Tips Mudah Belajar Beberapa Bahasa Sekaligus

Pendidikan

Tips Mudah Belajar Beberapa Bahasa Sekaligus

Anda dapat belajar bahasa apa pun, kapan pun, dan dimana pun. Otak Anda secara alami terikat pada bahasa. Otak memiliki kemampuan untuk memproses informasi rumit dari suara, gerakan, dan konteks. Tidak perlu ke negara tujuan untuk dapat mempelajari bahasanya. Saat ini, Internet dipenuhi aplikasi pembelajaran bahasa seperti apps, penerjemah, flashcards online, dan ebooks. Anda tinggal di zaman dimana pendidikan dan informasi dapat Anda akses dengan mudah.

Namun demikian, belajar lebih dari satu bahasa di satu waktu membutuhkan perencanaan yang matang dan strategi jitu. Tidak seperti ilmu eksak, tidak ada metode universal dalam mempelajari sebuah bahasa. Melansir dari hellosehat.com, berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang tips yang dapat memudahkan Anda belajar banyak bahasa asing, di antaranya:

KEMBANGKAN PENGETAHUAN NEGERI SAKURA MELALUI KURSUS BAHASA JEPANG

1) Pelajari Kosakata yang Tepat dan Benar

Kunci utama untuk mahir berbahasa asing adalah mendekatkan diri dengan kata-kata yang familiar dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Catat kosakata dan frase apa saja yang paling umum digunakan oleh masyarakatnya saat berbicara. Pelajari secara rutin dengan strategi repetisi berjangka yang meningkat bertahap (satu, dua, empat hari sekali, dan seterusnya).

Atau, Anda bisa menggunakan buku bacaan favorit Anda dimana Anda paham luar dalam mengenai jalur ceritanya. Buku cerita anak-anak dalam versi ragam bahasa asing seperti, Indonesia, Inggris, Jerman, dan lain-lain. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menerjemahkan bahasa asing baris demi baris dan dengan mudah menguraikan bagaimana kalimat serta tata bahasa.

[Baca Juga: Menyesap Kopi di Kopi Tuli Sambil Belajar Bahasa Isyarat]

2) Pentingnya Variasi

Metode yang terlalu mekanis dapat membosankan Anda. Ada tiga jenis variasi untuk belajar bahasa, yaitu:

  • Variasi Materi. Tak hanya satu jenis materi buku teori, Anda juga bisa menggunakan metode lain seperti games bahasa interaktif.
  • Variasi Kegiatan. Sangat penting untuk terlibat dalam aktivitas yang bertujuan untuk mengasah bahasa dalam otak, sekaligus menjaga Anda tetap termotivasi. Seperti, melatih percakapan dengan teman atau guru, orang pribumi yang berbahasa tersebut, serta menggunakan gambar akan lebih baik.
  • Variasi Posisi. Posisi tubuh memiliki dampak pada konsentrasi, yang juga berpengaruh pada kemampuan Anda menyimpan informasi Anda. Sebagai contoh, Anda dengarkan podcast kursus Jerman atau radio bahasa Mandarin saat Anda jogging sore, bisa juga membaca koran online bahasa Italia sambil tiduran.

3) Cari Keterkaitan Satu dengan Lainnya

Saat belajar bahasa asing, sebenarnya Anda sudah mengetahui beberapa kata dasar tanpa sadar.

Misalnya, kata “anak”, “sakit”, atau “mahal” dalam bahasa Indonesia, memiliki arti yang sama dengan bahasa Malaysia. Atau kata “tante” alias bibi, bahasa Indonesia juga memiliki arti yang sama dengan “tante” dalam bahasa Belanda.

Selain itu, bahasa negara-negara Eropa seperti Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, dan lainnya memiliki banyak kata yang sama dengan bahasa Inggris, ini menunjukkan bahwa mereka memiliki etimologi yang sama.

