Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Berita Kawasan

Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Sampah makanan, seakan hal yang lumrah untuk disia-siakan. Kesadaran manusia akan bijak makanan masih belum matang. Hal ini dibuktikan dari contoh persentase tingkat sampah sisa makanan yang tinggi di Amerika Serikat. Melansir dari lama tanihub.com (28/10/2019), ada sekitar 30-40 persen pasokan pangan yang terbuang sia-sia setiap harinya. Masalah sampah ini tentunya tidak hanya terjadi di negara maju saja, melainkan terjadi di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia.

Melihat permasalahan ini tentunya banyak lembaga dan organisasi besar hingga pemerintah yang mengambil langkah solusi untuk membenarkan kultur sampah sisa makanan yang sudah ada. Berbagai macam usaha yang dilakukan tentu memberikan hasil yang baik tapi belum sempurna. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mengurangi sampah sisa makanan adalah memulainya dari diri sendiri. Menilik dari beberapa sumber, berikut ini PingPoint.co.id telah merangkum beberapa tips praktis mengurangi sampah sisa makanan.

Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Ketahui Tanggal dan Proses Kadaluwarsa

Masih banyak yang salah paham dengan tanggal kadaluwarsa makanan. Mungkin tak jarang di antara Anda langsung membuang makanan yang sudah mendekati tanggal kadaluwarsa. Karena dianggap sudah memasuki tanggal kadaluwarsa, kita sering langsung membuang makanan karena dianggap sudah tidak layak makan. Padahal makanan yang terbuang tersebut sebenarnya masih sangat layak untuk dikonsumsi.

Salah satu cara agar Anda bisa mengurangi sampah sisa makanan adalah dengan memahami proses kadaluwarsa. Menurut hallosehat.com, tanggal kadaluwarsa ada beberapa macam istilah. Salah satu yang bisa dijadikan contoh mudah adalah istilah expire dan best before. Expire biasanya digunakan pada makanan jenis khusus seperti makanan kaleng atau kemasan lainnya. Jika sudah memasuki tanggal expire maka makanan tersebut dianggap sudah tidak layak makan.

[Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos]

Berbeda dengan istilah best before adalah makanan masih bisa dikonsumsi meskipun sudah melewati tanggal yang tercantum. Jadi usahakan untuk memperhatikan terlebih dahulu, makanan mana patut untuk dibuang dan tidak. Tips paling mudah membedakan makanan best before adalah dengan cara mencium aroma, cek tekstur , warna serta rasa makanan.

Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan Demi Kelestarian Lingkungan

Beli Bahan Makanan Seperlunya dan Simpan dengan Baik

Sering kali bahan makanan atau pangan terbuang sia-sia karena tidak terpakai atau bahkan terlupakan. Hal ini biasanya dikarenakan terlalu banyak membeli bahan makanan sehingga pangan tersebut tidak sempat habis sebelum tanggal kadaluwarsa. Salah satu cara untuk menghindari sampah sisa makanan adalah membeli bahan pangan seperlunya saja. Jika hal tersebut kurang efektif, cara alternatif lainnya adalah fermentasi bahan pangan sayuran, daging dan produk peternakan lainnya dengan cara dibekukan. Cara ini akan menjaga kualitas makanan Anda dengan cukup efektif. Untuk bahan makanan jenis lainnya, usahakan untuk menyimpannya dengan baik atau menyimpan makanan sesuai dengan ketentuan yang ada di deskripsi produk.

[Baca Juga: Komunitas Peduli Cilwung, Edukasi & Ajak Anda Bersihkan Sampah]

Mengurangi masalah sampah sisa makanan dapat Anda mulai dari diri sendiri. Jika masalah sampah sisa makanan terminimalisir, makan volume sampah yang Anda hasilkan pun akan berkurang.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.