DUREN SAWIT-KESEHATAN-TIPS MEMILIH TAS SEKOLAH UNTUK ANAK-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Tips Memilih Tas Sekolah untuk Anak

Menjelang sekolah biasanya sang buah hati akan minta dibelikan tas baru. Bahkan tak perlu menunggu tahun ajaran baru, terkadang anak cepat bosan dan meminta tasnya untuk segera diganti dengan beberapa alasan. Sebagai orang tua, Anda tidak boleh sembarangan memberikan tas sekolah anak. Memang kelihatannya sepele dan sederhana, namun sebenarnya ada yang harus Anda perhatikan sebelum membelikan tas sekolah untuk anak Anda.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (19/10), beban yang dibawa setiap harinya oleh anak bisa memengaruhi perkembangan tubuhnya. Sehingga tas yang tak menopang tubuh si kecil dengan baik bisa dengan mudah menyebabkan pegal, sakit punggung, bahu dan postur si anak.

Maka dari itu, sebagai orang tua memilih tas untuk anak bukan hanya dari warna kesukaannya, motif tau ukurannya saja. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tas sekolah anak:

1. Bahan tas

Pilih tas yang dibuat dari bahan yang ringan namun kuat sehingga tidak menambah beban ketika ditambahkan buku dan barang bawaan lainnya. Pastikan, tas yang Anda beli kualitasnya bagus dan tahan lama agar tidak boros.

2. Cek ruang penyimpanannya

Bawaan anak Anda setiap harinya cukup banyak bukan? Pastikan tas yang akan Anda beli memiliki ruang penyimpanan yang banyak agar barang yang dibawa tidak berantakan. Tas yang memiliki ruang penyimpanan yang banyak akan mendistribusikan beban secara merata, sehingga anak tak akan merasakan beban hanya pada satu titik.

3. Jenis tas

Tas memang memiliki banyak model yang beragam, namun jenis tas terbaik adalah tas ransel bukannya tas selempang. Tas ransel akan membagikan beban pada kedua bahu, sedangkan tas selempang hanya menggunakan satu bahu untuk mendistribusikan berat. Dikhawatirkan anak akan merasa tidak nyaman karena satu bahunya terasa sakit. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan tas troli atau tas dorong. Tas jenis ini akan lebih mudah di bawa dan tidak menyakiti bahu, anak hanya cukup menariknya saja.

4. Tali tas

Ketika memilih tas untuk anak, perhatikan juga bagian tali bagian punggung, pilih tas dengan tali yang lebar dan empuk agar anak tak terlalu merasakan beban yang ia bawa. Jika Anda menemukan tas dengan tali di bagian pinggang justru lebih bagus lagi. Pasalnya tali di pinggang membantu meringankan beban pada punggung.

5. Ukuran tas

Ukuran tas sekolah anak juga harus sesuai dengan ukuran tubuh anak. Ukuran yang paling direkomendasikan adalah tidak boleh lebih dari 4 inci di bawah punggung anak. Pinta anak untuk mencoba tas sebelum membeli kemudian tanyakan apakah bahunya terasa nyaman? Jika tidak sebaiknya jangan dibeli.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

27 January 2021, 20:21

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 17.900 petak makam yang akan siap pada Februari 2021 menyusul meningkatnya kasus aktif di Ibu Kota hingga pekan ini.

Pakan Lele Alternatif dari Enceng Gondok Keong Sawah dari Mahasiswa UNY

Pendidikan

Pakan Lele Alternatif dari Enceng Gondok & Keong Sawah dari Mahasiswa UNY

27 January 2021, 19:27

Penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tersebut dilandasi keprihatinan mahalnya harga pakan lele buatan pabrik di pasaran.

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

Berita Kawasan

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

27 January 2021, 18:26

Gunung Merapi mengeluarkan 36 kali awan panas guguran pada Rabu, 27 Januari 2021 pagi hingga siang hari dengan jarak luncur terjauh 3 kilometer.

Tiket.com Gandeng Kemenparefkraf Gercep Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia .jpg

Bisnis

Tiket.com Gandeng Kemenparefkraf Gercep Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia

27 January 2021, 17:21

Di tahun 2021 ini, Tiket.com umumkan dukungannya terhadap berbagai program Kemenparekraf dalam memulihkan sektor pariwisata Indonesia yang terkena imbas pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.