Tips Menanam Bougenville di Rumah

Properti dan Solusi

Tips Menanam Bougenville di Rumah

Saat ini tanaman bougenville sedang banyak dibicarakan usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanamnya di kawasan Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman. Pasalnya, tanaman ini disebut memiliki manfaat untuk membantu mengendalikan polusi udara di Jakarta. Selain itu, tanaman ini juga diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan jika diolah layaknya teh. Apalagi dengan kelopak bunga yang berwarna-warni, bunga bougenville juga kerap dipilih sebagai tanaman hias untuk di rumah. Anda tertarik untuk menanamnya?

Tanaman yang juga dikenal dengan nama bunga kertas ini sebenarnya berasal dari wilayah Amerika Selatan yang dikenal memiliki cuaca tropis, seperti Brasil dan Peru. Karena memiliki pola cuaca yang hampir serupa, tanaman bougenville dengan perawatan yang baik dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Selain itu, beragam varietas dari tanaman bougenville dapat tumbuh di berbagai media. Dari mulai ditanaman secara berjejer di pagar, di tanah pekarangan rumah atau di pot.

Tips Menanam Bougenville di Rumah

Namun satu hal yang pasti, tanaman bougenville menyukai suhu udara yang panas atau tepatnya terkena langsung sinar matahari. Jadi bisa dipastikan bougenville merupakan tanaman hias yang cocok ditanam di luar ruangan. Sehingga tidak cocok diletakkan di dalam ruangan, apalagi jika Anda yang tinggal di Jakarta dan menggunakan penyejuk udara di rumahnya maka dengan udara yang dingin, bougenville tidak akan tumbuh subur atau berbunga.

[Baca Juga: Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville]

Setelah Anda mengetahui mengenai dasar dari tanaman bougenville, berikut ini tipsnya sebagaimana dilansir dari gardeningknowhow.com (19/8/2019):

  • Tentukan Media Penanaman

Jika Anda memiliki lahan pekarangan, maka tanaman bougenville bisa ditanam di tanah yang terpapar sinar matahari secara maksimal. Tapi ini direkomendasikan tanaman bougenville yang sudah memiliki pohon cukup besar sedangkan bila masih berukuran agak kecil, ada baiknya Anda menanamnya menggunakan pot tanaman yang memiliki lubang drainase di bawahnya.

  • Pemilihan Tanah

Baik itu di pekarangan atau di pot, usahakan Anda memilih tanah atau campuran media tanam pot untuk tanaman bougenville yang normal tanpa banyak kandungan gambut atau peat moss. Pasalnya, kandungan gambut yang tinggi dapat memicu kelembapan dan memicu akar dari tanaman bougenville membusuk.

Tips Menanam Bougenville di Rumah

  • Penyiraman

Untuk tanaman bougenville yang baru ditanam maka Anda harus menyiramnya secara rutin. Namun jika tanaman ini sudah mulai tumbuh, maka kondisikan agar tanahnya sedikit kering. Jika Anda menanamnya di dalam pot, maka siram hingga air menetes dari lubang di bawah pot. Biarkan tanaman bougenville Anda untuk beberapa waktu dan jangan siram hingga tanah atau media tanam di pot terasa sedikit kering namun pastikan keadaannya jangan terlalu kering. Jika kuncup bunga mulai bermunculan, Anda bisa berhenti menyiramnya sekitar tiga hingga empat hari.

  • Pemupukan

Agar tanaman bougenville Anda tumbuh subur dan terus berbunga, maka dibutuhkan pemupukan yang teratur. Anda bisa memilih pupuk yang mudah larut di air atau water soluble NPK setiap tujuh atau 14 hari sekali.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Dengan empat tips di atas maka Anda bisa mencoba untuk menanam bougenville di rumah. Tanaman ini memiliki beragam varietas dengan warna bunga yang bermacam-macam jadi Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera warna Anda. Jangan lupa juga Anda bisa memangkas cabang atau ranting yang dirasa berlebihan demi menjaga tanaman tetap telihat menarik. Namun satu hal yang perlu diingat adalah Anda perlu berhati-hati dengan getah tanaman bougenville. Ini dikarenakan getah tanaman ini dapat memicu ruam di kulit.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.