Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Berita Kawasan

Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Sampah makanan, seakan hal yang lumrah untuk disia-siakan. Kesadaran manusia akan bijak makanan masih belum matang. Hal ini dibuktikan dari contoh persentase tingkat sampah sisa makanan yang tinggi di Amerika Serikat. Melansir dari lama tanihub.com (28/10/2019), ada sekitar 30-40 persen pasokan pangan yang terbuang sia-sia setiap harinya. Masalah sampah ini tentunya tidak hanya terjadi di negara maju saja, melainkan terjadi di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia.

Melihat permasalahan ini tentunya banyak lembaga dan organisasi besar hingga pemerintah yang mengambil langkah solusi untuk membenarkan kultur sampah sisa makanan yang sudah ada. Berbagai macam usaha yang dilakukan tentu memberikan hasil yang baik tapi belum sempurna. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mengurangi sampah sisa makanan adalah memulainya dari diri sendiri. Menilik dari beberapa sumber, berikut ini PingPoint.co.id telah merangkum beberapa tips praktis mengurangi sampah sisa makanan.

Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Ketahui Tanggal dan Proses Kadaluwarsa

Masih banyak yang salah paham dengan tanggal kadaluwarsa makanan. Mungkin tak jarang di antara Anda langsung membuang makanan yang sudah mendekati tanggal kadaluwarsa. Karena dianggap sudah memasuki tanggal kadaluwarsa, kita sering langsung membuang makanan karena dianggap sudah tidak layak makan. Padahal makanan yang terbuang tersebut sebenarnya masih sangat layak untuk dikonsumsi.

Salah satu cara agar Anda bisa mengurangi sampah sisa makanan adalah dengan memahami proses kadaluwarsa. Menurut hallosehat.com, tanggal kadaluwarsa ada beberapa macam istilah. Salah satu yang bisa dijadikan contoh mudah adalah istilah expire dan best before. Expire biasanya digunakan pada makanan jenis khusus seperti makanan kaleng atau kemasan lainnya. Jika sudah memasuki tanggal expire maka makanan tersebut dianggap sudah tidak layak makan.

[Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos]

Berbeda dengan istilah best before adalah makanan masih bisa dikonsumsi meskipun sudah melewati tanggal yang tercantum. Jadi usahakan untuk memperhatikan terlebih dahulu, makanan mana patut untuk dibuang dan tidak. Tips paling mudah membedakan makanan best before adalah dengan cara mencium aroma, cek tekstur , warna serta rasa makanan.

Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Beli Bahan Makanan Seperlunya dan Simpan dengan Baik

Sering kali bahan makanan atau pangan terbuang sia-sia karena tidak terpakai atau bahkan terlupakan. Hal ini biasanya dikarenakan terlalu banyak membeli bahan makanan sehingga pangan tersebut tidak sempat habis sebelum tanggal kadaluwarsa. Salah satu cara untuk menghindari sampah sisa makanan adalah membeli bahan pangan seperlunya saja. Jika hal tersebut kurang efektif, cara alternatif lainnya adalah fermentasi bahan pangan sayuran, daging dan produk peternakan lainnya dengan cara dibekukan. Cara ini akan menjaga kualitas makanan Anda dengan cukup efektif. Untuk bahan makanan jenis lainnya, usahakan untuk menyimpannya dengan baik atau menyimpan makanan sesuai dengan ketentuan yang ada di deskripsi produk.

[Baca Juga: Komunitas Peduli Cilwung, Edukasi & Ajak Anda Bersihkan Sampah]

Mengurangi masalah sampah sisa makanan dapat Anda mulai dari diri sendiri. Jika masalah sampah sisa makanan terminimalisir, makan volume sampah yang Anda hasilkan pun akan berkurang.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.