Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Properti dan Solusi

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Intensitas hujan yang mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sejak malam pergantian tahun hingga pada 1 Januari 2020 membuat beberapa pemukiman terendam air. Ketinggian air yang dialami sejumlah wilayah Jabodetabek pun beragam, mulai dari 20 cm hingga 50cm.

Bila banjir melanda, pastinya genangan air sampai masuk ke dalam rumah. Saat banjir sudah surut, tentunya penghuni rumah perlu siap membersihkan dan membenahi rumah. Bila Anda menjadi korban banjir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah Anda benar-benar bersih setelah banjir.

[Baca Juga: Agar Rumah Aman, Ini 4 Langkah yang Harus Dilakukan Hadapi Banjir]

Berikut tips membersihkan rumah setelah banjir yang bisa Anda lakukan agar rumah Anda kembali bersih, rapi dan sehat yang dilansir dari berbagai sumber.

Cabut Semua Aliran Listrik dan Tabung Gas

1) Perhatikan Listrik

Sebelum memulai membersihkan rumah, Anda perlu memeriksa beberapa hal, salah satunya adalah aliran listrik. Pastikan listrik masih dalam keadaan padam dan tidak ada kabel listrik yang longgar atau jatuh. Bila Anda membutuhkan penerangan, sebaiknya gunakan senter. Jangan menyalakan lilin untuk menghindari risiko kebakaran. Selain itu, periksa juga aliran gas yang bisa saja rusak akibat banjir. Dan, periksa setiap barang elektronik di rumah untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kabel yang terkelupas.

Setelah Libur Lebaran, Jangan Lupa Bersihkan 4 Lokasi Ini

2) Bersihkan Rumah dengan Antiseptik

Usai banjir biasanya meninggalkan sisa-sisa lumpur yang mengendap di dalam rumah. Untuk itu, Anda perlu membersihkan rumah dengan menggunakan cairan antiseptik. Saat membersihkan rumah, jangan lupa pakai masker dan sarung tangan karet.

BINTARO_PROPERTI_MEMBERSIHKAN RUMAH BERSAMA ANAK ITU MENYENANGKAN_IVAN_REVISI 01-01.jpg

3) Keringkan Barang

Barang-barang yang tergenang air tentunya perlu dikeringkan untuk mencegah barang menjamur, khususnya untuk furnitur hingga pernah-pernik kecil. Keringkan barang-barang dalam waktu 48 jam. Namun, khusus untuk furnitur sebaiknya digosok atau cuci terlebih dahulu dengan kain yang dicelupkan ke dalam campuran air dan sabun sebelum dikeringkan.

5 Langkah Mencuci Pakaian Bayi Yang Benar

4) Cuci Pakaian Dua Kali

Bila Anda tak sempat mengamankan pakaian dan bahan-bahan kain lainnya di rumah, Anda perlu memastikan untuk dicuci dua kali. Hal ini untuk mencegah bakteri atau kuman tersisa pada kain dan pakaian yang terendam banjir. Saat pencucian pertama, gunakan air dingin. Dan, gunakan air hangat pada saat pencucian kedua untuk mengangkat noda yang menempel di pakaian dan bahan kain.

[Baca Juga: Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir]

Itulah empat tips penting yang bisa Anda lakukan agar rumah Anda kembali bersih setelah terendam banjir.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.