Tips Untuk Menarik Minat Baca Anak Versi Taman Baca Inovator.jpg

Pendidikan

Tips Untuk Menarik Minat Baca Anak Versi Taman Baca Inovator

Pentingnya membaca sejak dini, menjadi salah satu landasan berdirinya Yayasan Taman Baca Inovator. Aktif membaca sejak dini tentu akan membentuk kebiasaan yang baik untuk sang anak.

Membaca buku merupakan bagian integral dari kehidupan sang anak. Menurut Evlin selaku Eksternal Relation Taman Baca Inovator, mengatakan bahwa tidak cukup hanya membuka taman bacaan saja agar anak mau membaca.

“Taman bacaan di Indonesia itu sudah menjamur, tapi kita harus lihat lagi apakah anak-anak itu aktif membaca atau tidak?,” ujar Evlin kepada Pingpoint.co.id saat ditemui di kantor Yayasan Taman Baca Inovator, di Kelapa Gading, Jakarta (18/2/2019).

Karena anak-anak pada umumnya mudah bosan terhadap sesuatu. Maka demi meningkatkan minat baca anak di Indonesia, Evlin membeberkan empat tips untuk menarik minat baca anak-anak.

1. Mendongeng

Selain membiasakan diri dengan mengajak anak mengikuti program Calistung (baca, tulis, menghitung) menumbuhkan rasa ketertarikan anak-anak untuk membaca ialah dengan mendongeng.

Karena keterlibatan orang-orang terdekat anak bisa menarik minat sang anak untuk membaca. Dengan mendongeng, imajinasi anak meningkat dan melahirkan rasa penasaran. Sehingga akan membentuk keinginan anak untuk membaca buku.

Mendongeng sendiri ialah rutinitas yang bisa membentuk hubungan emosional anak dengan si pendongeng.

2. Pelatihan untuk Orang Tua

Bagi orangtua yang sedang mengantarkan anaknya untuk membaca sebaiknya jangan khawatir akan bosan. Seballiknya, sang ibu harus bisa membangun kesadaran bahwa pendidikan untuk anak itu penting.

[Baca Juga: Tidak Sekadar Membaca, SMAN 75 Jakarta Hasilkan 3 Karya Literasi]

Maka, Taman Baca Inovator sendiri secara rutin mengadakan pelatihan untuk orangtua. Selain itu, Taman Baca Inovator juga menyediakan buku-buku untuk orangtua, seperti buku tentang kuliner, kreativitas, atau tentang cara mendidik anak. Karena kebiasaan orangtua juga berpengaruh terhadap kebiasaan sang anak.

3. Bekerjasama dengan Komunitas

Evlin mengatakan bahwa bekerjasama dengan komunitas sangat penting untuk bisa menarik minat baca sang anak. Komunitas belajar bahasa inggris, komunitas seni, atau fotografi bisa diundang agar anak-anak tak bosan.

4. Membaca Di Luar Ruangan

Jika anak-anak sudah mulai terlihat bosan di dalam ruangan saat membaca, sebaiknya Anda membawa anak-anak ke tempat wisata terdekat. Hal ini akan membuat sang anak akan terpacu terus untuk datang ke taman baca untuk aktif membaca.

“Pasti ada challenge yang akan kalian temui jika membawa anak-anak keluar dari ruangan untuk membaca. Tapi, dengan aktivitas baru tersebut mereka akan terus termotivasi untuk giat membaca,” ujar Evlin.

[Baca Juga: Komunitas Jendela Jakarta Bantu Anak Ibu Kota untuk Membaca]

Selain poin-poin di atas, minat baca sang anak harus dibiasakan sejak di rumah dan di sekolah. Orang tua dan guru di sekolah sebisa mungkin untuk mengawasi anak-anak agar tak terlalu fokus menggunakan gadget ketimbang fokus membaca.


Read More

Artikel Lainnya

Tiramisusu.jpg

Kuliner

Tiramisusu, Oleh-Oleh Viral Khas Bandung

16 April 2021, 18:01

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang saat ini tengah viral adalah Tiramisusu. Tiramisusu merupakan produk terbaru dari Chocomory besutan Cimory. Tak kalah lezat dengan Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.


Comments


Please Login to leave a comment.