton Drama Terbarunya Ini

20 September 2019, 14:00  |  6 Views

Rain kembali meramaikan drama korea dengan menjadi pemeran utama dalam drama berjudul Welcome 2 Life. Drama ini bergenre fantasi dan komedi. Simak selengkapnya di sini!

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  13 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.


Comments


Please Login to leave a comment.