KEMANG_PROPOERTI_MEMBUAT TAMAN DI RUMAH ITU MUDAH BEGINI CARANYA_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Tips Membuat Taman Indah di Rumah

Hunian tapak seperti yang banyak terdapat di Kemang, umumnya berukuran besar dan memiliki area outdoor cukup luas. Akan jadi lebih indah dan nyaman jika hunian seperti ini dilengkapi dengan taman. Terlebih, taman di rumah juga bisa jadi sarana relaksasi serta tempat menyalurkan hobi bercocok tanam yang dimiliki penghuninya.

Tapi, untuk bisa menambah kenyamanan, keindahan, serta jadi sarana relaksasi dan area bercocok tanam, taman tentunya harus dibuat bagus dan sesuai selera. Maka itulah, sebagai referensi, berikut kami hadirkan tips dan cara membuat taman di rumah yang telah dirangkum dari berbagai sumber (21/9/2018). Berikut uraian lengkapnya.

1. Tentukan Tema

Langkah paling awal untuk membuat taman di rumah adalah menentukan temanya. Ini penting karena tema berkaitan dengan selera, serta sifat taman yang permanen alias tidak bisa di bongkar-pasang atau didekorasi ulang kapanpun kita mau. Keberadaan organisme khusus seperti tumbuhan atau tanaman hias inilah yang membuat taman tidak bisa sembarangan dirombak.

Jika terlalu sering dibongkar-pasang media tanam atau dipindahkan lokasinya, tanaman bisa mati. Maka itu, ada baiknya Anda menentukan tema sebelum membuat taman. Setelahnya, persiapkan juga jenis tanaman dan ornamen yang sesuai dengan tema tersebut.

[Baca Juga : Membuat Taman Bermain Anak Itu Mudah, Begini Caranya]

2. Buat Sketsa

Setelah tema ditentukan, buatlah sketsa taman yang akan dibuat di halaman rumah. Anda bisa membuatnya dengan cara melukis gambaran kasar yang menunjukkan lokasi setiap jenis pohon atau tanaman hias, bebatuan, air mancur, stepping stone, atau elemen taman lainnya.

Jika tidak memiliki kemampuan membuat desain tersebut, mintalah bantuan atau jasa arsitek lanskap. Mereka merupakan ahli di bidang tersebut, dan pastinya bisa mewujudkan atau menyarankan wujud taman yang sesuai dengan selera serta tema yang telah Anda tentukan.

3. Menyiapkan Lahan

Tema telah ditentukan dan sketsa sudah dibuat. Selanjunya, Anda bisa memulai proses pembuatan taman. Mulailah dari menyiapkan lahan yang akan dijadikan taman. Caranya adalah dengan membersihkan, menggemburkan, serta memberi pupuk pada lahan yang dimaksud.

Ini perlu dilakukan karena sebagai media tanam, lahan yang akan dijadikan taman harus dibersihkan dari tanaman pengganggu atau gulma, serta hal-hal lain yang bisa merusak tanaman. Intinya, tanah harus subur.

4. Siapkan Instalasi Taman

Selanjutnya, buatlah berbagai instalasi terlebih dahulu mulai dari instalasi listrik, air, dan hal lain yang ingin dihadirkan di taman rumah. Ini perlu dilakukan di awal agar instalasi tidak merusak pemandangan, dan tidak mengganggu aktivitas penghuni di area taman nanti. Instalasi listrik dan air juga perlu mendapat perhatian apabila berniat membuat sebuah kolam dengan pancuran air pada sebuah taman.

5. Pilih Detail dan Variasi

Taman akan terlihat lebih menarik jika tumbuhan yang ada di sekitarnya bervariasi, baik itu variasi dalam jenis, ukuran, maupun warna. Sebisa mungkin, pilih tanaman yang sesuai kesukaan agar taman bisa lebih nyaman, dan Anda pun makin betah di rumah.

6. Tentukan Material Pendukung

Sebuah taman tak hanya terdiri dari tanaman. Ada juga ornamen atau material lain yang sifatnya sebagai pendukung. Ini penting sebab taman yang indah perlu didukung oleh benda-benda keras seperti pot tanaman, kolam, batu-batuan, pasir, atau benda pendukung lainnya. Bagian pendukung ini disebut sebagai hardscape yang akan memberi kesan lebih dalam pada taman. Sedangkan tanaman sendiri disebut sebagai softscape.

7. Pencahayaan

Meski sering dikesampingkan karena dianggap kurang penting, namun sebenarnya pencahayaan dibutuhkkan dalam sebuah taman. Sebab dengan memasang lampu taman atau lampu sorot, taman akan mengeksploitasi suatu tanaman sebagai fokusnya. Secara tidak langsung, pencahayaan juga akan memberi kesan khusus pada taman tersebut, apakah itu kesan kenyamanan, kehangatan, atau kesan yang menggambarkan pribadi pemilik rumah.

[Baca Juga : 8 Langkah Penting Sebelum Membuat Rooftop Garden]

Itulah beberapa tips dan cara membuat taman di rumah. Jadi jika kebetulan Anda punya rumah besar dengan halaman luas seperti kebanyakan rumah di Kemang Jakarta, Anda bisa membuatnya. Langkah-langkah di atas juga bisa digunakan untuk merenovasi atau mengubah konsep taman yang Anda miliki di rumah.

Read More

Artikel Lainnya

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

Berita Kawasan

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

15 November 2019, 21:00

Padang Savana Puru Kambera yang nantinya akan digunakan sebagai venue akan disulap layaknya festival woodstock.

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

Kuliner

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

15 November 2019, 20:00

Hanamasa merupakan salah satu restoran All You Can Eat yang pertama hadir di Indonesia tapi masih bisa bertahan hingga sekarang.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

Berita Kawasan

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

15 November 2019, 19:00

Wisata di kota metropolitan identik dengan pusat perbelanjaan, restoran mewah, hotel atau teater canggih. Namun, bagaimana dengan wisata edukasi bermuatan budaya?

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

Pendidikan

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

15 November 2019, 18:00

Tangisan bayi memiliki arti yang berbeda-beda sesuai bunyinya, agar dapat memahaminya dengan baik dengan aplikasi ini.


Comments


Please Login to leave a comment.