Tips untuk Si Ekstrovert Selama Physical Distancing

Kesehatan

Tips untuk Si Ekstrover Selama Physical Distancing

Menjaga jarak yang kala physical distancing membuat banyak orang mengurangi interaksi sosial secara langsung. Bagi orang-orang yang ekstrover, mungkin hal ini menjadi di luar kebiasaan mereka. Melansir cnn.com (24/03/2020), orang-orang ekstrover, kata Psikolog Klinis Jaime Blandino adalah mereka yang mendapatkan energi dari berinteraksi dengan orang lain. Ketika para ekstrover tidak dapat menghabiskan waktu dengan orang lain, mereka mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan oleh diri mereka sendiri. Berikut tips yang dapat dilakukan oleh para ekstrover selama physical distancing.

Tips untuk Si Ekstrovert Selama Physical Distancing

1) Mengirim Voice Note Dibandingkan Pesan Teks

Di samping melakukan panggilan telepon, mengirim voice note saat berinteraksi online memungkinkan para ekstrover mendengar suara orang yang berinteraksi dengannya. Ini menjadikan mereka seolah-olah berbincang secara langsung dengan lawan interaksi. Dibandingkan pesan teks, suasana hati dan ekspresi pun dapat lebih diungkap lewat voice note. Tips ini sendiri disarankan oleh Gretchen Rubin, host podcast Happier di Amerika Serikat.

[Baca Juga: Ketahui Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan COVID-19]

2) Tetap Menyalakan Televisi Saat Menonton Film

Blandino bercerita, kliennya yang introver tidak terlalu stres selama physical distancing jika dibandingkan kliennya yang ekstrover. Ia menyarankan kepada para ekstrover untuk tetap menyetel televisi ketika sedang menonton film. Suara televisi layaknya suara latar ketika para ekstrover menonton film di laptop maupun ponsel pintar.

“Mendengar suara manusia itu menenangkan [bagi para ekstrover],” papar Blandino.

Psikolog klinis tersebut menjelaskan lebih lanjut apabila saat physical distancing adalah waktu yang paling tepat bagi ekstrover untuk memaksimalkan peran teknologi. Teknologi merupakan senjata ampuh untuk menghubungkan manusia dari tempat yang berbeda.

Membaca Buku di rumah

3) Membaca Buku

Tips yang disarankan Blandino ini jadi hal yang mungkin harus dipelajari oleh beberapa orang ekstrover. Hal ini karena membaca merupakan aktivitas yang cenderung dilakukan tanpa suara. “Ini menjadi waktu untuk memperkenalkan rutinitas baru [bagi para ekstrover],” kata Blandino.

Para ekstrover dapat memulai membaca buku dengan aliran apa pun, duduk diam, dan merasakan ketenangan sejenak.

Itulah aktivitas yang dapat dilakukan para ekstrover kala physical distancing. Apabila Pointers merupakan ekstrover atau tertarik dengan tiga hal tadi, tidak ada salahnya mencoba.

[Baca Juga: Ini Film-film Rekomendasi Sutradara Timo Tjahjanto Tentang Isolasi Diri]


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.