CEMPAKA PUTIH-FASHION-TIPS MEMILIH PERAWATAN KULIT YANG TEPAT-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Kecantikan dan Fashion

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Demi memiliki kulit cantik dan menawan beberapa orang masih saja menggunakan perawatan kulit instan yang belum tentu baik digunakan pada kulit wajah.

Dokter spesialis kulit dari ECLA C-Lite, dr. Astri Adelia, SpDV saat ditemui dibilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (30/10) lalu, memberikan beberapa tips dan trik untuk memilih perawatan kulit yang aman digunakan.

Apa saja tips memilih produk perawatan kulit yang aman dan nyaman digunakan? Simak tipsnya di bawah ini,

  • Produk Terdaftar di BPOM

Beberapa orang acap kali mengenyampingkan hal yang satu ini. Padahal nomor BPOM merupakan patokan utama atau pondasi utama untuk mengetahui produk tersebut amat. BPOM (Badan Pengurus Obat dan Makanan) bertugas mengontrol kandungan dan surat edar sebuah produk rumah tangga, makanan dan kebutuhan pribadi.

Jika produk yang Anda gunakan belum terdaftar di BPOM, lebih baik hentikan penggunaan. Jangan ragu untuk menanyakan nomor BPOM produk. Sebagai konsumen yang cerdas, pastikan nomor BPOM benar terdaftar. Pasalnya kini Anda bisa mengecek nomor edar BPOM sendiri melalui laman yang disediakan BPOM.

  • Tidak Mengandung Hidroquinon dan Merkuri

Untuk mendapatkan hasil yang instan beberapa produsen perawatan kulit mencampurkan bahan hidroquinon atau merkuri ke dalam produk buatannya. Padahal menggunakan hidroquinon, wajib sesuai resep dokter dan harus diawasi dokter dengan dosis tertentu. Dilansir dari alodokter.com, hidroquinon merupakan bahan pemutih kulit yang dilarang digunakan pada kosmetik yang dijual bebas. Sedangkan merkuri merupakan bahan ‘favorit’ dalam kosmetik pemutih yang masih digunakan hingga saat ini.

Dilansir dari consumerreports.org, Kepala Penasihat Medis Consumer Reports, Marvin M. Lipman mengatakan “Paparan merkuri pada kulit bisa menyebabkan penyakit berbahaya yang mematikan.” FDA (Food and Drug Administration) saja sudah melarang produsen kosmetik menggunakan merkuri yang lebih dari 1 ppm per produk sejak tahun 1973.

Dokter spesialis kulit ECLA dr. Astri Adelia, SpDV.

Menurut dr. Astri Adelia, SpDV penggunaan kedua bahan ini secara rutin dapat menyebabkan penyakit dan kerusakan pada kulit. Kulit menjadi keriput lebih cepat, muncul bintik-bintik hitam berlebihan, dan merusak tekstur kulit wajah.

  • Hindari Produk Dengan Harga Terlalu Murah

Jika Anda sudah familiar dengan harga beberapa produk kemudian melihat produk yang sama tapi dijual dengan harga yang jauh lebih murah, sebaiknya hindari. Karena harga barang yang terlampau murah, bisa jadi barang tersebut palsu dan keamanannya tidak bisa terjamin.

  • Ketahui Jenis/Kebutuhan Kulit

Sebelum membeli produk perawatan wajah, Anda harus mengetahui betul jenis kulit Anda. Ada beberapa jenis kulit yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Setelah mengetahui jenis kulit Anda, baru tentukan produk yang akan digunakan. Menggunakan produk perawatan wajah yang tidak sesuai jenis kulit akan mengakibatkan break out (reaksi penolakan akibat ketidakcocokan kulit terhadap kandungan dalam produk), timbulnya inflamasi, dehidrasi, dan lain sebagainya.

  • Fokus Menyelesaikan Satu Masalah

Jika memiliki lebih dari satu masalah pada kulit wajah, Anda harus memilih satu masalah yang jadi prioritas utama. Misalnya, kulit Anda berjerawat dan kusam. Ada baiknya Anda mengobati terlebih dahulu jerawat hingga sembuh, kemudian baru fokus mencerahkan wajah.

Itulah beberapa tips yang dibagikan dr. Astri Adelia, SpDV saat dijumpai pada acara “Discover Bright & Beautiful Skin” yang diadakan ECLA C-Lite dan Blibli.com di Grahana Niaga Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat (30/10/18).


Read More

Artikel Lainnya

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTi p.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTip

29 November 2022, 13:43

Platform kreator konten TipTip baru-baru ini meraih suntikan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh East Ventures.

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Jut a.jpg

Bisnis

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Juta

29 November 2022, 11:42

Pemprov DKI Jakarta pada pekan ini secara resmi mengumumkan bahwa UMP Ibu Kota akan naik sekitar Rp259 ribuan dibandingkan angka sebelumnya.

bebk.jpg

Kuliner

Resto Bebek Emas, Cara Beda Makan Bebek Peking Panggang

29 November 2022, 09:40

Ini loh cara baru menikmati bebek peking! Di Resto Bebek Emas Anda bisa menikmati bebek peking panggang dengan lalapan dan sambal khas tradisional.


Comments


Please Login to leave a comment.