Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Anda penyuka roti tanpa bahan pengawet? Bahan-bahan alami yang tersedia di toko roti ini memang sengaja dipertahankan dari resep-resep lama yang diwariskan dari generasi ke generasi. Ada banyak jenis roti dan kue yang ditawarkan di sini. Mulai dari roti tawar, roti manis, croissant hingga sourdough ala Eropa. Boleh dibilang semua roti dan kue klasik Belanda masih dipertahankan keasliannya hingga sekarang.

Beralamat di Jl. Kramat II No.2, RT.6/RW.7, Kwitang, Jakarta Pusat, Maison Weiner merupakan toko kue dan roti tertua yang ada di Jakarta. Gaya bangunannya model kolonila, nyaris tak banyak berubah dari sejak dulu.

Awalnya Maison Weiner didirikan Lee Liang Mey atau akrab dipanggil Nyonya Gem. Saat itu, nenek dari Heru Laksana tersebut membantu orang Belanda untuk membuat kue. Kemudian, Nyonya Gem disarankan oleh orang Belanda tersebut untuk membuka bakery. "Waktu itu orang Belanda nanya ke nenek saya 'kok kamu gak buka bakery aja?' Tapi, nenek saya bilang nggak ada modal untuk beli alat. Terus orang Belanda itu bilang 'cicil aja beli di pasar Gambir'," ujar Heru Laksana seperti diberitakan detikFood (3/7/2020).

Toko Roti Masion Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Akhirnya dengan modal seadanya, Nyonya Gem pun tertarik dan mulai menyicil peralatan seperti mesin untuk membuat roti dan kue. Hingga akhirnya berdirilah Maison Weiner di tahun 1936.

Kini bakery legendaris ini dikelola oleh cucunya sendiri, Heru Laksana yang merupakan generasi ke-3 dari Nyonya Gem. Ketertarikan Heru untuk meneruskan bisnis dari neneknya ini lantaran keinginan Heru agar dunia bakery di Indonesia dapat maju dan berkembang pesat.

[Baca Juga: Roti Unyil Venus, Bakery yang Eksis Sejak 1992]

Heru sendiri sudah turut membantu sang nenek, Nyonya Gem, sejak usianya baru 10 tahun. "Saat itu ya saya hanya bantu-bantu saja bebersih atau mengaduk adonan. Semakin besar saya mulai diminta untuk ikutan lebih jauh," ujarnya seperti diceritakan kepada toptables.id.

Neneknya mendirikan toko roti ini dengan nama Bengkel Kue Weiner pada tahun 1930-an atas rekomendasi ibu-ibu Belanda. "Waktu itu nenek membeli peralatannya di Pasar Gambir (cikal bakal Pekan Raja Jakarta), diskon soalnya," kata Heru mengenang. Mixer Hobart dan sebuah oven roti pun menjadi senjata awal toko roti Bengkel Kue Weiner.

Toko Roti Masion Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Pada tahun 1980-an, saat sang ayah melanjutkan usaha toko ini, Heru pun diminta untuk ikut terjun membantu. Heru yang sejak kecil ibaratnya besar di toko roti pun memperlihatkan keseriusannya ketika mengambil sekolah bakery di Jerman serta di Wilton School di Amerika Serikat. Ia pun juga turut memberikan ide-ide baru bagi toko yang dari awal hanya membuat kreasi khas Belanda klasik.

Dulu Maison Weiner terkenal dengan sajian kue kering dan roti tawar bergaya Eropa yang dipadukan dengan rasa Indonesia. Namun, semakin berjalannya waktu inovasi pun semakin bertambah, sehingga Maison Weiner juga mengeluarkan roti dan kue manis.

[Baca Juga: Ingin Mencoba Buat Roti Sourdough? Ini Resepnya]

Kini, Maison Weiner terkenal dengan roti sourdough ala Eropa. Roti jenis itu dibuat oleh Heru sendiri dengan proses pembuatan yang memakan waktu berjam-jam hingga satu malam. "Saya belajar bakery saat kuliah di luar negeri, jadi saya tahu membuat itu," ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru juga menjelaskan, proses pembuatan roti sourdough memang memakan banyak waktu. Itu lantaran perlu dilakukan fermentasi dengan menggunakan biang agar teksturnya lebih halus dan lembut. "Prosesnya adonan diaduk dan dikembangkan, ada lagi yang harus dibuat biangnya dulu, kemudian dikembangkan lagi dan difermentasi hingga semalaman," Heru membeberkan soal prosesnya.

Toko Roti Masion Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Selain itu, juga ada roti dan kue manis, seperti roti cokelat almond, roti bloeder keju, kue soes, ontbitjkoek dan masih banyak lagi. Roti dan kue tersebut terasa empuk dengan tekstur yang lembut dan halus. Isian dalam roti juga sangat melimpah. Yang menarik, ontbitjkoek, kue Belanda masih dibuat dengan racikan rempah yang wangi dan kuat. Kue ini pun masih banyak penggemarnya.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai Rp12.000 hingga ratusan ribu, tergantung pada jenis dan proses pembuatan roti dan kue itu sendiri. Maison Weiner juga menyediakan beberapa meja dan bangku di dalamnya, agar pengunjung dapat menikmati hidangan roti dan kue di tempat.

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Lisa 1¬†month lalu
    lisa

    Hallo guyss masih semangat dengan keadaan yang sekarang di masa New Normal Kita memberikan hiburan sekaligus pendapatan yang menggiurkan untuk isi dompet anda Bergabung bersama kami <a href="https://dupa88.co/slots/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a> Bukan situs kaleng-kaleng, berapapun anda menang pasti kami bayar jangan ragu lagi buruan daftarkan diri anda sekarang juga yaaa !!!!!!!