Pengucapan kata seperti “action”, “nation”, “precipitation”, “solution”, “frustration”, “tradition”, dan kata-kata bahasa Inggris lain yang berakhiran tion dieja persis sama dalam bahasa Perancis, walaupun diucapkan berbeda. Anda tinggal mengubah “tion” dengan “ción” (Spanyol), “zione” (Itali), atau “ção” (Portugis).

4) Perluas Daftar Kosakata dengan Mnemonik

Mnemonik dapat membantu merekatkan kata-kata dalam benak Anda dengan lebih efektif. Pada dasarnya, mnemonik adalah metode penggambaran narasi visual unik yang bisa Anda kaitkan dengan kata yang ingin Anda ingat. Misalnya, Anda bisa mengarang satu narasi visual dalam otak Anda saat kesulitan untuk mengingat kata kerja.

Contoh, “sosis” dalam bahasa Jerman yang berarti “wiener”. Anda bisa membayangkan seseorang yang berada di podium juara 1 setelah memenangkan lomba makan sosis.

Mungkin pertamanya akan terdengar menyulitkan, namun visualisasi konyol akan mudah diingat dan menjadi sangat efektif. Sehingga lama kelamaan, Anda tidak perlu lagi menggunakan metode ini untuk mengingat kosa kata asing.

5) Jaga Kualitas dan Kuantitas Belajar

Untuk memperluas pengetahuan Anda dalam suatu bahasa, kualitas dan kuantitas belajar dapat menjadi fondasi. Berikut beberapa aturan praktis yang bisa Anda jadikan pedoman, seperti:

  • Pahami teks-teks atau unit bahasa pendek dan superfisial terlebih dulu. Teks panjang atau dialog dapat menyebabkan Anda mudah terdistraksi.
  • Belajar 1-3 kali sehari, secara berkala dalam pembagian waktu yang adil (misalnya, setiap 4 jam).
  • Senjatai diri Anda dengan berbagai keterampilan. Misalnya, saat mempelajari unit tata bahasa “simple tense”, pelajari dari perspektif yang berbeda seperti baca, bicara, dan mendengar.
  • Jadwalkan periode belajar Anda dengan efektif. Hindari belajar di waktu-waktu yang riskan untuk Anda terdistraksi.
  • Fokuskan waktu belajar. Tiga puluh menit dari periode belajar intensif satu bahasa sama saja 10 kali lipat lebih efektif dari 2 jam untuk dua bahasa sekaligus.

6) Jangan Takut untuk Berbicara

Salah satu cara untuk meraih kefasihan suatu bahasa asing adalah banyak latihan berbicara. Anda bisa buat satu sesi di mana Anda dapat menanyakan bagaimana akhir minggu teman yang orang asing atau guru bahasa tersebut, dan cari topik untuk berbincang. Sangat penting untuk mengambil peran aktif dan memastikan Anda memiliki percakapan yang bervariasi. Buatlah daftar topik yang ingin Anda diskusikan dan sampaikan seperti hobi, film terbaru, cita-cita, rencana liburan, dan lainnya. Pastikan bahwa percakapan dapat terus mengalir.

7) Komitmen dan Konsisten

Belajar bahasa asing merupakan sebuah proses yang cukup rumit dan berkelanjutan. Penting untuk melakukan sesuatu yang benar di waktu yang tepat, dan pastikan bahwa hal tersebut tepat untuk Anda. Jika Anda tidak memiliki alasan kuat untuk belajar bahasa, Anda akan sangat mungkin untuk kehabisan motivasi di tengah jalan.

Tidak peduli apa pun alasan Anda, begitu Anda sudah menetapkan niat belajar satu bahasa, berkomitmenlah dan konsisten dalam menjalaninya. Konsisten dengan tingkat dan minat belajar Anda adalah kunci untuk mengoptimalkan pemahaman belajar bahasa Anda.

[Baca Juga: Berkenalan dengan Bahasa Isyarat]

Selamat mencoba tujuh langkah yang sudah diuraikan di atas. Mempelejari sesuatu yang baru seperti bahasa asing dapat membuat otak Anda terus bekerja dan mempertajam fungsinya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.