Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Kala Rutinitas Padat

Kesehatan

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Kala Rutinitas Padat

Memulai awal tahun dengan rencana baru atau pun resolusi baru itu hal yang baik dilakukan, namun semua itu tentunya sulit untuk terealisasi jika tubuh kita tidak fit. Selain karena kondisi alam yang sulit untuk di tebak (Pancaroba), saat ini tidak sedikit orang yang terserang penyakit akibat virus. Contoh, setelah musibah banjir Jakarta yang lalu banyak orang yang terserang penyakit diare. Tidak hanya itu, masalah hepatitis A dan virus Coronavirus yang baru-baru ini menjadi trending topic juga menjadi permasalahan yang cukup serius. Demikian, kali ini PingPoint ini sedikit berbagi tips kepada Anda tentang cara menjaga tubuh agar tetap sehat di kala rutinitas padat.

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Sayuran Hijau

1) Mengkonsumsi Sayuran Hijau

sayuran hijau yang berdaun sangat kaya akan vitamin yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan diet dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, sayuran hijau juga memberikan tambahan protein dan membantu menyehatkan saluran pencernaan. Menurut familydoctor.org, sayuran hijau juga membantu melawan infeksi pada tubuh. Adapun sayuran hijau yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain, brokoli, kale, bayam, timun, selada, seledri, asparagus, kacang hijau dan pok choy.

BEKASI_KESEHATAN_LIMA LOKASI DI BEKASI YANG BISA DIJADIKAN ARENA OLAHRAGA_KIKI_REVISI 01-01.jpg

2) Rutin Olahraga

Olahraga jadi salah satu kegiatan yang patut untuk dilakukan agar kondisi tubuh tetap bugar. Secara tidak langsung, tetap aktif berolahraga dapat membantu Anda untuk memiliki kondisi fisik yang kuat, metabolisme jantung yang terawat serta meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun manfaat lainnya dari olahraga adalah tubuh Anda dapat lebih mudah terhindar dari stres dan mempercepat saluran peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Sambal yang Membandel di Tangan

3) Menjaga Kebersihan

Salah satu cara menjaga kesehatan yang baik adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Jika Anda sudah menjaga kebersihan tubuh namun tetap tinggal di lingkungan yang kotor, maka serangan penyakit pun tidak bisa dihindari. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menjaga kebersihan yang baik.

  • Mambersihkan badan setiap hari. Setidaknya mandi 2 kali sehari.
  • Selalu cuci tangan sebelum melakukan apapun, baik sebelum makan atau pun sebelum melakukan aktivitas lainnya. Usahakan untuk mencuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok bagian kuku jari bawah dan sela-sela jari.
  • Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk dan bersin
  • Selalu bersihkan ruangan tidur dan biarkan ruangan terkena sirkulasi udara setiap paginya agar ruangan terhindar dari lembab.

Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan kamar mandi. Hindari menjemur pakaian di kamar mandi karena dapat mengeluarkan hawa lembab yang dapat menimbulkan jamur. Selain itu, rutin mengganti sikat gigi Anda, khususnya setelah Anda sakit.

5 Manfaat Kesehatan Melepas Bra Saat Tidur

4) Istirahat yang Cukup

Memiliki tidur yang berkualitas memang tidak selalu bisa didapatkan dengan mudah. Adapun kendala yang ada biasanya dikarenakan rutinitas yang terlalu padat hingga jadwal tidur yang sudah tidak sesuai. Selain itu, ruang tidur yang tidak nyaman juga menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu waktu istirahat Anda. Dengan demikian, usahakan untuk mengatur pola tidur Anda dengan lebih baik dan sediakan ruang yang nyaman untuk Anda beristirahat. Misalnya, gunakan aroma therapy dan lagu ambience untuk meningkatkan kenyamanan tidur Anda.

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Dengan empat langkah di atas, semoga Anda bisa terus menjaga kesehatan di tengah kesibukan dan gempuran cuaca yang membuat banyak penyakit menular bermunculan. Selamat mencoba, Pointers!

[Baca Juga: Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner]

Read More

Artikel Lainnya

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19_2

Kuliner

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19

06 July 2020, 18:00

Siapa yang menyangka jika laju bisnis cemilan dapat berkembang pesat di masa pandemi COVID-19.

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.

Begini-Cara-Warga-Rawa-Badak-Selatan-Kampanye-Pencegahan-Covid-19-Melalui-Seni-Mural-2.jpg

Berita Kawasan

Uniknya Kampanye Pencegahan COVID-19 Melalui Seni Mural di Rawa Badak Selatan

06 July 2020, 12:00

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.