PLUIT-BISNIS-KEMBANGKAN USAHA KECIL DI TAHUN 2019 DENGAN TIPS INI-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Tips Mengembangkan Usaha Kecil di Tahun 2019

Banyak orang yang bilang, memulai bisnis itu mudah, yang sulit justru mengembangkan dan membuatnya bertahan di tengah terpaan saingan yang begitu banyak. Maka dari itu, di tahun yang baru nanti Anda harus memiliki ide baru guna mengembangkan bisnis.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisnis lebih produktif dan bisa lebih sukses di tahun 2019.

1. Laksanakan apa yang sudah direncanakan

Rencana hanya jadi wacana jika Anda tidak melakukannya. Maka itu, rencanakan beberapa strategi bisnis yang cocok dengan tren di tahun 2019, lalu siapkan langkah realisasinya. Dilansir dari kabbage.com, sebagai pengusaha, Anda tentu harus paham dan mengerti dengan tren bisnis di sekitar Anda. Sebab, ini memengaruhi kesuksesan strategi bisnis Anda ke depannya.

[Baca Juga: Peluang dan Tips Bisnis Kos-kosan di Matraman]

2. Belajar mengatur keuangan lebih efektif

Dalam bisnis atau usaha rumahan, step yang satu ini kerap dilupakan. Padahal, ini merupakan salah satu langkah yang paling penting untuk Anda lakukan guna mempelajari apakah bisnis yang dilakukan sudah tepat, atau belum. Dilansir dari entrepreneur.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan konsultan keuangan Bank Amerika Serikat menemukan, 82 persen bisnis baru atau start up gagal atau lemah dalam pengaturan keuangan.

KEMBANGKAN USAHA KECIL DI TAHUN 2019 DENGAN TIPS INI-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

3. Pelajari sesuatu yang baru

Jangan takut dengan inovasi dan perubahan, karena perubahan itu bukan sesuatu yang perlu dihindari. Justru, inovasi bisa jadi salah satu jalan usaha Anda lebih besar dan dikenal. Tahun baru merupakan saat yang tepat untuk mempelajari ilmu baru untuk usaha Anda.

4. Maksimalkan promosi

Untuk usaha baru dan kecil, promosi memang membutuhkan biaya yang besar. Anda bisa lebih memanfaatkan relasi dan teknologi digital dalam hal ini. Biaya promosi untuk usaha Anda di media sosial misalnya, mungkin tidak sebesar biaya promosi konvensional.

[Baca Juga: Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bekasi Siap Fasilitasi Promosi UMKM]

5. Jangan lupa intuk tetap memberi

Sebaik-baiknya manusia merupakan manusia yang baik dan membantu manusia lainnya. Jadi, jangan lupa untuk terus memberi atau berbagi terhadap sesama. Ini merupakan hal yang wajar dan kerap dilakukan oleh para pengusaha sukses. Seperti yang dilakukan bos Microsoft, Bill Gates. Ia merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Kendati demikian, ia tetap hidup sederhana dan kerap mendonasikan harta yang dimilikinya. Patut ditiru jika Anda ingin jadi pengusaha besar seperti dia. Ingat, dengan memberikan sedikit harta, bukan berarti Anda akan kehilangannya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis atau usaha kecil-kecilan Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf.jpg

Hobi dan Hiburan

Bioskop di Ibu Kota Sudah Dibuka! Ini Pesan Anggota DPRD DKI dan Menparekraf

23 October 2020, 16:46

Mulai pekan ini, sejumlah bioskop di DKI Jakarta sudah mulai kembali beroperasi namun anggota DPRD DKI dan Menparekraf menitipkan pesannya untuk para pengusaha bioskop.

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan.jpg

Pendidikan

Kurangi Limbah Plastik, Mahasiswi Unpad Kembangkan Pasta Gigi Ramah Lingkungan

23 October 2020, 15:39

Empat mahasiswi Unpad berhasil menciptakan pasta gigi ramah lingkungan yang dibuat demi mengurangi limbah plastik yang dipicu pasta gigi konvensional

Antisipasi Banjir, Wali Kota Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan .jpg

Berita Kawasan

Antisipasi Banjir Kebon Jeruk, Pemkot Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan

23 October 2020, 14:37

Sebagai salah satu lokasi yang kerap terjadi banjir, Wali Kota Jakarta Barat gelar koordinasi dengan para pimpinan wilayah Jakarta Barat demi cegah genangan


Comments


Please Login to leave a comment.