BINTARO_BISNIS_TIPS SUKSES USAHA PET SHOP_OCI_1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Tips Sukses Usaha Pet Shop

Tingginya minat masyarakat Bintaro dan sekitarnya untuk memelihara hewan peliharaan, nampaknya dilirik sebagian pengusaha sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Hal itu terlihat dari banyaknya pet shop baru di sepanjang jalan Bintaro hingga Serpong. Pet shop terdekat menjadi pilihan warga Bintaro untuk mendapatkan layanan perawatan anjing atau kucing, dan membeli kebutuhan binatang peliharaan lain.

Pet shop atau toko hewan adalah tempat penitipan, penjualan, perawatan, dan pembelian barang-barang kebutuhan hewan kesayangan, seperti kucing, anjing, kelinci, burung, ular, kadal, dan binatang-binatang lain yang dijadikan sebagai teman sang majikan. Namun, untuk membuka pet shop bukan perkara mudah. Seperti dilansir dari jakartafamilia.com, Selasa (7/9/2018), selain modal yang besar, diperlukan wawasan dan keterampilan perawatan binatang. Ditambah dengan naluri kasih sayang terhadap binatang yang tinggi juga menjadi sebuah keharusan. Karena pada dasarnya, bisnis ini memang harus berdasarkan hobi pelakunya.

[Baca Juga : Meester Cornelis dan Pasar Hewan Jatinegara]

Selain itu, setiap pet shop juga harus memiliki konsep penjualan nan unik agar dilirik konsumennya. Seperti penawaran harga harus disertai gimmick, memiliki layanan antar jasa dari produk yang dibeli atau menggunakan member untuk mendapatkan potongan harga. Yang terpenting, setiap usaha itu harus memanjakan konsumennya. Dan ingat, jangan sekali-kali membuat konsumen merasa dirugikan. Jika ini mereka alami, dipastikan konsumen tidak akan balik lagi ke pet shop Anda.

Umumnya pet shop juga harus menyediakan jasa salon untuk hewan atau pet grooming. Karena, jika layanan ini dihilangkan, bukan tidak mungkin konsumen akan langsung beralih ke lokasi lainnya yang lebih lengkap. Usaha berbasis hobi yang menyasar konsumen dari kalangan penghobi binatang ini memang harus benar-benar konsisten.

Tercatat ada 10 lebih pet shop yang menjajakan pelayanannya. Hampir semuanya memiliki kesamaan pelayanan dan kesamaan produk yang dijual. Antara lain, buat para pecinta binatang peliharaan baik anjing maupun kucing juga kelinci di Graha Raya Bintaro dan sekitarnya terdapat Laras Satwa Pet Shop. Ada juga Smile Petshop & Grooming di sekitar Bintaro Jaya Sektor V. Woof di Ruko Bintama 2 Bintaro Jaya Sector 3A, Tako Pet Shop di Bintaro Utama 3. Sedangkan untuk Bintaro 9, paling banyak terdapat pet shop, seperti CS Petshop, Veterina Satwa, Tako Nine Petshop, Pio Petshop Laras Satwa (Klinik Hewan). Sedangkan di Jl. Veteran no 4a ada Dokter Hewan Alit Clinic + Petshop.

Tips Sukses Usaha Pet shop

Agar bisa menghasilkan pendapatan yang berlebih, sebuah pet shop harus bisa memberikan pelayanan yang lebih bisa memuaskan konsumen, sehingga konsumennya akan terus berlangganan. Ditambah dengan pemilihan lokasi yang strategis tentunya akan sangat menentukan ramai atau tidaknya sebuah usaha.

Berikut, langkah-langkah yang mesti Anda lalui agar pet shop Anda tetap kompetitif:

  1. Menentukan jenis pelayanan
    Umumnya sebuah pet shop akan melakukan bisnis dengan model one stop service, artinya semua jenis pelayanan terhadap kebutuhan hewan akan dilayani guna menambah pemasukan, memperluas sasaran konsumen dan menciptakan image profesional.
  2. Menentukan jenis hewan peliharaan
    Misal, hanya melayani kucing dan anjing atau keseluruhan binatang peliharaan. Untuk jenis kucing yang laku dipasaran Indonesia antara lain kucing persia, kucing ras anggora, dan kucing manx. Sementara anjing yang banyak diminati ras anjing puppy, bulldog, pekingesse, poodle, maltase, dan anjing kintamani.
  3. Desain ruangan yang nyaman
    Ini sangat penting untuk konsumen dan untuk hewan peliharaan yang ada di dalamnya agar hewan-hewan tersebut tidak stres berada di dalam kandangnya.
  4. Memiliki izin
    Selain ijin dari warga sekitar jika lokasinya berada di kawasan padat penduduk, perlu juga mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan di kota tempat tinggal Anda.
  5. Lengkapi peralatan usaha Anda
    Mulai kandang besi, kolam pemandian, animal toys serta ragam aksesoris seperti dogglass, kalung rantai, dan busana hewan harus tersedia. Jangan lupa untuk stock makanan binatang dan obat-obatan untuk pertolongan pertama jika peliharaan tiba-tiba sakit. Lengkapi juga dengan samphoo, spray bulu, obat cacing, obat flu dan vitamin pertumbuhan.
  6. SDM
    Minimal ada satu karyawan terlatih untuk membantu menjalankan usaha Anda.
  7. Melakukan promosi
    Banyak cara, bisa dengan sosial media yang saat ini sedang tren digunakan untuk mempromosikan usaha Anda. Karena pet shop sangat bergantung pada lokasi, promosi di wilayah sekitar adalah penting. Warga akan mencari pet shop terdekat yang memudahkan mereka mengantar hewan peliharaan.

[Baca Juga : Pejaten Shelter, “Surga” Kecil untuk Hewan Peliharaan yang Terlantar]

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.