Tips Tetap Jaga Kesehatan Anda di Kala Banjir

Kesehatan

Tips Tetap Jaga Kesehatan Anda di Kala Banjir

Hingga kini masih banyak warga di berbagai wilayah Jabodetabek yang terpaksa meninggalkan rumahnya untuk mengungsi akibat banjir yang menggenangi hunian mereka. Di mana banjir ini terjadi akibat hujan yang mengguyur sejak 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Namun selain mengungsi, ada juga warga yang memilih untuk tetap tinggal di rumahnya sembari menunggu air banjir surut. Bila Anda termasuk yang menunggu, ada baiknya Anda berhati-hati mengingat banjir kerap kali juga memicu penyebaran penyakit tertentu.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Ajak Semua Pihak Bersiap Atasi Kemungkinan Banjir]

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba terapkan selama kondisi banjir dalam usaha untuk tetap menjaga kesehatan Anda beserta orang yang disayangi. Berikut ini hal-hal tersebut yang dilansir dari berbagai sumber:

Cara Memulai Hidup Sehat dengan Makanan Ini Oatmeal

1) Perhatikan Asupan Anda

Gangguan penyakit yang terjadi di kala banjir mayoritas disebabkan oleh air yang menggenang dan ini dapat memicu penyakit seperti tifus, kolera, leptospirosis, bahkan hingga hepatitis A. Langkah awal yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahannya adalah memperhatikan makan dan minum Anda.

Bila Anda termasuk yang kerap memasak air sumur, Ada baiknya selama banjir untuk menghindarinya terlebih dahulu. Sehingga sebagai langkah preventif, Anda bisa memilih untuk mengonsumsi air minum kemasan. Selain itu perhatikan pencucian semua alat makan yang Anda gunakan juga penting demi mencegah kemungkinan penyebaran penyakit.

4. Biasakan Mencuci Tangan

2) Perhatikan Higienitas

Air yang dibawa oleh banjir biasanya sudah tercampur dengan berbagai air yang sumbernya disinyalir membawa berbagai bakteri, apalagi yang sudah tercampur air comberan. Sehingga sangatlah penting untuk memastikan perlindungan tubuh dengan memperhatikan higienitas.

Usahakan selalu menggunakan alas kaki dengan sepatu bot serta sarung tangan karet saat melewati genangan banjir. Langkah ini penting demi menghindari kontak terhadap air banjir pada kaki serta tangan Anda. Jika pun terkena, usahakan langsung dibersihkan dengan air bersih serta sabun. Pencucian dengan sabun secara seksama juga harus dilakukan pasca-buang air hingga sebelum dan sesudah makan.

Tips Tetap Jaga Kesehatan Anda di Kala Banjir

3) Perhatikan Kondisi Sekitar

Hal yang kerap muncul di kala banjir adalah hewan-hewan hama yang mengganggu contonya adalah tikus, kodok, hingga serangga. Usahakan untuk menghindar bersentuhan dengan hewan-hewan tersebut. Apalagi saat banjir, kemungkinan besar Anda akan membuka pintu-pintu rumah untuk membantu mengeringkan debit genangan air sekaligus membantu udara masuk. Tak ayal ini memicu munculnya hewan-hewan tersebut, jika memang melihatnya usahakan untuk mengusirnya tanpa kontak langsung dengan kulit Anda.

Tips Tetap Jaga Kesehatan Anda di Kala Banjir

4) Usahakan untuk Kunjungi Posko Kesehatan

Baik Anda yang tinggal di rumah sembari menunggu banjir surut atau memilih untuk mengungsi sementara di posko pengungsian, selalu usahakan untuk memeriksakan kesehatan Anda. Walau Anda merasa baik-baik saja, ada baiknya untuk datang ke posko kesehatan untuk diperiksa apalagi bagi Anda yang memang mengidap penyakit tertentu dan membutuhkan konsumsi obat yang rutin.

[Baca Juga: Agar Rumah Aman, Ini 4 Langkah yang Harus Dilakukan Hadapi Banjir]

Itulah sejumlah tips untuk menjaga kesehatan Anda di kala banjir. Bila air banjir sudah mulai surut dan Anda akan mencoba membersihkan rumah, jangan lupa selalu menggunakan masker, sarung tangan karet, dan sepatu bots demi langkah preventif kontak terhadap sisa-sisa kotoran atau sampah yang menumpuk di rumah Anda akibat terbawa air banjir.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.