Tips Mengatasi Homesick untuk Mahasiswa Perantau

Kesehatan

Tips Mengatasi Homesick untuk Mahasiswa Perantau

Lagi-lagi di kamar kos, terjebak oleh dinding dan barang-barang di dalamnya. Bermain media sosial sudah, tidur sudah, lama-lama bosan melanda.

Itu bisa jadi yang dirasakan para mahasiswa perantau di bulan Ramadan sekaligus masa pandemi COVID-19. Tetap berada di daerah perantauan menjelang lebaran terpaksa dilakukan agar orang-orang terkasih di kampung halaman tidak terpapar penyakit akibat Virus Corona baru itu.

Supaya tak terus-menerus tenggelam dalam rasa rindu, ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan oleh mahasiswa perantau.

Kerja Sampingan dan Cara-cara Lain Membuat Gaji Lebih Awet

1) Jangan Asal Melakukan Hobi

Mendengarkan musik, menonton film, memainkan gim favorit adalah sederet hobi yang biasa dilakukan saat bosan. Terkadang, di tengah melakukannya, terbayang kembali wajah orang-orang terkasih di kampung halaman.

Cobalah untuk tidak hanya melakukan hobi, tetapi juga mengulas, membincangkannya, dan mengekspresikan perasaan tentang hobi yang Anda lakukan.

Misalnya bagi Anda pecinta film, mungkin Anda memiliki teman-teman terdekat yang juga penyuka film. Buatlah obrolan dengan mereka secara daring mengenai film yang telah Anda tonton. Akan ada banyak materi yang berkembang dari obrolan tersebut, seperti kritik tentang film itu, cerita mengenai para aktor, kru, maupun proses produksinya. Dari situ pula Anda akan mendapat perspektif baru mengenai bagaimana orang lain menilai suatu film dan bagaimana film bisa berdampak terhadap kehidupannya.

[Baca Juga: Tips Manajemen Stres Ala WHO untuk Jaga Kesehatan Mental Kala Pandemi]

Begitu juga dengan Anda pecinta gim. Cobalah ikut forum di internet, tempat para berkumpulnya pecinta gim seperti Anda. Bukan hanya mendapatkan cara memecahkan misi dalam gim, tetapi Anda juga akan memiliki teman baru. Kelebihannya lagi, Anda bisa mendapat informasi tambahan soal e-sport. Jadi, bukan sekadar bermain, siapa tahu Anda bisa ikut berkompetisi.

Bercakap-cakap dengan orang-orang yang memiliki hobi sama dengan Anda memungkinkan Anda mendengarkan hal-hal yang Anda suka. Pernah terpikir tidak, kalau mendengarkan dan membahas hal-hal yang Anda sukai akan berbeda dengan hal yang tidak Anda suka?

Sebab, bila melakukan hal yang disuka, hormon dopamin akan diproduksi oleh tubuh sehingga seseorang akan merasa lebih senang dan bahagia. Tanpa sadar, homesick yang melanda lama-kelamaan bisa hilang.

Tips Mengatasi Homesick untuk Mahasiswa Perantau

2) Jelajahi Hal yang Belum Anda Tahu

Pernah tidak Anda terus-menerus membuka dan menutup media sosial tanpa tujuan? Melihat Instagram story sebentar lalu keluar dari Instagram, membaca thread di Twitter lalu keluar dari aplikasi itu. Bila seperti ini terus, bisa jadi Anda akan bosan dan homesick datang menyerang.

Cobalah diam sejenak dan pikirkan hal-hal yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Contohnya bagi pecinta make-up, Anda bisa berselancar di google dan mencari tahu sejarah lipstik merah atau hal lain yang menarik perhatian Anda.

Bagi yang belum pernah pergi ke suatu negara, Anda bisa mencari tahu ibu kota, makanan khas, dan budaya di negara itu. Ingat, cari tahu hal yang benar-benar Anda ingin tahu. Dengan begitu Anda akan menikmatinya dan wawasan baru yang didapat tak mudah untuk dilupakan.

5 Cara Mencegah Badan Bungkuk, Patut Dicoba Olahraga Plank

3) Olahraga Ringan

Olahraga akan melancarkan suplai oksigen ke otak. Dengan begitu, fisik Anda akan terasa segar. Olahraga pun bisa menghindari Anda dari stres. Agar tak melulu ingat kampung halaman, coba luangkan waktu untuk olahraga ringan di kamar indekos Anda. Pasang musik yang sesuai dan lakukan secara rutin.

Meskipun kedengarannya gampang, tidak mudah mengisi masa pandemi ini dengan di rumah saja. Banyak orang merasakan stres jika tidak bisa bepergian atau bertemu dengan orang-orang terdekat. Dengan melakukan tiga hal di atas, semoga Pointers bisa merasa lebih baik dan berhasil melewati masa pandemi ini dengan selamat.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.