Tips Memilih Sabun Mandi.jpg

Kecantikan dan Fashion

Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Sebelum beraktivitas, pastinya Anda membersihkan kulit tubuh Anda di setiap harinya. Dengan menggunakan sabun, tubuh Anda akan merasa lebih segar. Namun, apakah Anda pernah memperhatikan jenis sabun apa yang digunakan? Apakah cocok bagi kulit Anda?

Agar terhindar dari penyakit yang datang karena kotoran, Anda sebaiknya cermat dalam memilih jenis sabun. Karena di salam sabun terdapat kandungan, formula, dan tekstur yang berbeda-beda.

Sebagian orang cocok menggunakan sabun cair, dan sebagian lainnya lebih suka memakai sabun batang saat membersihkan kulit tubuh sehari-hari. Sebelum memilih, Anda perlu memerhatikan jenis kulit tubuh Anda terlebih dahulu. Berikut empat tips memilih pembersih kulit yang tepat.

  • Ketahui Jenis Kulit Anda

Andalah orang yang paling mengerti tubuh sendiri. Maka, mengenali jenis kulit itu sangat penting untuk mengetahui sabun apa yang cocok. Jenis kulit pun beragam, ada yang normal, mudah berminyak, kering, bahkan sensitif.

Kondisi kulit juga bisa berubah dari waktu ke waktu. Hal ini tergantung cuaca dan aktivitas Anda. Jika udara panas biasanya kulit mudah berminyak dan tekstur kulit akan menggelap. Berbeda dengan saat cuaca dingin kulit akan lebih kering.

[Baca Juga: 3 Cara Mengoptimalkan Sheet Mask untuk Kulit Kering]

Pilihlah sabun yang pas untuk kondisi kulit tubuh Anda. Saat berminyak sebaiknya memilih sabun yang berfungsi menyerap minyak atau sabun yang dikhususkan kulit berminyak.

Jika punya jenis kulit kering Anda membutuhkan sabun yang bisa melembapkan dan menghaluskan kulit.

Menurut Dermatologis Medis dan Kosmetik di New York, Amerika Serikat Francesca Fusco, seperti dikutip dari Women's Health (13/2/19), jika pembersih dengan kandungan minyak tinggi mungkin terlalu keras untuk kulit kering. Pilihlah sabun yang punya kandungan minyak rendah agar bisa beradaptasi dengan kulit kering Anda. Fusco juga menyoroti perihal sabun yang memiliki aroma kuat. Menurutnya, sabun yang terlalu menyengat dapat membuat kulit iritasi dan memicu alergi, terlebih lagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

  • Tentukan Jenis Sabun Anda

Jika Anda telah mengetahui jenis kulit tubuh, sebaiknya Anda menentukan sabun yang tepat. Jika kulit Anda berminyak, sabun batang adalah solusi yang tepat. Sabun batang atau dalam bentuk padat biasanya tidak mengandung banyak minyak sehingga bisa mengeringkan kulit.

Sebaliknya, jika berjenis kulit kering Anda bisa menggunakan sabun cair yang bertekstur krim dapat membantu kulit Anda lebih lembap.

  • Pakailah Sabun Antibakteri

Setiap harinya Anda pasti melakukan aktivitas, entah itu bekerja, berolahraga, atau saat bermain. Keringat yang dikeluarkan tubuh pun bakal meningkat. Guna menghindari kotoran seperti debu, dan asap yang meresap dalam tubuh, gunakan sabun dengan formula antibakeri.

Bak pisau bermata dua, sabun ini juga bisa menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Sebaiknya setelah memakai sabun antibakteri Anda menggunakan pelembap pada bagian tubuh yang kering.

  • Perhatikan Keterangan Produk Sabun

Anda harus jeli melihat kandungan yang terdapat pada sabun. Menurut Fusco, Anda lebih baik menggunakan produk yang berbahan natural dan aman bagi semua jenis kulit. Ia juga menyarankan untuk memakai produk yang berlabel hypoallergenic. Hypoallergenic sendiri ialah label yang melembabkan, melembutkan, tidak bearoma dan tak memicu alergi pada kulit.

[Baca Juga: Hati-Hati dengan Alergi Seafood]

Maka, Anda jangan sampai salah memilih sabun mandi yang baik untuk kulit tubuh Anda. Jika sulit untuk memilih jenis sabun yang pas, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter kulit agar tak terjadi efek samping pada kulit.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.