5 Bisnis Rumahan yang Tak Perlu Modal Besar

Bisnis

Tips Menjalankan Usaha Sampingan di Rumah (1)

Banyak orang yang ingin punya usaha tapi terkendala modal dan tempat. Ada pula pegawai yang ingin menjanlankan bisnis, tapi takut putus di tengah jalan karena terlalu disibukkan dengan pekerjaan kantornya. Dalam kondisi inilah, usaha sampingan di rumah patut Anda coba. Sebab dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa punya usaha. Sementara bagi pegawai atau wiraswasta, bisnis sampingan yang dijalankan di rumah ini tentu tidak akan mengganggu pekerjaan kantor.

Metode bisnis seperti ini juga akan makin memiliki prospek jika rumah berlokasi di kawasan strategis dan nyaman seperti kawasan Pondok Indah. Maka itu, tunggu apa lagi? Jika memang tinggal di sana dan memiliki niat untuk memulai usaha, segera direalisasikan. Sementara sebagai bekal Anda dalam melakukan hal tersebut, berikut telah kami rangkum beberapa hal yang Anda butuhkan sebagai pengusaha rumahan. Rangkuman tersebut kami jabarkan dalam tips menjalankan usaha sampingan di rumah berikut ini.

  • Minta Dukungan Keluarga

Meski dibilang sampingan dan dimulai dari skala kecil, tapi tetap saja Anda butuh dukungan untuk bisa menjalani bisnis. Minimal, Anda mendapat dukungan keluarga serta mendapat izin dari mereka untuk menggunakan rumah sebagai tempat usaha. Di sisi lain, dukungan keluarga juga memang dibutuhkan bagi siapapun yang akan merintis binsis. Ini karena keluarga merupakan orang terdekat yang tentunya siap memberi dukungan dari segi moril maupun materi.

  • Belajar Administrasi

Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, namun Anda juga perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana atau dasarnya saja. Ini merupakan langkah penting, sebab Anda harus selalu melakukan pencatatan administrasi dengan tertib jika ingin usaha maju dan berkembang. Jangan pedulikan nilainya yang terbilang kecil, tapi anggap sebagai pembelajaran dan persiapan untuk mengelola bisnis yang lebih besar. Selain itu, mempelajari administrasi juga penting agar Anda tidak mencampurkan keuangan dan perlengkapan bisnis dengan milik pribadi.

  • Optimis dan Lupakan Kegagalan

Hanya ada dua pilihan dalam bisnis, yakni sukses atau gagal. Perlu diketahui, seorang pebisnis andal tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih menjadi pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka bisa dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan. Sebab itu, pupuklah mental bisnis ini mulai dari sekarang, atau berbarengan dengan proses jalannya usaha. Sehingga seiring berkembangnya bisnis dan makin besarnya rintangan yang dihadapi, Anda pun akan semakin kuat dan siap untuk menghadapinya.

  • Tentukan Visi & Misi

Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis, walaupun bisnis hanya skala kecil atau usaha rumahan. Sehingga saat bisnis berjalan dan berkembang, akan ada tujuan jelas yang ingin dicapai. Bisnis pun tidak asal ada dan kemudian jalan ditempat. Visi dan misi ini juga akan memudahkan Anda dalam mencapai tujuan tersebut.

  • Hitung Kebutuhan Modal

Modal merupakan salah satu kebutuhan paling utama dalam menjalankan sebuah usaha, termasuk usaha sampingan di rumah ini. Maka itu, hitung secara rinci dan teliti terkait mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis. Hal-hal yang dimaksud bisa seperti ruangan (garasi, dapur, gudang, dll), halaman, hingga perabot rumah (peralatan masak, meja, kursi, dll) yang sudah ada dan tidak begitu dimanfaatkan oleh penghuni lainnya.

Selanjutnya

Read More

Artikel Lainnya

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.


Comments


Please Login to leave a comment.