Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah Kala Pandemi COVID-19.jpg

Properti dan Solusi

Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah Kala Pandemi COVID-19

Selama pandemi COVID-19, sampah makanan yang dihasilkan sektor bisnis pangan seperti restoran dan kafe mengalami penurunan drastis. Namun, sampah jenis ini justru meningkat secara tajam di sektor rumah tangga. Hal itu disampaikan oleh CEO dan Pendiri Garda Pangan Eva Bachtiar dalam diskusi daring Zig Zag yang ditayangkan di saluran Youtube Auriga Nusantara pada Rabu (3/6/2020).

Zig Zag adalah forum diskusi bulanan yang digagas oleh Auriga Nusantara, change.org, KPK, dan Tempo untuk mempromosikan upaya-upaya pelestarian lingkungan dan sumber daya alam dari perspektif perempuan

Eva menjelaskan, sampah makanan yang menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dapat menimbulkan dampak negatif, dari segi ekonomi, lingkungan, dan sosial. “Kalau kita membuang satu piring makanan, kita membuang uang seharga satu piring makanan itu. Di luar itu, kita juga membuang sumber daya yang dipakai untuk memproduksi makanan tersebut seperti lahan, air, tenaga kerja, dan fosil untuk transportasi,” tutur Eva.

“Kalau tertumpuk di TPA, sampah makanan menghasilkan gas metana. Gas metana 23 kali lebih berbahaya dari karbondioksida dan berkontribusi dalam global warming,” lanjut Eva.

Eva pun memberikan tips mengurangi sampah makanan di skala rumah tangga saat pandemi COVID-19.

Tips Belanja Aman & Cepat di Pasar Tradisional Kala Pandemi COVID-19

  1. Membuat Meal Preparation

Eva mengatakan, masyarakat tidak perlu belanja berlebihan kala pandemi COVID-19. Bila belanja dalam jumlah besar, kata dia, masyarakat cenderung menghasilkan sampah makanan yang lebih banyak dibandingkan belanja dalam jumlah sedikit namun sering.

Nah, persoalannya di pandemi ini orang-orang mengurangi frekuensi keluar rumah. Menurut saya, tidak apa-apa belanja untuk beberapa jangka waktu ke depan tapi tetap mindful buying. Jadi tetap direncanakan belanja apa saja dan taati (untuk membeli sesuai yang direncanakan) saat berbelanja,” tutur Eva.

Untuk mempermudah membuat rencana belanja, Eva menyarankan melakukan meal preparation. “Jadi kita menyiapkan menu apa saja yang dimakan selama satu minggu ke depan. Kita list bahan apa saja yang dimudahkan untuk memasak menu itu dan belanja sesuai itu saja,” lanjutnya.

4 Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Kulkas

2. Menata Makanan di Kulkas dengan Rapi

Penataan makanan di kulkas juga memengaruhi umur makanan. Apabila makanan disusun tidak rapi di dalam kulkas, makanan akan mudah rusak karena berjejalan. Di samping itu, orang-orang juga akan cenderung lupa dengan makanan yang ada di kulkas. Oleh karena itu, Eva menyarankan untuk menaruh makanan secara rapi di kulkas.

“Pisahkan juga letak sayur dan buah di dalam kulkas. Buah yang sudah matang akan mengeluarkan zat etilen, itu membuat sayuran di sekitarnya mudah busuk,” kata Eva. Kemudian, ia juga mengenalkan tips FIFO, yaitu First In First Out. Artinya, bahan makanan yang lebih dulu masuk ke kulkas, harus dipakai terlebih dahulu.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

[Baca Juga: 8 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas]

3. Mengolah Kembali Komponen yang Biasa Dibuang Saat Memasak

Batang sayuran, cangkang telur, dan ampas kopi biasanya langsung dibuang saat memasak di dapur. Namun, Eva mengatakan tiga komponen tersebut bisa diolah ulang untuk meminimalisir sampah dapur.

“Batang brokoli bisa digoreng untuk camilan. Kemudian, cangkang telur itu banyak mengandung kalsium, bisa dijemur lalu dihancurkan dan ditabur ke pot tanaman,” jelas Eva.

Sementara itu, Eva mengatakan ampas kopi dapat dimanfaatkan kembali sebagai lulur.

Resep gorengan nikmat di saat musim hujan Pisang Nugget

[Baca Juga: 6 Cara Memanfaatkan Cangkang Telur untuk Kecantikan (Bagian 1)]

4. Mengolah Ugly Food

Ugly food adalah makanan yang secara penampilan tidak menggugah selera, tetapi masih bernutrisi. “Orang-orang cenderung membuang makanan ini. Padahal ugly food bisa diolah tapi memang kita butuh kreativitas. Misalnya pisang yang sudah overripe bisa dibuat nugget pisang,” kata Eva.

5. Membagi Makanan ke Tetangga

Bila dirasa makanan yang telah dimasak terlalu banyak, Eva menyarankan untuk membagikannya ke tetangga di sekitar. “Kalau ada yang lebih nih, kita bisa mendonasikan makanan berlebih ini ke keluarga, tetangga, atau orang-orang di sekitar kita,”

6. Memberikan Sisa Makanan ke Hewan

Makanan yang tidak habis sebaiknya tidak langsung dibuang. Bila dimungkinkan, kata Eva, sisa makanan tersebut dapat diberikan kepada hewan di sekitar rumah.

Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos

7. Membuat Kompos

Apabila tidak bisa diberikan kepada hewan, sisa makanan dapat diolah menjadi kompos. “Metode kompos itu ada yang konvensional, menggunakan cacing, dan macam-macam. Bisa dipilih yang mana saja yang sesuai sama kita,”

[Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos]

Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19 2.jpg

8. Mengatur Porsi Makanan yang Dibeli Lewat Layanan Pesan Antar

Saat pandemi COVID-19, orang-orang juga memanfaatkan layanan pesan antar untuk mengurangi frekuensi keluar rumah. Dalam membeli makanan lewat layanan ini, Eva menyebutkan hal sederhana yang berkontribusi mengurangi sampah makanan.

Se-simple menulis pesan untuk minta porsinya setengah saja (kalau khawatir tidak habis),” kata Eva.

Masyarakat Bisa Berkebun Tanaman Ini di Rumah Selama Pandemi

9. Menanam Pangan Sendiri di Rumah

Menanam pangan secara mandiri akan menimbulkan efek psikologis yang berbeda terhadap makanan. “Kita akan lebih apresiatif dan respect sama makanan yang kita hasilkan. Jadi, kita akan hati-hati untuk nggak membuang makanan karena tahu sulitnya menghasilkan makanan,” pungkas Eva.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.