Tips Memilih Sabun Mandi.jpg

Kecantikan dan Fashion

Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Sebelum beraktivitas, pastinya Anda membersihkan kulit tubuh Anda di setiap harinya. Dengan menggunakan sabun, tubuh Anda akan merasa lebih segar. Namun, apakah Anda pernah memperhatikan jenis sabun apa yang digunakan? Apakah cocok bagi kulit Anda?

Agar terhindar dari penyakit yang datang karena kotoran, Anda sebaiknya cermat dalam memilih jenis sabun. Karena di salam sabun terdapat kandungan, formula, dan tekstur yang berbeda-beda.

Sebagian orang cocok menggunakan sabun cair, dan sebagian lainnya lebih suka memakai sabun batang saat membersihkan kulit tubuh sehari-hari. Sebelum memilih, Anda perlu memerhatikan jenis kulit tubuh Anda terlebih dahulu. Berikut empat tips memilih pembersih kulit yang tepat.

  • Ketahui Jenis Kulit Anda

Andalah orang yang paling mengerti tubuh sendiri. Maka, mengenali jenis kulit itu sangat penting untuk mengetahui sabun apa yang cocok. Jenis kulit pun beragam, ada yang normal, mudah berminyak, kering, bahkan sensitif.

Kondisi kulit juga bisa berubah dari waktu ke waktu. Hal ini tergantung cuaca dan aktivitas Anda. Jika udara panas biasanya kulit mudah berminyak dan tekstur kulit akan menggelap. Berbeda dengan saat cuaca dingin kulit akan lebih kering.

[Baca Juga: 3 Cara Mengoptimalkan Sheet Mask untuk Kulit Kering]

Pilihlah sabun yang pas untuk kondisi kulit tubuh Anda. Saat berminyak sebaiknya memilih sabun yang berfungsi menyerap minyak atau sabun yang dikhususkan kulit berminyak.

Jika punya jenis kulit kering Anda membutuhkan sabun yang bisa melembapkan dan menghaluskan kulit.

Menurut Dermatologis Medis dan Kosmetik di New York, Amerika Serikat Francesca Fusco, seperti dikutip dari Women's Health (13/2/19), jika pembersih dengan kandungan minyak tinggi mungkin terlalu keras untuk kulit kering. Pilihlah sabun yang punya kandungan minyak rendah agar bisa beradaptasi dengan kulit kering Anda. Fusco juga menyoroti perihal sabun yang memiliki aroma kuat. Menurutnya, sabun yang terlalu menyengat dapat membuat kulit iritasi dan memicu alergi, terlebih lagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

  • Tentukan Jenis Sabun Anda

Jika Anda telah mengetahui jenis kulit tubuh, sebaiknya Anda menentukan sabun yang tepat. Jika kulit Anda berminyak, sabun batang adalah solusi yang tepat. Sabun batang atau dalam bentuk padat biasanya tidak mengandung banyak minyak sehingga bisa mengeringkan kulit.

Sebaliknya, jika berjenis kulit kering Anda bisa menggunakan sabun cair yang bertekstur krim dapat membantu kulit Anda lebih lembap.

  • Pakailah Sabun Antibakteri

Setiap harinya Anda pasti melakukan aktivitas, entah itu bekerja, berolahraga, atau saat bermain. Keringat yang dikeluarkan tubuh pun bakal meningkat. Guna menghindari kotoran seperti debu, dan asap yang meresap dalam tubuh, gunakan sabun dengan formula antibakeri.

Bak pisau bermata dua, sabun ini juga bisa menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Sebaiknya setelah memakai sabun antibakteri Anda menggunakan pelembap pada bagian tubuh yang kering.

  • Perhatikan Keterangan Produk Sabun

Anda harus jeli melihat kandungan yang terdapat pada sabun. Menurut Fusco, Anda lebih baik menggunakan produk yang berbahan natural dan aman bagi semua jenis kulit. Ia juga menyarankan untuk memakai produk yang berlabel hypoallergenic. Hypoallergenic sendiri ialah label yang melembabkan, melembutkan, tidak bearoma dan tak memicu alergi pada kulit.

[Baca Juga: Hati-Hati dengan Alergi Seafood]

Maka, Anda jangan sampai salah memilih sabun mandi yang baik untuk kulit tubuh Anda. Jika sulit untuk memilih jenis sabun yang pas, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter kulit agar tak terjadi efek samping pada kulit.

Read More

Artikel Lainnya

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

20 October 2020, 11:05

Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Pemimpin di semua level juga wajib memberi contoh penerapan protokol kesehatan.

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat

20 October 2020, 08:52

Pemkot Bogor memastikan pengamanan ketat untuk menyambut kedatangan perdana PM Jepang Yoshide Suga dan istrinya ke Kota Hujan.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

20 October 2020, 08:12

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda.

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direloka si.jpg

Berita Kawasan

Normalisasi untuk Antisipasi Banjir, Warga Bantaran Kali Rengas Direlokasi

19 October 2020, 17:38

Puluhan warga di bantara Kali Rengas mulai direlokasi sebagai langkah awal normalisasi Kali Rengas demi mengantisipasi banjir.


Comments


Please Login to leave a comment.