ANCOL_PROPERTI_TIPS MEMBANGUN RUMAH DI KAWASAN PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-07.jpg

Properti dan Solusi

Tips Membangun Rumah di Kawasan Pulau Seribu

Keindahan serta suasana alam di Pulau Seribu dapat memicu orang-orang untuk membangun rumah di sana dan mungkin Anda salah satunya. Keinginan ini sebenarnya adalah hal yang lumrah apalagi bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Suasana gedung-gedung yang menjulang tinggi dan kemacetan kerap membuat Anda rindu dengan suasana pantai yang tenang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa rumah di area pantai seperti Pulau Seribu dapat menjadi lokasi beristirahat yang cocok untuk warga Ibu Kota. Mengingat lokasi ini memiliki pemandangan indah serta hawa khas pulau yang segar dan ini hanya beberapa manfaat dari membangun “surga kecil” Anda di Pulau Seribu.

Namun hal yang penting dalam membangun rumah di sana adalah Anda tidak bisa sembarangan dan harus mempertimbangkan berbagai hal. Dari mulai material yang digunakan sampai interior dan eksterior harus dipikirkan secara matang agar rumah itu dapat Anda terus cintai hingga bertahun-tahun lamanya.

Berbicara mengenai membangun rumah di area pantai, khususnya di Pulau Seribu, artikel ini akan membantu Anda dengan memberikan sejumlah saran yang dapat dipertimbangkan sebelum memulai proyek peletakan batu pertama di sana. Sebagaimana dilansir dari thehousedesigners.com, berikut ini tips-tipsnya:

Keuangan

ANCOL_PROPERTI_TIPS MEMBANGUN RUMAH DI KAWASAN PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-02.jpg

Siapkan budget Anda. Ini merupakan hal yang terpenting mengingat Anda akan membeli tanah serta berbagai material bangunan di kawasan yang berada jauh dari perkotaan. Jadi jangan kaget dengan harga tanah yang mahal. Namun ini akan terbayarkan saat rumah Anda sudah berdiri dengan pantai dan langit yang menjadi halaman belakangnya.

Lokasi

ANCOL_PROPERTI_TIPS MEMBANGUN RUMAH DI KAWASAN PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-04.jpg

Pemilihan lokasi juga penting mengingat hanya ada 11 pulau di Pulau Seribu yang berpenghuni. Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Utung Jawa dapat menjadi pilihan utama Anda dalam mencari lokasi untuk membangun rumah. Anda juga harus mempertimbangkan posisi bangunan apakah dekat dengan air demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti abrasi pantai.

Perlindungan Cuaca

ANCOL_PROPERTI_TIPS MEMBANGUN RUMAH DI KAWASAN PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-05.jpg

Wilayah pesisir pantai mungkin mengalami kondisi cuaca buruk dan ini juga harus menjadi pertimbangan dalam membangun rumah di Pulau Seribu. Anda dapat membangun desain rumah panggung yang dapat menjadi langkah preventif saat terjadinya banjir atau gelombang pasang. Usahakan memilih cat anti-bocor serta pelapis anti bocor untuk tembok dan atap rumah. Hal ini berguna demi menghindari munculnya titik air serta rembesan di rumah Anda yang mungkin muncul akibat hujan atau ombak dari arah pantai.

Bangun Area Outdoor

ANCOL_PROPERTI_TIPS MEMBANGUN RUMAH DI KAWASAN PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-06.jpg

Akan terasa percuma bila Anda membangun rumah di Pulau Seribu tanpa area outdoor. Karena area di luar ruangan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menikmati pemandangan serta hawa pantai. Hal ini bisa dilakukan dengan membangun teras khusus. Anda bisa memilih memasang naungan di teras tersebut dengan menggunakan awning gulung yang dapat dilipat saat hujan. Selain itu, Anda juga dapat memilih kanopi permanen di teras khusus tersebut. Bila memilih kanopi permanen yang terbuat dari fiberglass, Anda dapat menjadikan area outdoor itu sebagai dapur di luar ruangan. Selain untuk memasak, Anda juga dapat menikmati segelas kopi sembari memandangi suasana pemandangan Pulau Seribu.

Pelajari Lingkungan Anda

ANCOL_PROPERTI_TIPS MEMBANGUN RUMAH DI KAWASAN PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-03.jpg

Tips ini merupakan poin terakhir sebelum Anda membangun rumah di area Pulau Seribu. Anda harus mempelajari bagaimana rumah-rumah di sana dibangun dari mulai pemilihan material sampai lokasi fasiltas umum.

Walau ini menjadi “surga kecil” Anda untuk escape dari aktivitas di kota besar, Anda tetap perlu mengetahui di mana gedung pemerintahannya, warung atau mini marketnya. Karena bila rumah idaman Anda di Pulau Seribu telah rampung, Anda akan tetap perlu untuk mengurus berbagai administrasi dan membeli keperluan demi menunjang kenyamanan tinggal di sana.

Read More

Artikel Lainnya

Kahitna Rayakan 34 Tahun dengan Pertunjukan Drive-In Konsert.jpg

Hobi dan Hiburan

Kahitna Rayakan 34 Tahun dengan Pertunjukan Drive-In Konser

02 July 2020, 21:00

Kahitna akan menjadi band perdana yang unjuk gigi dalam konser berkonsep drive-in yang menerapkan protokol kesehatan.

imx2020_1.jpg

Hobi dan Hiburan

Pameran Modifikasi IMX 2020 Bakal Digelar Secara Virtual

02 July 2020, 20:00

Konsep hybrid jadi strategi baru bagi gelaran IMX 2020. Meski diadakan secara virtual, pihak penyelenggara optimis bahwa acara ini semakin menarik.

Kunjungi-Boyolali-Mendag-Tinjau-Aktivitas-Perdagangan-Pasar-Rakyat-di-Era-New-Normal.jpg

Berita Kawasan

Menteri Perdagangan Tinjau Kegiatan Perdagangan Pasar Boyolali di Era New Normal

02 July 2020, 19:00

Tetap dibukanya pasar rakyat adalah untuk memenuhi ketersediaan bahan pokok dan barang penting bagi masyarakat.

Candi Prambanan_2.jpg

Berita Kawasan

Pengelola Candi Prambanan dan Ratu Boko Berlakukan Protokol Kesehatan dalam Uji Coba Pembukaan

02 July 2020, 18:00

Uji coba di Candi Prambanan dan Ratu Boko melengkapi uji coba di Candi Borobudur yang telah dilakukan lebih dulu sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.