ads
KELAPA GADING_PROPERTI_TIPS MEMILIKI HUNIAN YANG MEMBUAT ANDA BETAH DI RUMAH

Properti dan Solusi

Tips Menciptakan Hunian yang Membuat Anda Betah

Wilayah Kelapa Gading Jakarta terkenal sebagai kawasan hunian elit yang berada di Jakarta Utara. Walau di kawasan elit, hal tersebut tidak memengaruhi tingkat kenyamanan seseorang untuk betah tinggal di rumah. Pasalnya, faktor kenyamanan sebenarnya dipengaruhi bagaimana selera penataan rumah oleh si pemiliknya.

Namun normalnya untuk menciptakan hunian yang nyaman ada baiknya dilakukan semenjak Anda membeli rumah atau usai merenovasinya. Lantas bagaimana untuk memiliki hunian yang dapat membuat betah saat tinggal di kawasan elit seperti di Kelapa Gading Jakarta? Artikel ini akan memberikan tipsnya sebagaimana dilansir dari morningchores.com.

Perhatikan Bagian Depan Rumah

Bagian eksterior rumah terbilang penting dalam memiliki hunian yang nyaman. Mengingat bagian depan merupakan hal yang pertama menyambut Anda saat pulang dari berbagai aktivitas di luar rumah. Bagian depan rumah juga menjadi gambaran awal personal bagi tamu yang datang ke rumah.

Jadi ada baiknya Anda membuat taman kecil di area depan rumah Anda demi menciptakan kesan hijau atau teduh, bahkan bila memiliki budget Anda bisa membuat tanaman pagar. Pasalnya, selain untuk menambah estetika rumah Anda, pagar tanaman juga baik untuk mengurangi efek pencemaran udara.

Dalam memilih pagar tanaman Anda dapat memilih jenis semak dan perdu. Sebagaimana diwartakan gardening.id, jenis perdu yang dapat tinggi dan cocok menjadi pagar tanaman di area seperti Kelapa Gading Jakarta adalah kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis), soka (Ixora hybrida), teh-tehan (Duranta repens), puring (Cordiaeum varigatum) dan hanjuang (Cordyline).

Hilangkan Kondisi Terlalu Menumpuk

Kondisi menumpuk dan berantakan merupakan salah satu faktor utama membuat seseorang merasa tidak betah di rumah. Sehingga ada baiknya membereskan rumah yang memiliki terlalu banyak barang. Anda bisa mengurangi kondisi menumpuk tersebut dengan memperhatikan barang-barang yang ada di ruang utama hingga dapur.

Anda bisa memutuskan barang-barang apa saja yang perlu menghiasi ruangan-ruangan tersebut dan mana yang perlu disimpan di gudang. Dengan contoh misalnya Anda memiliki sejumlah perabotan yang jarang digunakan, Anda bisa mengalokasikannya di dalam satu lemari khusus. Pasalnya, ruangan yang lega dapat membuat Anda bisa bernapas lega tanpa memiliki perasaan terhimpit oleh berbagai barang.

Untuk dapur dan ruang makan, pastikan bersifat simple. Utamakan di meja makan hanyalah peralatan makan dan bila menginginkan hiasan, Anda bisa menempatkan vas dengan bunga hidup di tengah-tengah sebagai center piece.

Pencahayaan

Banyak yang menganggap remeh hal ini, namun pencahayaan di dalam rumah juga menjadi faktor menciptakan hunian nyaman yang dapat membuat betah. Usahakan untuk selalu mengutamakan pencahayaan alami jadi Anda bisa memilih untuk memiliki kaca yang mengoptimalkan posisi jatuhnya cahaya matahari. Hal ini dapat membuat rumah terlihat lebih segar dan memiliki kesan cerah.

Dalam memilih lampu, usahakan yang memiliki warna tidak terlalu cerah agar menimbulkan rasa nyaman dan tidak panas. Pencahayaan outdoor juga penting, Anda bisa menggunakan konsep string lighting yang di mana lampu-lampu hias digantung di atas tali yang membentang. Lampu jenis ini cocok untuk ditempatkan di dekat area seperti halaman rumah atau bahkan di bagian depan rumah dekat pintu masuk yang menimbulkan kesan menyambut bagi siapapun yang datang

Memiliki Aroma Menyegarkan

Indra penciuman Anda juga sangat memengaruhi rasa nyaman di rumah. Cara paling mudah adalah rajin membuka jendela di rumah dan membersihkan karpets serta seprai. Karena tumpukan kulit mati serta keringat di seprai dapat menimbulkan aroma tak sedap dan karpet juga dapat menjadi lokasi berkumpulnya debu serta bakteri.

Anda bisa membeli biji kopi yang diletakan di wadah. Kemudian biji kopi tersebut dapat diletakan di area seperti dapur, ruang tamu serta kamar tidur untuk menimbulkan kesan aroma segar khas kopi. Namun bila tidak suka dengan aroma kopi, Anda dapat membuat penyegar ruangan sendiri.

Sebagaimana dikutip dari vemale.com, Anda hanya perlu menyiapkan secangkir air distilasi, tiga sendok makan alkohol dan 20 tetes essential oil yang memiliki aroma favorit Anda. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut dalam botol spray dan semprotkan ke seluruh ruangan di rumah Anda

Munculkan Area Sudut

Banyak yang tidak menyadari tapi memiliki spot favorit di rumah sebenarnya penting agar membuat Anda betah di rumah. Area ini paling cocok berada di sudut rumah yang berada dekat jendela dan lengkap dengan sofa serta bantal-bantal kecil.

Area sudut ini bisa menjadi lokasi Anda untuk membaca buku atau koran. Dengan cahaya alami dari jendela, sesi membaca Anda akan semakin mantap di area tersebut. Selain itu dengan keberadaan bantal kecil dan sofa di sana, area sudut ini cocok untuk duduk dan melepas lelah usai bekerja. Bahkan area sudut ini juga bisa diposisikan dekat televisi agar Anda bisa bersantai sambil menikmati berbagai siaran yang tengah ditayangkan.

Itulah beberapa tips untuk membuat rumah Anda menjadi lebih nyaman dan membuat betah. Jadi walau berada di lokasi elit seperti Kelapa Gading Jakarta, penentuan hingga penataan rumahlah yang menjadi faktor utama dalam menentukan kenyamanan Anda.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  4 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads