Tokoin Gandeng Ralali.com Majukan UMKM dalam Ekosistem Digital 1.jpg

Bisnis

Tokoin Gandeng Ralali.com Majukan UMKM dalam Ekosistem Digital

Perekonomian Indonesia ditinjau dari total produk domestik bruto (PDB) tiap tahun selalu meningkat dari tahun sebelumnya, hal ini tidak lepas dari peran pemerintah dan badan keuangan permodal untuk mendukung kebutuhan pelaku UMKM.

Meskipun sumbangsih UMKM di Indonesia terhadap PDB Indonesia tahun 2018 sebanyak 60,34 persen, situasi ini masih menyisakan tantangan dalam memberikan pelaku UMKM ekosistem bisnis yang kondusif melalui berbagi sektor.

[Baca Juga: Lima Stasiun MRT Bakal Ada Lokasi UMKM]

Ralali.com sebagai Business Partner TOKOIN dengan bangga ikut mendukung TOKOIN Grand Launching : The Golden Era of MSME Massive Revolution sebagai penghubung mitra bisnis UMKM yang dimiliki Ralali.com dengan TOKOIN.

Acara yang berlangsung di Holiday Inn, Jakarta Utara ini turut dihadiri perwakilan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kepala Subdit untuk Amerika dan Eropa Bachtiar Pangaribuan. Kehadiran Kementerian Perdagangan dalam acara tersebut menjadi sinyal positif bagi TOKOIN menciptakan serta menghubungkan pelaku UMKM dengan ekonomi inklusi yang terintregasi secara real-time dan valid.

Tokoin Gandeng Ralali.com Majukan UMKM dalam Ekosistem Digital

Ekonomi Digital

Seperti dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (27/2/2019), Chief Executive Officer Tokoin, Reiner Rahardja mengatakan, pihaknya yakin bahwa inklusi ekonomi akan tercipta dengan kemitraan bisnis yang berpihak pada kinerja UMKM.

“Tokoin akan menjadi penghubung UMKM dengan institusi yang bisa menyediakan fasilitas pengembangan bisnis,” kata Reiner.

Inovasi yang dihadirkan TOKOIN melalui Penyediaan Digital Business Identity dan Digital Ledger ini sejalan dengan visi dan misi Ralali.com sebagai platform solusi bisnis bagi pelaku UMKM di Indonesia.

[Baca Juga: Kerjasama OJK dan LPS Tingkatkan Koordinasi Penanganan Bank]

Chief Technology Officer Ralali.com Irwan Suryady juga memaparkan, kehadiran TOKOIN sebagai digital platform menawarkan sistem pendataan yang terintergasi secara real-time, kredibel serta transparan bagi pelaku UMKM dalam mengelola data usaha mereka, sehingga memudahkan mereka mengembangkan bisnis.

Tokoin Gandeng Ralali.com Majukan UMKM dalam Ekosistem Digital

“Mempersiapkan pelaku UMKM Indonesia menuju Industri 4.0 tidak lepas dari hanya sekedar mengedukasi dan memberikan pelatihan tentang ekonomi digital, lebih dari itu para pelaku teknologi dan pihak-pihak yang terlibat harus mampu menghadirkan kemudahan dengan menciptakan ekosistem bisnis yang kondusif,” ujar Irwan.

Sekadar informasi, Ralali.com adalah business to business (B2B) online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant & Café), Office Supplies, dan lainnya.

Di usia 5 tahun ini, Ralali mendapatkan pertumbuhan yang cukup baik yaitu jumlah pengguna yang telah mencapai lebih dari 300.000 users dan 2.000.000 pengunjung tiap bulannya. Ralali.com juga terus melakukan beragam inovasi teknologi yang bertujuan untuk memudahkan kebutuhan bisnis di Indonesia, seperti Ralali Billing (untuk pembayaran tagihan listrik, pulsa, dan PDAM) dan Ralali Quotation (request platfrom untuk kebutuhan bisnis).

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.