Tips Mengingat  Detail Hal yang Dibaca Ala CEO Pahamify

Pendidikan

Tips Mengingat Detail Hal yang Dibaca Ala CEO Pahamify

Pernahkah Anda mendengarkan seseorang bercerita tentang buku yang dibaca? Tak hanya paham, orang tersebut menceritakan dengan detail, seperti nama, tanggal, tempat, dan hal penting lainnya dalam buku tersebut. Bagaimana cara dia mengingat hal-hal itu?

Mungkin, memahami secara garis besar isi suatu buku dapat dilakukan banyak orang. Namun, mengingat dengan detail isi buku tersebut bukanlah hal yang bisa dengan mudah dikuasai.

Berkaitan dengan hal ini, CEO Pahamify Syarif Rousyan Fikri membuat sebuah thread di akun Twitter miliknya, yaitu @inspirousyan, mengenai cara mengingat dengan detail suatu bacaan.

Tips Mengingat  Detail Hal yang Dibaca Ala CEO Pahamify

Pendiri platform belajar yang berbasis di Bogor ini menulis tips tersebut pada Senin (13/4/2020), setelah seseorang menanyakan kepadanya alasan beberapa orang mampu menceritakan apa yang telah dibacanya dengan detail. Berikut tips yang dibagikan Fikri.

1) Tahu Apa yang Ingin Diingat

Fikri mengungkapkan, jika tujuan membaca seseorang adalah mengingat dengan detail konten dalam bacaan, hal yang dilakukan tidak bisa sekadar menghafal. Justru, yang perlu dilakukan adalah paham bagian tertentu atau detail-detail yang ingin diingat. Artinya, sebelum membaca, seseorang harus mengetahui lebih dulu apa yang ingin diingatnya dari bacaan tersebut.

“Harus tahu apa yang kita mau cari!”, tulis Fikri.

Tips Mengingat  Detail Hal yang Dibaca Ala CEO Pahamify

2) Scanning Terlebih Dulu, Baru Skimming

Alumni Institut Teknologi Bandung itu menuturkan, scanning berarti mencari dengan fokus kata kunci yang ingin diingat, sementara skimming adalah membaca sekilas suatu bacaan demi mendapatkan gagasan utamanya.

Menurutnya, scanning dilakukan terlebih dulu agar otak bisa mengantisipasi informasi yang masuk. Ibaratnya, kata kunci dalam bacaan adalah air, sementara otak adalah ember untuk menampungnya. Apabila saat membaca seseorang menemukan hal atau kata kunci yang dicari, otak sudah siap menampung informasi tersebut. Jika tidak melakukan hal itu, bisa saja kata kunci yang ingin dipahami lewat begitu saja karena tidak diantisipasi otak.

Fikri memberi tips melihat daftar isi untuk mengetahui konsep yang ingin dipelajari. “Konsep apa yang mau kita pelajari? Bisa lihat daftar isi, supaya tau ini bakal bahas apa aja,” kata Fikri.

[Baca Juga: Dear Penulis, Gramedia Permudah Kirim Naskah dengan Cara Ini]

Bila yang dibaca adalah novel, Fikri menyarankan pembaca untuk mendapatkan dan memahami konsep 5W+1H dalam novel itu.

“Ini novel nyeritain kejadian apa sih? Kenapa gitu? Kapan settingnya dan di mana? Konfliknya apa? Siapa yang berkonflik? Gimana konfliknya terjadi dan beres?,” tegasnya.

3) Menjelaskan dengan Bahasa Sendiri

Setelah membaca, seseorang harus mampu menjelaskan apa yang dibacanya dengan bahasa sendiri. Fikri memberikan indikator apabila seseorang mampu menjelaskan substansi bacaan dengan bahasa sendiri:

  • Mampu membuat contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi bacaannya
  • Mampu membuat permisalan menggunakan pengalaman atau pengetahuan miliknya.
  • Mampu menjelaskan ulang satu paragraf dengan bahasa sendiri (parafrase), tetapi tidak perlu sama dengan bacaan.

[Baca Juga: Menulis Selama 6 Bulan, Siswi SMP di Jakarta Ini Hasilkan Novel Mitologi]

4) Mengulang Apa yang Telah Dijelaskan

Setelah mampu menjelaskan dengan bahasa sendiri apa yang Ia baca, seseorang perlu secara berulang menjelaskannya. Caranya:

  • Menceritakan apa yang telah dibaca kepada orang lain
  • Menulisnya di blog pribadi atau diary
  • Memikirkan dan merenungkan apa yang telah dibacanya
  • Membanding-bandingkan konsep yang dibaca dengan konsep lain yang diketahui
  • Mengkhayalkannya.

Itulah tips mengingat detail dari Fikri. Mengingat detail suatu bacaan pada intinya diraih melalui proses panjang, bukan menghafal semata.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.