Tip Mendidik Anak dengan Mudah di Era Digital

Pendidikan

Tips Mendidik Anak dengan Mudah di Era Digital

Masuk era digital, anak-anak zaman sekarang bisa dikatakan piawai menggunakan teknologi, serba tahu dunia digital bahkan lebih dulu tahu segala informasi yang terjadi daripada orangtuanya. Nah, dari sinilah anak perlu didikan yang tepat agar anak tidak terjebak dalam pergaulan yang berdampak negatif bagi dirinya mau pun keluarganya. Sebagai orangtua yang memiliki anak semacam ini, perlu peran aktif untuk melindungi agar tidak ketergantungan dengan dunia digital yang membawa efek negatif.

Mendidik anak di era digital tentu ada caranya, tidak bisa menyamakan dengan cara-cara orangtua dulu melakukannya kepada Anda. Berikut cara mendidik anak era digital.

  1. Awasi Aktivitas Anak

Anak tidak akan lepas dari gadget yang digunakannya. Selalu ingin tahu segala informasi melalui gadget. Maka, peran orangtua di sinilah perlu dilakukan. Awasi aktivitas anak dalam menggunakan gawai atau gadget-nya. Anak yang kecanduan atau keasyikan dengan gadget-nya tentu tidak baik bagi perkembangannya. Batasi waktu penggunaannya, berita pengertian ke anak tentang dampak negatif menggunakan gawai.

[Baca Juga: Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang]

2. Coba Lakukan Prakarya Bersama Anak

Belajar sambil bermain adalah sesuatu yang menyenangkan bagi anak. Buatlah DIY bersama anak di rumah. Hal ini dapat menciptakan komunikasi dua arah dan komunikasi antara anak dengan orangtua lebih efektif. Anak akan dengan sendirinya mengungkapkan apa yang dirasakan selama kegiatan DIY bersama. Selain itu, dengan melakukan kegiatan tersebut melatih anak untuk kreatifitas.

3. Membaca Buku Bersama

Membaca akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan bersama. Membaca bersama akan menciptakan ikatan yang kuat antara anak dengan orangtua. Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif agar anak juga tidak bergantung hanya pada gadget-nya. Kegiatan ini akan memberikan banyak manfaatnya untuk anak agar senang membaca dan pengetahuannya pun berkembang dengan luas.

[Baca Juga: Inilah 4 Perempuan yang Mendominasi di Era Digital]

4. Ajak Anak Ikut Aktivitas Anda

Jangan pernah menolak bila Anak ingin melakukan apa pun yang Anda lakukan di rumah. Biarkan anak ikut melakukan kegiatan bersih-bersih rumah. Lakukan dari mulai kegiatan yang mudah, seperti membantu mengelap piring, mengelap kaca, menyiram tanaman, dan lain-lain.

Mendidik anak untuk tidak menggunakan gadget-nya di luar batas tentu tidak mudah, empat tips di atas semoga dapat memudahkan Anda untuk mendidik anak di era digital.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.