Tips Mencegah Kulit Iritasi Akibat Pembalut

Kesehatan

Tips Mencegah Kulit Iritasi Akibat Pembalut

Wanita setiap bulan mengalami masa menstruasi, artinya sel telur yang dikeluarkan wanita tidak dibuahi sperma. Ketika sel telur tersebut mati, dinding rahim yang telah menebal untuk menyiapkan tempat tumbuh dan makanan bagi bakal janin, ikut luruh dan keluar bersama sel telur tersebut. Pembalut dibutuhkan untuk menampung luruhan dinding dinding rahim yang keluar ketika menstruasi.

Selama menstruasi, seringkali beberapa wanita mengalami iritasi kulit di area selangkangan dan organ intim akibat memakai pembalut. Kulit iritasi akibat pembalut dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi lain pada vagina.

[Baca Juga: Kenali Kelainan Trisomi 18 Bagi Ibu Hamil]

Bagi Anda yang ingin menghindari iritasi kulit akibat pemakaian pembalut, berikut beberapa tips untuk mencegah kulit iritasi selama menstruasi yang dirangkum dari hellosehat.com (2/4/2019).

  • Selalu jaga kebersihan vagina saat menstruasi dengan membasuh dari arah belakang ke depan dengan air mengalir, kemudian keringkan area miss V agar tidak lembap. Jika lingkungan vagina lembap, maka bakteri dan jamur akan bermunculan.
  • Bila ingin membersihkannya, cukup gunakan air saja dan jangan gunakan sabun atau pembersih lainnya yang mengandung parfum saat membersihkan vagina.
  • Gantilah pembalut sebanyak 4-6 kali dalam sehari. Idealnya, pembalut harus diganti setiap empat jam sekali. Pembalut yang dipakai terlalu lama bisa melembapkan vagina sehingga memicu datangnya bakteri dan jamur yang pada akhirnya menyebabka infeksi pada vagina.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

Itulah cara utama yang penting untuk mencegah terjadinya iritasi kulit karena pemakaian pembalut saat menstruasi. Pemilihan pembalut yang tepat juga berpengaruh untuk menjaga kesehatan kulit di area sekitar vagina. Pilihlah pembalut yang sesuai kebutuhan Anda dan pembalut dengan kualitas yang baik.

Bagi Anda yang sedang mengalami iritasi kulit akibat pembalut, Anda bisa gunakan salep atau krim kortikosteroid. Oleskan salep tersebut satu kali sehari untuk mengobati kulit sekitar vagina yang mengalami peradangan.

[Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Kehamilan Berisiko Tinggi]

Read More

Artikel Lainnya

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.


Comments


Please Login to leave a comment.