Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat

Kecantikan dan Fashion

Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat

Rambut adalah mahkota kepala. Dari model gaya rambut akan berdampak pada penampilan. Banyak orang yang mengubah model serta warna rambut agar membuat penampilan lebih terlihat menarik. Tak sedikit orang rela mengeluarkan biaya mahal untuk rambut. Mewarnai rambut selain untuk fashion, banyak juga yang melakukannya untuk menutupi rambut putih atau beruban.

Merawat rambut berwarna memang tidak mudah. Selain warna cepat luntur, rambut juga jadi kering dan pecah-pecah. Untuk itu ada cara dalam merawat rambut berwarna agar rambut tetap sehat dan berkilau. Dalam ulasan kali ini PingPoint.co.di akan memberikan tips untuk perawatan rambut berwarna Anda yang dilansir dari hellosehat.com (11/11/2019).

[Baca Juga: 4 Produk Perawatan Rambut untuk Rambut Diwarnai]

  • Lakukan Perawatan Rambut Secara Rutin

Anda perlu melakukan perawatan ke salon setiap enam minggu sekali untuk retouch akar rambut supaya rambut Anda tetap sehat sekaligus agar warnanya tetap konsisten. Selain itu, Ini juga bisa merawat warna rambut agar tetap bersinar alami.

  • Gunakan Tabir Surya (Heat Protection Hair)

Tak hanya kulit saja yang perlu dilindungi dari sinar matahari. Bila Anda ingin warna rambut awet dan tetap bersinar, lindungi dengan krim pelindung khusus rambut. Produk tabir surya yang berbahan dasar air lebih baik untuk digunakan pada rambut yang diwarnai daripada produk yang mengandung minyak.

  • Gunakan Sampo Khusus

Selain tepat untuk jenis kulit kepala Anda, pilih sampo yang sengaja diracik untuk rambut yang dicat. Sampo yang lembut memungkinkan Anda untuk mencuci rambut setiap hari, sehingga rambut Anda akan tetap sehat, bersih, dan bersinar.

  • Gunakan Kondisioner

Tekstur rambut yang diwarnai cenderung lebih kering daripada rambut alami, jadi pastikan Anda menggunakan rangkaian produk perawatan yang ditargetkan untuk melembapkan rambut. Usapkan kondisioner pada rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian bungkus dengan handuk selama kurang lebih 30 menit agar dapat lebih terserap. Selanjutnya bilas bersih rambut, maka kondisi rambut pun akan terlihat lebih bersinar. Atau setiap Anda keramas, gunakanlah konditioner agar rambut mudah diatur.

Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat

  • Gunakan Produk Pelembap Rambut

Dengan mengoleskan produk pelembap rambut, dapat membantu meratakan warna yang baru dicat, usapkanlah pada rambut mulai dari akar hingga ujungnya. Perawatan ini untuk melindungi rambut dari luar.

  • Jangan Terlalu Sering Mengganti Warna Rambut

Setiap kali Anda mengubah warna rambut, semakin banyak pula bahan kimia masuk agar dapat menciptakan efek warna yang diharapkan. Hal tersebut tentunya dapat membuat kondisi kesehatan rambut menjadi semakin tidak sehat akibat kontaminasi bahan kimia secara terus menerus. Sebaiknya cat rambut secara berkala agar warna tetap menyala dan konsisten.

  • Bilas Rambut Sampai Bersih

Pastikan jika Anda keramas, Anda membilasnya dengan bersih. Terlebih lagi jika Anda habis berenang, cairan garam atau kaporit akan mudah merusak warna cat rambut Anda dan bisa membuat rambut Anda menjadi rusak serta kering.

  • Jangan Terlalu Sering Memainkan dan Memegang Rambut

Rambut indah berkilau sangat menggoda untuk terus disentuh, tapi menyentuh rambut terlalu sering juga bisa merusak rambut. Selain bisa membuat rambut jadi kotor, jari-jari Anda juga dapat merusak kutikula atau bahkan melukai kulit kepala.

  • Kurangi Pemakaian Hair Dryer

Setelah mencuci rambut, biasakan untuk mengeringkan rambut secara alami. Bila Anda terlalu sering menggunakan pengering rambut atau catokan, rambut bisa menjadi lebih berpori. Paparan panas hair dryer akan membuat warna rambut lebih mudah luntur dan tidak dapat bertahan lama.

[Baca Juga: Bosan Rambut Panjang? Ini 7 Inspirasi Gaya Rambut Pendek]

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk Anda yang mewarnai rambut. Pastikan Anda menggunakan cat rambut yang aman untuk Anda pakai, tes terlebih dahulu sebelum digunakan apakah tidak menimbulkan efek alergi bagi kulit Anda. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.