4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai Dengan Jenisnya Sneaker

Kecantikan dan Fashion

Tips Membersihkan Sepatu ala Flack

Pada 2 Juni 2021, PingPoint berkunjung ke kediaman Bima Ilham Mahendra, sosok dibalik Flack yang merupakan salah satu jasa cuci sepatu di Kota Malang. Saat bertemu dengan Bima, PingPoint berbincang pelbagai hal terkait jasa cuci sepatu yang dia jalankan, selain itu Bima juga berbagi sedikit tips untuk membersihkan sepatu seperti yang dia terapkan di Flack, agar sepatu tetap terjaga kebersihannya dan tidak cepat rusak.

Selama ini, masih banyak orang yang keliru saat membersihkan sepatu. Yang sering terjadi adalah banyak orang yang kurang mempedulikan jenis sikat yang digunakan untuk menyikat sepatu. Selain itu, banyak juga orang yang langsung mencelupkan seluruh sepatunya saat membersihkan sepatu. Menurut Bima, hal itu justru menyebabkan sepatu jadi tidak awet, karena bagian jahitan antara sol dan upper sepatu menjadi rawan terbuka.

Slide2.JPG

Sambil mempraktikkan membersihkan sepatu ala Flack, Bima menunjukkan tiga jenis sikat yang biasa digunakan. Ada sikat hard yang digunakan untuk membersihkan bagian sol sepatu, sikat medium untuk membersihkan bagian upper sepatu yang terbuat dari kain, dan sikat soft untuk membersihkan jenis sepatu berbahan kulit.

[Baca Juga: 7 Kiat Membersihkan Sepatu Putih Agar Tampak Baru]

Saat PingPoint melihat Bima membersihkan sepatu, ada beberapa langkah yang dilakukan

  1. Menyiapkan air matang dan mencampurnya dengan sabun khusus sepatu. Menurut Bima, menggunakan air matang akan menyebabkan hasilnya jadi lebih bersih.
  2. Menyiapkan lap dari microfiber sebanyak dua buah. Satu lap untuk bagian sol dan lainnya untuk bagian upper.
  3. Membersihkan sepatu dilakukan dengan bagian sol lebih dulu dan menggunakan sikat berjenis hard. Sikat tersebut dicelupkan ke dalam air yang sudah dicampur sabun, setelah itu penyikatan bagian sol bisa dilakukan.
  4. Penyikatan dilakukan secara menyeluruh pada bagian sol sepatu, setelah itu, dilap menggunakan lap microfiber yang sudah disiapkan sebelumnya. Langkah ini bisa diulangi dua hingga tiga kali agar hasilnya maksimal. Di tahap ini, Bima mengatakan bahwa banyak orang yang setelah menyikat sepatu justru menyiram atau mencelupkan sepatunya ke dalam air, hal tersebut justru tidak dianjurkan, karena dapat merusak sepatu.
  5. Setelah bagian sol, yang dibersihkan selanjutnya adalah bagian upper. Di tahap ini, Bima menggunakan sikat medium, karena bahan sepatunya menggunakan kain. Sama seperti bagian sol, setelah disikat, bagian upper sepatu tersebut langsung di lap menggunakan lap microfiber.
  6. Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam sepatu. Di langkah ini, Bima menggunakan sikat gigi yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air sabun. Pembersihan bagian ini bisa diulang beberapa kali sampai dirasa bersih. Sama seperti tahap sebelumnya, setelah menyikat langsung di lap menggunakan lap microfiber.
  7. Untuk membersihkan bagian tali, Bima melepas tali sepatu dan merendamnya selama beberapa saat di air sabun, setelah itu baru tali tersebut dibersihkan.
  8. Setelah melakukan beberapa langkah tersebut, sepatu bisa dikeringkan dengan cara dikipas menggunakan kipas angin, menurut Bima, langkah ini membutuhkan waktu cukup lama hingga sepatu benar-benar kering.

Slide3.JPG

Selain mencontohkan cara membersihkan sepatu ala Flack, Bima juga menyampaikan kepada PingPoint bahwa terkadang sepatu cepat rusak karena tidak dirawat dengan baik. Hal lain yang sering dilakukan masyarakat sehingga sepatu cepat rusak adalah dengan menjemur sepatu yang basah karena kehujanan di bawah sinar matahari.

Menurut Bima, hal tersebut justru membuat sepatu menjadi kaku dan keras, sehingga lebih rawan untuk rusak. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membalik sepatu dan mengeringkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, agar cepat kering, sepatu bisa dikeringkan menggunakan kipas angin. Setelah itu, keesokan harinya baru sepatu tersebut dicuci dengan benar, agar tetap terawat dan nyaman digunakan.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.