Tips Untuk Anda Yang Ingin Berhenti Merokok

Kesehatan

Tips Untuk Anda yang Ingin Berhenti Merokok

Berhenti dari kebiasaan merokok memang tidak mudah. Apalagi bagi Anda yang sudah menjadi pecandu bertahun-tahun lamanya. Berhenti merokok harus didasari dengan niat yang dan komitmen yang kuat. Tak semata-mata hanya menyembuhkan diri dari nikotin, tetapi berhenti rokok memang baik untuk kesehatan diri sendiri juga orang di sekitar Anda.

[Baca Juga: Perda Kawasan Tanpa Rokok Wali Kota Bogor Dapat Penghargaan WHO]

Seperti yang disampaikan oleh mantan perokok berat yang telah berhenti merokok, kepada PingPoint.co.id (21/08/19), berikut tips untuk Anda yang ingin berhenti merokok, di antaranya:

  1. Niat Dan Komitmen

Langkah pertama, dimulai dari pikiran Anda, lakukan sugesti diri bahwa Anda harus berhenti merokok dan hidup Anda akan lebih baik tanpa rokok. Anda harus memiliki komitmen yang kuat, serta disiplin dalam penerapannya.

2. Stop Beli Rokok

Membeli rokok sama saja membakar uang. Jika Anda berhenti merokok, uang yang biasa Anda belikan rokok, dapat Anda tabung atau belikan yang lain. Karena tanpa Anda sadari bahwa Anda sudah buang uang Anda untuk hal yang merugikan diri Anda sendiri.

3. Camilan Sehat Sebagai Pengganti Rokok

Kebanyakan orang setelah berhenti merokok jadi banyak makan, hasilnya berat badan bertambah. Nikmat makanan pun bertambah karena langit-langit mulut Anda telah bersih dari asap dan tar. Jika Anda ingin berhenti merokok tanpa kenaikan berat badan, makan camilan sehat seperti buah dan jangan permen. Pastikan Anda punya camilan sehat, camilan sehat juga tidak terlalu menggoda Anda untuk mengunyah setiap saat.

4. Alihkan Ke Hobi Lain

Merokok melibatkan kesibukan tangan, maka alihkan kesibukan tangan Anda ke kegiatan lain. Anda dapat mengambil hobi seperti merajut atau pertukangan yang memenuhi dorongan untuk menyibukkan tangan Anda. Anda boleh publikasikan prestasi Anda, dengan mewarnai kalender dinding setiap hari baru Anda tanpa merokok.

5. Ubah Pergaulan

Meminta dukungan dari teman-teman dan kerabat Anda, dan jangan biarkan mereka menawarkan rokok. Anda bahkan dapat meminta mereka untuk tidak merokok di rumah Anda. Hindari tempat dimana Anda akan tergoda, terutama kafe dan klub dimana suasana akan merusak resolusi baik yang telah Anda canangkan. Lebih baik bergaul dengan yang bukan perokok, sampai Anda memang sudah terbiasa tanpa rokok dan tidak dapat merokok lagi.

6. Datangi Pusat Terapi

Bagi Anda perokok kelas berat, dan Anda merasa sulit untuk melakukannya sendiri, pusat terapi kelompok dapat membantu Anda. Bersama-sama dengan pecandu lain untuk berbagi masalah kecanduan dan saling mendukung untuk berhenti merokok. Anda bisa juga meminta saran medis dan psikologis dari para ahli.

7. Pilih Tempat Non Perokok

Nikmati udara bersih dari zona asap rokok di tempat umum. Anda juga tak perlu khawatir akan bau tembakau dan bebas dari sesak nafas.

8. Pikirkan Masa Depan

Umur memang ditangan Tuhan, sebagai manusia tentunya Anda ingin memiliki umur panjang. Pikirkan bahwa tanpa rokok hidup Anda akan lebih sehat. Dengan hidup sehat, banyak yang dapat Anda lakukan. Rokok hanya masa lalu yang buruk bagi Anda.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Raih Penghargaan Berkat Larang Iklan Rokok]

Bagi Anda yang sudah memiliki tekad yang bulat untuk berhenti merokok, tips di atas semoga dapat membantu Anda. Sayangi diri Anda, karena hidup cuma sekali. Semangat !


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.