Tips Merawat Tas Kulit Supaya Awet

Kecantikan dan Fashion

Tips Merawat Tas Kulit Supaya Awet

Ketahanan sebuah tas memang sangat tergantung pada jenis material yang digunakan. Namun, bagaimana cara Anda memperlakukan dan merawat tas tersebut, juga dapat memengaruhi usia tas tersebut. Terutama tas kulit yang rentan rusak dan berubah warna.

Ada beberapa cara supaya tas kulit kesayangan Anda bisa tahan lama dan warnanya terjaga dengan baik. Kerap kali kebiasaan Anda yang salah menyimpan dapat mengurangi kualitas tas kulit tersebut seiring dengan berjalannya waktu.

Tips Merawat Tas Kulit Supaya Awet

Melansir dari beberapa laman, berikut ada beberapa tips merawat tas kulit supaya tas atau dompet kesayangan Anda dapat memiliki kondisi prima, di antaranya:

  • Simpan Tas dalam Dust Bag

Ketika Anda membeli tas baru, biasanya Anda akan mendapatkan dust bag, yaitu sebuah kantong pembungkus tas yang berfungsi untuk melindungi tas dari debu dan kotoran lain saat disimpan. Biasanya dust bag disertakan pada tas yang terbuat dari bahan kulit. Jadi, jangan buang dust bag ini, karena Anda memerlukannya untuk membungkus tas kulit. Ingat, jangan terlalu lama menyimpan tas di dalam dust bag. Anda tetap perlu mengeluarkan tas Anda untuk mendapatkan udara agar tidak terlalu lembap sehingga berjamur. Paling tidak dua minggu sekali kamu perlu mengeluarkan tas Anda dari dust bag.

[Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Reparasi Tas dan Sepatu di Jakarta Pusat]

  • Isi Tas dengan Bubble Wrap

Tas kulit yang jarang dipakai mudah berubah bentuknya, apalagi tas kulit yang berukuran besar. Jika Anda meletakkannya di lemari dan tertindih oleh tas atau barang lain, maka bisa timbul lipatan atau bentuknya sudah tidak lagi seperti ketika Anda pertama membelinya. Karena itu, Anda perlu mengisi tas dengan bubble wrap atau bisa dengan kain bekas, kertas, plastik, dan sebagainya, untuk menjaga agar bentuk tas Anda tetap terjaga dengan baik.

  • Segera Bersihkan Noda

Jangan menunda untuk membersihkan tas Anda saat terkena noda. Membiarkan sesaat akan membuat noda menjadi makin sulit dibersihkan. Pastikan Anda mengetahui jenis noda yang menempel pada permukaan kulit karena penanganannya akan berbeda-beda. Noda yang paling sering menempel pada tas adalah noda minyak. Jangan gunakan air untuk membersihkan noda minyak, karena air akan merusak serat kulit saat minyak menempel. Gunakan bedak tabur dan kain lembut untuk membersihkannya. Untuk noda tinta, Anda bisa memakai produk khusus penghilang noda pada permukaan kulit. Jika tas Anda tidak seluruhnya terbuat dari kulit, Anda perlu lebih dari satu produk untuk menghilangkan noda tersebut karena penanganannya akan berbeda.

  • Gunakan Material Khusus untuk Membersihkan Tas

Jangan sembarangan menggunakan bahan kain untuk membersihkan tas. Apalagi memakai tisu basah untuk menyeka debu pada tas kulit Anda. Pakailah kapas untuk menjaga agar tekstur permukaan kulit tidak rusak atau tergores. Selain kapas, Anda juga bisa menggunakan microfiber yang memiliki tekstur sangat lembut dan dapat menyerap kotoran dengan baik. Hindari pula membersihkan tas kulit Anda dengan menggunakan spons.

[Baca Juga: Prospektifkah Menjalankan Bisnis Reparasi Tas dan Sepatu]

  • Lembapkan Tas Kulit

Baik tas kulit asli maupun imitasi perlu diberi kondisioner untuk menjaga kelembabannya. Tas dari bahan kulit yang kehilangan kelembapan akan membuatnya jadi berkerut, kaku, hingga mengelupas. Karena itulah perlu Anda poles dengan kondisioner khusus untuk merawat tas kulit. Kondisioner ini bisa Anda dapatkan di toko-toko yang menjual leather goods, bentuknya krim dan terdapat cara menggunakannya. Kondisioner ini dapat menjaga tas kulit Anda tetap lembut dan lentur seperti baru.

  • Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari

Anda tidak bisa menghindari sinar matahari saat bepergian mengenakan tas kulit. Hanya saja Anda perlu memastikan agar permukaan tas kulit Anda tidak terpapar terlalu lama dengan sinar matahari alias menjemurnya hingga membuatnya panas. Jika ini terjadi, maka tas kulit Anda bisa berubah warna dan menjadi kusam.

Keenam tips di atas jika Anda ikuti, maka tas kulit Anda akan awet seperti baru. Cara mudah ini bisa Anda lakukan rutin selama dua minggu hingga satu bulan sekali. Pastikan bahwa tas Anda bersih sebelum Anda menyimpannya kembali ke lemari. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.