Tips Sukses Ajarkan Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini

Pendidikan

Tips Sukses Ajarkan Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini

Memiliki keahlian dalam mengatur keuangan terkadang tidak datang dengan sendiri. Karena suatu kebiasaan yang di ulang secara rutin dapat membangun pola pikir logika yang kritis dan visioner. Dalam konteks edukasi finansial, Anda mungkin menginginkan anak Anda dapat mengatur keuangannya sendiri di masa yang akan mendatang.

Meskipun ilmu mengatur uang dapat dipelajari kapan pun, namun akan lebih baik jika anak Anda sudah diajarkan dasar-dasar mengatur keuangan sejak dini. Melansir dari beberapa sumber seperti forbes.com, berikut ini PingPoint.co.id telah merangkum cara kreatif mengajarkan anak Anda cara mengatur keuangan sejak dini.

[Baca Juga: Prediksi Keuangan di Tahun 2019 Berdasarkan Zodiak]

Ajak Anak Anda Berbelanja

Mengajarkan anak Anda tentang edukasi finansial seperti budgeting mungkin tidak akan efektif karena mereka akan cepat bosan. Salah satu cara efektif ajarkan anak finansial yang pertama adalah berikan dia pengalaman nyata seperti berbelanja. Dalam kegiatan belanja akan ada banyak transaksi pembayaran yang bisa anak Anda saksikan. Pada saat transaksi berlangsung, ajak anak Anda untuk terlibat di dalamnya seperti menghitung kembalian, jumlah sisa uang belanja hingga budget yang tersisa untuk belanja keperluan lainnya. Bimbing anak Anda dan jelaskan perlahan dengan cara yang paling menyenangkan.

Tips Sukses Ajarkan Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini

Membaca Buku Bersama

Belajar tentang finansial tidak selalu harus dengan cara yang kaku seperti membaca buku teori dan semacamnya. Anda bisa awali pembelajaran finansial dengan teknik story literacy. Ajak anak Anda membaca buku bersama lalu jelaskan sedikit tentang poin-poin yang bisa dikaitkan dengan edukasi finansial. Contoh, ketika Anda membaca buku cerita tentang Charlies Cook Favorite Books, Anda dapat memberikan contoh bagaimana Charlies mendapatkan buku tersebut, apakah harus membayarnya, bagaimana cara dia menabung sehingga bisa membeli suatu barang dan semacamnya.

[Baca Juga: Bermain di Luar Ruangan Jadi Momen Belajar untuk Anak-Anak]

Game Finansial

Sebagian besar anak-anak mungkin tidak akan nyaman untuk menulis tentang tujuan atau konsep keuangan mereka nanti di atas kertas. Dengan demikian Anda harus mencari media lain seperti games yang identik disukai oleh sebagian besar anak-anak. Anda bisa membuat tema-tema games yang bisa dikaitkan dengan edukasi finansial seperti menggambar, menulis cerita hingga tebak-tebakan. Games tersebut dapat Anda masukan poin-poin edukasi seperti games menulis cerita tentang masa depan, memainkan tebak-tebakan yang berkaitan dengan hitungan modal jual beli dan semacamnya.

Nasihat Tentang Keuangan

Salah satu proses edukasi keuangan yang dapat Anda berikan kepada anak-anak adalah dengan cara nasihat. Nasihat di sini diartikan dalam konteks sebuah obrolan antara orang tua dan anak. Topik obrolan dapat seputar bagaimana cara anak Anda mendapatkan mainan yang ia inginkan dengan cara menabung dari uang jajan harian, cara menghitung perkiraan uang jajan yang sudah dikumpulkan, cara investasi hingga bagaimana caranya lain mendapatkan uang tambahan. Lakukan obrolan dengan sesederhana dan semudah mungkin agar anak Anda dapat mencernannya dengan lebih mudah.

Memberikan edukasi finansial kepada anak sejak dini merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Selain dapat mengembangkan pola pikir mereka jadi lebih kreatif, anak juga bisa lebih visioner terhadap masa depan.

Read More

Artikel Lainnya

Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

Berita Kawasan

Sekda DKI Marullah Matali Fokus Tangani COVID-19 pada Hari Pertama Bertugas

19 January 2021, 15:04

Pada hari pertamanya bertugas, Selasa, 19 Januari 2021 ini, Marullah akan mulai terjun dan fokus pada penanganan pandemi di Ibu Kota.

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

RS Lapangan GOR Pajajaran Beroperasi, Harapan Kota Bogor yang Kritis

19 January 2021, 14:03

Kondisi Kota Bogor masih kritis dan darurat. Kedisiplinan untuk taat pada protokol kesehatan harus ketat dilakukan jika tak ingin rumah sakit penuh.

Kegawatdaruratan Psikiatri di Rumah Sakit Duren Sawit

Kesehatan

Wisma Atlet Kemayoran Kini Khusus Rawat Pasien Bergejala

19 January 2021, 13:02

Pengaturan bentuk antisipasi yang disiapkan mengingat sejak sebelum libur Natal dan Tahun Baru pihaknya sudah diingatkan tentang risiko lonjakan kasus positif dua pekan pascalibur panjang.

Catat! Ini Jadwal MRT dan Transjakarta di PSBB Masa Transisi.jpg

Bisnis

HUT ke-17, Transjakarta Ingin Tingkatkan Penumpang & Patuhi Protokol Kesehatan

19 January 2021, 12:01

Ada pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan Transjakarta, yaitu mengembalikan lagi "mantan-mantan" penggunanya untuk mau menggunakan bus berjalur khusus tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.