Tips Mencegah Berat Badan Melonjak Setelah Lebaran

Kesehatan

Tips Mencegah Berat Badan Melonjak Setelah Lebaran

Salah satu hal yang membuat puasa bisa turunkan berat badan ialah akibat perubahan pola makan. Biasanya, saat menjalankan puasa, Anda hanya makan dua kali, yakni saat sahur dan berbuka.

Namun, banyak pula yang tak bisa memanfaatkan momen puasa untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Beberapa justru berat badannya melonjak ketika Lebaran. Bergesernya angka di timbangan lebih banyak disebabkan makanan yang dikonsumsi ketika berbuka dan di hari raya.

Banyak orang yang memilih menyantap makanan yang mengandung karbohidrat dan garam tinggi saat berbuka. Belum lagi tingginya kalori dari gorengan atau kue-kue yang dikonsumsi secara berlebih. Hal itulah yang membuat berat badan Anda malah naik selama berpuasa. Agar menyeimbangkan berat badan Anda, sebaiknya Anda meningkatkan aktivitas fisik selama bulan Ramadan.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Karena puasa bukan menjadi alasan Anda untuk bermalas-malasan. Rutin berolahraga terbukti ampuh untuk mencegah berat badan Anda melonjak saat berpuasa. Berolahraga secara teratur di bulan Ramadan juga dapat membantu mempertahankan berat badan. Pilihlah waktu yang pas untuk melakukan olahraga saat berpuasa.

Contohnya ketika sahur, Anda bisa melakukan aktivitas jalan santai sambil menunggu Adzan subuh berkumandang. Aktivitas olahraga seperti, berenang, atau bersepeda bisa Anda lakukan ketika ngabuburit bersama keluarga atau rekan sejawat sebelum berbuka.

[Baca Juga: Cara Diet Warga Jakarta Menurut Pakar]

Namun, Anda juga perlu menghindari olahraga yang intensitasnya terlalu berat karena bisa berpengaruh terhadap ketahanan tubuh, bahkan dehidrasi ketika berpuasa.

Selain berolahraga, Anda perlu membatasi mengonsumsi minuman manis dan kafein. Hindari menenggak teh manis, atau kopi panas secara berlebihan. Minuman menyegarkan ini dapat menyumbang kalori yang tinggi ke dalam tubuh. Perbanyaklah minum air putih supaya tubuh tidak kehilangan cairan dan mengurangi risiko dehidrasi.

Read More

Artikel Lainnya

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.


Comments


Please Login to leave a comment.