Tips Memilih dan Merawat Bunga Sedap Malam Saat Lebaran

Properti dan Solusi

Tips Merawat Bunga Sedap Malam Saat Lebaran

Setelah berpuasa selama satu bulan, seluruh umat Muslim merayakan hari kemenangan di Hari Raya Idulfitri. Biasanya, ruang tamu dan ruang makan dipersiapkan menjelang hari Lebaran. Mulai dari mengganti warna cat dinding ruangan, taplak meja, menyusun toples kue di ruang tamu, hingga menghias ruangan dengan bunga-bunga cantik.

Berbicara mengenai bunga, di hari Lebaran biasanya bunga sedap malam adalah bunga yang sering dijumpai di rumah-rumah yang merayakan Lebaran. Mengapa banyak orang sangat menyukai bunga sedap malam sebagai penghias di hari Lebaran?

Berbagai sumber menuliskan, jenis bunga sedap malam memang paling dicari saat Lebaran. Hal itu dikarenakan tampilan bunganya yang cantik, dan aroma alami dari jenis bunga ini mampu membuat ruangan menjadi wangi. Selain bentuk dan wangi khas dari bunga sedap malam, bunga ini juga dipercaya mewakili dan menebarkan kebahagiaan kepada sesama, serta mampu menjadi saksi untuk mendengarkan doa-doa baik dan menebarkannya.

[Baca Juga: 5 Dekorasi Ruangan Nuansa Lebaran Ala Informa]

Bunga sedap malam sebenarnya juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis bunga lainnya. Jadi, jika Anda ingin hiasan bunga yang menghias rumah saat Lebaran lebih berwarna, Anda bisa mengombinasikannya dengan berbagai jenis bunga lain, seperti bunga anyelir, krisan, dahlia dan lain-lain.

Namun, bagi Anda yang ingin bunga sedap malam bertahan lebih lama sebagai penghias ruangan menjelang hingga pascaLebaran, berikut tips yang bisa Anda praktikkan dalam memilih dan merawat bunga sedap malam agar tahan lebih lama seperti yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Kenali Manfaat Sehat dari Aroma dan Bunga Sedap Malam]

  • Pilih tangkai dengan bunga yang sudah mekar, namun beberapa bagian bunganya masih ada yang kuncup. Atau pilih jenis bunga potong yang kuntum bunganya sudah menampilkan warna khas bunga sedap malam yaitu warna merah jambu.
  • Mintalah kepada penjual untuk memotong bawah tangkai secara diagonal sehingga siap dibawa ke rumah dengan dibungkus bahan cone kertas agar terlindungi dan bunganya tidak mudah rontok.
  • Sebelum memasukkan ke dalam vas yang sudah di isi air, pastikan bagian batang bunga sudah bersih. Bersihkan juga jika ada lendir yang menempel di bagian daun bunga. Jika sudah dipastikan bersih, Anda bisa memasukkannya ke dalam vas bunga berisi air, namun jangan sampai airnya menyentuh bagian daun bunga sedap malam
  • Jangan lupa mengganti air dalam vas setiap hari secara rutin dan periksa kondisi batang bunga. Jika ditemukan ada yang membusuk, segera potong agar tidak merambat ke bagian lainnya.

Itulah beberapa tips memilih dan merawat bunga sedap malam yang bisa Anda praktikkan untuk menjadi penghias ruangan di hari Lebaran. Jika bisa memilih dan merawat bunga sedap malam dengan benar, maka jenis bunga ini bisa bertahan selama sekitar satu minggu.

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.