Tips Membersihkan Rumah di Akhir Pekan

Properti dan Solusi

Tips Membersihkan Rumah di Akhir Pekan

Rumah adalah tempat tinggal yang harus selalu dijaga kebersihan lingkungan beserta segala isinya. Jika rumah kotor, maka kemungkinan anggota keluarga akan rentan terkena gangguan kesehatan. Membersihkan rumah setiap hari memang terasa berat, namun jika dilakukan setiap minggu, terutama akhir pekan, pekerjaan ini bisa jadi sangat menyenangkan.

Untuk membersihkan rumah, diperlukan ketelitian dan langkah yang pasti. Berikut ini langkah-langkah membersihkan rumah setiap minggu, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber.

[Baca Juga: Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Sisir]

  • Mengatur Bufet

Sebelum membersihkan karpet dan lantai, Anda harus membersihkan bagian dalam bufet. Pastikan semua barang teratur rapi. Jika dilakukan setiap minggu, maka bufet akan selalu terlihat rapi.

  • Jendela

Biarkan cahaya masuk dalam ruangan dan semuanya akan tampak lebih cerah dan indah. Luangkan waktu untuk sepenuhnya membersihkan kaca jendela secara detail, termasuk noda-noda kecil. Gunakan kertas koran dengan campuran cuka dan air untuk membuat kaca jendela bening kembali.

  • Tirai

Tirai terkadang luput dari perhatian, namun jika diperhatikan, tirai kerap tertutup debu. Untuk menghindari debu menumpuk, tirai perlu dibersihkan setiap minggu dengan campuran cuka dan air.

Tips Membersihkan Rumah di Akhir Pekan

  • Bagian Bawah Furnitur dan Perabotan

Kolong furnitur dan perabotan merupakan tempat kotoran dan debu. Cobalah membersihkan bagian tersebut seminggu sekali, maka rumah Anda akan selalu bersih. Selain bagian kolong, bersihkan pula bagian belakangnya.

  • Kasur

Walaupun tempat tidur selalu ditutup seprai, debu masih dapat meninggalkan kotoran. Gunakan campuran cuka, peroksida, dan air untuk menyemprot kasur, kemudian taburi dengan baking soda. Bersihkan dengan penghisap debu dan kasur Anda akan terlihat seperti baru.

  • Saluran Air

Kita biasanya menganggap bahwa saluran air yang tak tersumbat pasti bersih. Tetapi idealnya, kita harus membersihkannya secara teratur dan tak menunggunya tersumbat. Tuangkan setengah cangkir baking soda ke dalam saluran air, kemudian satu cangkir cuka panas. Terakhir, siram saluran dengan air.

  • Ventilasi

Bersihkan semua debu yang menempel di ventilasi rumah. Sedot semua kotoran dengan penghisap debu sehingga udara yang masuk ke dalam rumah menjadi bersih. Pekerjaan ini mungkin tidak harus dilakukan seminggu sekali, tetapi harus dilakukan setidaknya sebulan sekali.

  • Bersihkan Kuas dan Sikat

Setelah selesai membersihkan kotoran dan debu, jangan lupa membersihkan semua kuas dan sikat yang dipakai. Kuas dan sikat kotor justru membuat kotoran dan debu kembali berhamburan saat perkakas ini digunakan. Untuk membersihkannya cukup mudah, gunakan air hangat yang dicampur detergen.

[Baca Juga: Membersihkan Rumah Bersama Anak itu Menyenangkan]

Membersihkan rumah bersama adalah kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat membagi beberapa pekerjaan pada setiap anggota keluarga agar dapat dikerjakan secara bersamaan, agar mempererat hubungan kekeluargaan.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.