PONDOK INDAH_BISNIS_TIPS MENJALANKAN USAHA SAMPINGAN DI RUMAH (2)_IVAN_1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Tips Menjalankan Usaha Sampingan di Rumah (2)

  • Pilih Bidang Usaha yang Dikuasai atau Sesuai Passion

Tips menjalankan usaha sampingan di rumah selanjutnya adalah pilih bidang bisnis yang dikuasai. Ini merupakan keharusan karena sebuah bidang usaha butuh spesialisasi atau keahlian khusus. Maka jika Anda tidak ahli pada suatu bidang tapi ingin berbisnis di bidang tersebut, tentu usaha akan sulit berkembang. Modal pun jadi lebih besar karena Anda harus membayar tenaga profesional atau ahli di bisnis yang dijalani itu.

Selain yang dikuasai, baiknya Anda juga menjalani bisnis yang sesuai passion. Ini akan memudahkan Anda dalam menjalani usaha. Sebab jika dilandasi dengan passion, segala hal yang dilakukan akan lebih penuh semangat dan terasa lebih ringan. Sementara saat bisnis dijalankan dengan penuh semangat, bisnis akan cepat meraih kesuksesan. Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa melakukan sesuai hal yang disukai secara terus-menerus, dan mendapatkan keuntungan materi dari hal itu, bukan?

  • Segera Eksekusi

Rencana bisnis sudah matang, bahkan modal pun sudah siap. Tapi, eksekusi tak kunjung dilakukan hingga akhirnya semangat menghilang dan modal pun habis secara perlahan. Inilah yang kebanyakan dialami oleh pengusaha pemula. Maka agar tidak demikian, segeralah jalankan usaha jika memang semuanya sudah disiapkan dengan matang.

Pilih waktu yang tepat untuk memulai dengan tetap mempertimbangkan segala kemungkinan dan risikonya. Ini perlu dilakukan karena pemilihan waktu yang tepat dalam melakukan usaha akan berpengaruh pada banyak hal. Perhitungan yang cermat terkait hal ini juga dapat membantu pengusaha dalam meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Sebagai contoh, saat mendekati bulan Ramadan, ini merupakan waktu yang paling tepat untuk memulai bisnis busana muslim atau kue lebaran. Momentum ini akan membantu Anda dari segi pemasaran sehingga bisa turut mendongkrak brand awareness produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Tentukan Keunikan atau Diferensiasi Produk

Saat ini, persaingan di dunia bisnis terbilang sangat ketat. Maka agar bisa masuk dan bersaing, Anda butuh sesuatu yang beda, tapi tetap dibutuhkan pasar. Di sinilah keunikan atau diferensiasi produk dibutuhkan. Anda harus memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Atau, hadirkan produk yang benar-benar baru sehingga bisnis Anda mampu meahirkan terobosan dan mendobrak pasar. Ini sangat mungkin di lakukan meski bisnis yang dijalankan hanya skala rumahan. Soalnya, ide bisnis bisa lahir dari mana saja. Hal ini pun tentunya akan membuat brand Anda lebih mudah diingat para konsumen.

  • Lakukan Promosi dengan Perhitungan Cermat

Promosi adalah salah satu hal yang wajib dilakukan pada sebuah usaha. Sebab hanya dengan promosi, produk atau jasa yang ditawarkan bisa dikenal pasar atau calon pelanggan. Sehingga semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang Anda tawarkan.

Tapi sebagai catatan, mengingat ini adalah usaha sampingan di rumah atau bisnis rintisan yang dimulai dari skala kecil, Anda tentu tidak bisa mengeluarkan anggaran terlalu besar untuk biaya promosi. Maka dalam hal ini, Anda harus melakukan promosi dengan perhitungan cermat, baik dalam hal waktu, biaya, hingga target promosinya haruslah tepat. Sebagai referensi dan saran, Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial sebagai sarana promosi. Ini merupakan langkah yang paling tepat di zaman serba canggih seperti sekarang. Lebih spesifik lagi, Anda bisa mencoba mempromosikan produk melalui Facebook Ads atau Google Adwords. Soalnya, di kedua platform tersebut Anda bisa menentukan target pasar sesuai keinginan.

Sebelumnya

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.