Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Tak hanya sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, kaktus dapat menjadi tanaman hias di dalam rumah. Kaktus hias kebanyakan memiliki ukuran kecil dan imut dan disertai dengan pot berukuran mini. Jenis dan varietas kaktus hias pun beragam dan dapat disesuaikan dengan selera maupun gaya ruangan. Keberadaan kaktus hias juga memiliki beberapa manfaat, mulai dari menambah estetika ruangan hingga membuat udara di dalam rumah menjadi lebih sehat.

[Baca Juga: 7 Trik Dekorasi Rumah Menggunakan Kaktus]

Tentu saja ada perbedaan cara merawat kaktus hias di dalam ruangan dengan tanaman kaktus yang berada di pekarangan. Menurut pengamatan PingPoint.co.id, ada beberapa cara merawat kaktus hias di dalam rumah yang dapat Anda terapkan.

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Pastikan Ada Cahaya Cukup

Jika cara merawat kaktus luar ruangan adalah dengan paparan sinar matahari langsung sepanjang hari, lain halnya dengan kaktus dalam ruangan. Bawa kaktus keluar untuk mendapatkan sinar matahari yang tidak langsung mengenainya. Jika diletakkan di bawah sinar matahari langsung, maka kaktus hias akan terbakar. Karena kaktus hias telah terbiasa dengan habitat dalam ruangan, yang membuat jaringannya menjadi tidak kokoh. Langkah lainnya ialah meletakkan kaktus hias di dekat jendela yang di atasnya, paling tidak selama empat jam per hari. Pastikan juga kaktus mendapatkan cahaya tambahan dari lampu rumah, apalagi jika berada di rumah yang tidak terlalu banyak memiliki jendela.

CIBUBUR-PROPERTI-5 JENIS KAKTUS DAN SUKULEN UNTUK DEKORASI RUMAH-ALBUM-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Jangan Terlalu Sering Menyiram Kaktus

Kaktus menyimpan persediaan air dalam batangnya. Bukan berarti harus diberi air secara terus menerus. Pemberian air yang terlalu banyak malah memperpendek usia kaktus hias. Akar kaktus memiliki sistem yang sederhana dan berjumlah sedikit, sehingga tidak bisa menyerap kelembapan yang berlebih. Cukup dengan menyiram kaktus hias dengan periode dua hingga tiga minggu sekali menggunakan penyiram tanaman dengan campuran air hangat.

Letakkan Kaktus Hias di Ruangan Reduh

Habitat asli kaktus adalah di lingkungan kering. Jika kaktus hias tinggal di ruangan tertutup yang lembap, maka tidak bisa berkembang dengan baik. Solusinya, letakkan kaktus di tempat yang sejuk, teduh, dan tidak lembap. Anda dapat menaruhnya di teras atau pada rak dekat jendela rumah.

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Gunakan Media Tanam yang Tepat

Cara merawat kaktus selanjutnya ialah dengan menggunakan media tanam yang tepat. Awali cara merawat kaktus hias ini dengan memasukkan beberapa kerikil sebagai dasar dalam pot kaktus guna sistem drainase yang baik. Kemudian masukkan media tanam dengan komposisi tanah, pasir kasar, pasir kasar, dan serbuk arang. Serbuk arang memiliki struktur media yang berongga dan terbuka sehingga dapat membantu kaktus mempertahankan kesehatannya. Selain itu, boleh tambahkan sedikit tepung tulang dan serbuk kapur saat, karena zat fosfor yang yang ada di dalamnya berkhasiat untuk memperkuat fisik kaktus, sekaligus mengurangi kadar asam dalam media tanam.

Rutin Diberi Pupuk

Kaktus tidak rakus pupuk, sehingga tidak perlu biaya banyak untuk membeli pupuk. Proses pemberian pupuk cuup dilakukan satu tahun sekali. Idealnya ketika memasuki musim hujan. Pilihlah pupuk yang sesuai, seperti pupuk kompos.

[Baca Juga: 5 Jenis Kaktus dan Sukulen untuk Dekorasi Rumah]

Jika sejumlah cara merawat kaktus tersebut dijalankan secara rutin, maka kaktus dapat hidup lebih sehat dan segar. Agar terlihat semakin menarik, Anda dapat menambahkan juga sukulen atau tanaman sejenis bagi kaktus hias.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.