Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau

Properti dan Solusi

Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau

Layaknya manusia dan hewan, tanaman juga akan merasakan dampak musim kemarau yang saat ini telah membayangi wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dengan tidak turunnya hujan dalam jangka waktu yang panjang maka tanaman di taman Anda dapat mudah layu akibat kekurangan air tanah atau tanah yang terlalu kering. Demi mencegah hal ini terjadi pada taman di rumah Anda, terdapat beberapa langkah yang bisa diambil.

Namun sebelum ke tipsnya, sebenarnya ada baiknya bila Anda memilih tanaman yang tahan di segala musim untuk menghias taman di rumah. Anda bisa memilih bunga kertas atau bougenville, lidah buaya, atau jika Anda menyukai pohon besar, bisa memilih cemara atau palem. Tapi jika Anda sudah memilliki tanaman favorit dan rentan layu di kala musim kemarau, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan yang dilansir dari monitor.co.ug (20/8/2019).

Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau

  • Lubang yang Dalam

Hal ini sebenarnya bisa dilakukan sebelum Anda mulai menanam di taman. Usahakan untuk menggali tanah di taman rumah Anda yang cukup dalam, kemudian mulai tanam bibit tanaman yang diinginkan. Pasalnya, semakin dalam lubang di tanah maka semakin lama juga akar dari tanaman akan merasakan teriknya panas di musim kemarau. Hal ini akan semakin baik dengan penyiraman air yang rutin agar tanah lebih baik menahan air yang masuk dan mencegah kekeringan terhadap akar.

[Baca Juga: Mendekorasi Taman Samping Rumah Anda Agar Indah]

  • Menambah Pupuk Kompos

Memberikan pupuk kompos dalam jumlah yang tepat sebelum menanam bunga atau pohon di taman rumah Anda dapat membantu tanaman di sana lebih memiliki daya tahan tinggi di musim kemarau. Fungsi pupuk kompos di sini selain untuk memberikan unsur hara di tanah adalah untuk membantu mempertahankan kelembapan untuk jangka yang yang lama. Ini membantu tanah tetap lembab dan tidak cepat kering di musim kemarau.

  • Manfaatkan Mulsa Organik

Berdasarkan laman resmi Litbang Kementerian Pertanian, mulsa merupakan material yang digunakan sebagai penutup tanaman demi menjaga kelembapan tanah dan menekan pertumbuhan gulma serta penyakit. Terdapat dua jenis mulsa, yakni organik dan anorganik. Untuk tanaman di taman Anda ketika musim kemarau, ada baiknya menggunakan mulsa organik.

Anda bisa membuatnya dengan menggunakan serbuk gergaji kayu, serpihan kayu, jerami, alang-alang, atau tanaman yang sudah mati. Gunakan mulsa organik ini untuk menutupi tanah di bawah tanaman Anda. Mulsa ini baik untuk mencegah air menguap di musim kemarau dan membantu menjaga kelembapan tanah untuk waktu yang lama.

[Baca Juga: 5 Jenis Kaktus dan Sukulen untuk Dekorasi Rumah]

  • Gunakan Paranet

Untuk melindungi tanaman dari intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi, biasanya dibutuhkan naungan atau peneduh. Anda bisa menggunakan paranet atau jaring yang dipasang di atas tanaman Anda, khususnya di musim kemarau. Paranet yang biasanya terbuat dari nilon ini sangat membantu juga untuk tanaman seperti bunga mawar atau anggrek yang tidak dapat tumbuh subur jika intensitas cahaya mataharinya terlalu tinggi.

Itulah tips dalam merawat tanaman di rumah Anda tetap subur di musim kemarau. Elemen yang penting dalam proses perawatan ini juga adalah pemilihan waktu penyiraman. Ada baiknya Anda menyiramnya pada pagi dan sore hari dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak tapi cenderung rutin.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.