CEMPAKA PUTIH-FASHION-TIPS MEMILIH PERAWATAN KULIT YANG TEPAT-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Kecantikan dan Fashion

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Demi memiliki kulit cantik dan menawan beberapa orang masih saja menggunakan perawatan kulit instan yang belum tentu baik digunakan pada kulit wajah.

Dokter spesialis kulit dari ECLA C-Lite, dr. Astri Adelia, SpDV saat ditemui dibilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (30/10) lalu, memberikan beberapa tips dan trik untuk memilih perawatan kulit yang aman digunakan.

Apa saja tips memilih produk perawatan kulit yang aman dan nyaman digunakan? Simak tipsnya di bawah ini,

  • Produk Terdaftar di BPOM

Beberapa orang acap kali mengenyampingkan hal yang satu ini. Padahal nomor BPOM merupakan patokan utama atau pondasi utama untuk mengetahui produk tersebut amat. BPOM (Badan Pengurus Obat dan Makanan) bertugas mengontrol kandungan dan surat edar sebuah produk rumah tangga, makanan dan kebutuhan pribadi.

Jika produk yang Anda gunakan belum terdaftar di BPOM, lebih baik hentikan penggunaan. Jangan ragu untuk menanyakan nomor BPOM produk. Sebagai konsumen yang cerdas, pastikan nomor BPOM benar terdaftar. Pasalnya kini Anda bisa mengecek nomor edar BPOM sendiri melalui laman yang disediakan BPOM.

  • Tidak Mengandung Hidroquinon dan Merkuri

Untuk mendapatkan hasil yang instan beberapa produsen perawatan kulit mencampurkan bahan hidroquinon atau merkuri ke dalam produk buatannya. Padahal menggunakan hidroquinon, wajib sesuai resep dokter dan harus diawasi dokter dengan dosis tertentu. Dilansir dari alodokter.com, hidroquinon merupakan bahan pemutih kulit yang dilarang digunakan pada kosmetik yang dijual bebas. Sedangkan merkuri merupakan bahan ‘favorit’ dalam kosmetik pemutih yang masih digunakan hingga saat ini.

Dilansir dari consumerreports.org, Kepala Penasihat Medis Consumer Reports, Marvin M. Lipman mengatakan “Paparan merkuri pada kulit bisa menyebabkan penyakit berbahaya yang mematikan.” FDA (Food and Drug Administration) saja sudah melarang produsen kosmetik menggunakan merkuri yang lebih dari 1 ppm per produk sejak tahun 1973.

Dokter spesialis kulit ECLA dr. Astri Adelia, SpDV.

Menurut dr. Astri Adelia, SpDV penggunaan kedua bahan ini secara rutin dapat menyebabkan penyakit dan kerusakan pada kulit. Kulit menjadi keriput lebih cepat, muncul bintik-bintik hitam berlebihan, dan merusak tekstur kulit wajah.

  • Hindari Produk Dengan Harga Terlalu Murah

Jika Anda sudah familiar dengan harga beberapa produk kemudian melihat produk yang sama tapi dijual dengan harga yang jauh lebih murah, sebaiknya hindari. Karena harga barang yang terlampau murah, bisa jadi barang tersebut palsu dan keamanannya tidak bisa terjamin.

  • Ketahui Jenis/Kebutuhan Kulit

Sebelum membeli produk perawatan wajah, Anda harus mengetahui betul jenis kulit Anda. Ada beberapa jenis kulit yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Setelah mengetahui jenis kulit Anda, baru tentukan produk yang akan digunakan. Menggunakan produk perawatan wajah yang tidak sesuai jenis kulit akan mengakibatkan break out (reaksi penolakan akibat ketidakcocokan kulit terhadap kandungan dalam produk), timbulnya inflamasi, dehidrasi, dan lain sebagainya.

  • Fokus Menyelesaikan Satu Masalah

Jika memiliki lebih dari satu masalah pada kulit wajah, Anda harus memilih satu masalah yang jadi prioritas utama. Misalnya, kulit Anda berjerawat dan kusam. Ada baiknya Anda mengobati terlebih dahulu jerawat hingga sembuh, kemudian baru fokus mencerahkan wajah.

Itulah beberapa tips yang dibagikan dr. Astri Adelia, SpDV saat dijumpai pada acara “Discover Bright & Beautiful Skin” yang diadakan ECLA C-Lite dan Blibli.com di Grahana Niaga Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat (30/10/18).

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.