Tips Mencegah Berat Badan Melonjak Setelah Lebaran

Kesehatan

Tips Mencegah Berat Badan Melonjak Setelah Lebaran

Salah satu hal yang membuat puasa bisa turunkan berat badan ialah akibat perubahan pola makan. Biasanya, saat menjalankan puasa, Anda hanya makan dua kali, yakni saat sahur dan berbuka.

Namun, banyak pula yang tak bisa memanfaatkan momen puasa untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Beberapa justru berat badannya melonjak ketika Lebaran. Bergesernya angka di timbangan lebih banyak disebabkan makanan yang dikonsumsi ketika berbuka dan di hari raya.

Banyak orang yang memilih menyantap makanan yang mengandung karbohidrat dan garam tinggi saat berbuka. Belum lagi tingginya kalori dari gorengan atau kue-kue yang dikonsumsi secara berlebih. Hal itulah yang membuat berat badan Anda malah naik selama berpuasa. Agar menyeimbangkan berat badan Anda, sebaiknya Anda meningkatkan aktivitas fisik selama bulan Ramadan.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Karena puasa bukan menjadi alasan Anda untuk bermalas-malasan. Rutin berolahraga terbukti ampuh untuk mencegah berat badan Anda melonjak saat berpuasa. Berolahraga secara teratur di bulan Ramadan juga dapat membantu mempertahankan berat badan. Pilihlah waktu yang pas untuk melakukan olahraga saat berpuasa.

Contohnya ketika sahur, Anda bisa melakukan aktivitas jalan santai sambil menunggu Adzan subuh berkumandang. Aktivitas olahraga seperti, berenang, atau bersepeda bisa Anda lakukan ketika ngabuburit bersama keluarga atau rekan sejawat sebelum berbuka.

[Baca Juga: Cara Diet Warga Jakarta Menurut Pakar]

Namun, Anda juga perlu menghindari olahraga yang intensitasnya terlalu berat karena bisa berpengaruh terhadap ketahanan tubuh, bahkan dehidrasi ketika berpuasa.

Selain berolahraga, Anda perlu membatasi mengonsumsi minuman manis dan kafein. Hindari menenggak teh manis, atau kopi panas secara berlebihan. Minuman menyegarkan ini dapat menyumbang kalori yang tinggi ke dalam tubuh. Perbanyaklah minum air putih supaya tubuh tidak kehilangan cairan dan mengurangi risiko dehidrasi.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.