DEPOK_KAWASAN_TOL CINERE JAGORAWI TINGKATKAN INVESTASI KOTA DEPOK_OCI_REVISI 01-01.jpg

Berita Kawasan

Tol Cinere Jagorawi Tingkatkan Investasi Kota Depok

Depok merupakan kota dengan pertumbuhan sangat cepat. Pembangunan Tol Cinere Jagorawi (Cijago) menjadi salah satu pemacu maraknya pembangunan di Kota Petir itu. Salah satu indikasinya adalah pertambahan penduduk dari berbagai daerah, diikuti oleh menjamurnya bisnis properti.

Pertambahan rata-rata penduduk 4,3 persen pertahun. Sebanyak 2,4 persen angka pertambahan penduduk tersebut berasal dari migrasi. Hal ini menunjukkan Kota Depok menjadi tujuan menarik untuk pemukiman. Pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi ini berdampak kepada tuntutan pelayanan yang semakin meningkat, kebutuhan perumahan, fasilitas taman dan olahraga, pelayanan kesehatan, pelayanan kebersihan, pelayanan pendidikan, pelayanan transportasi, pelayanan air bersih dan sebagainya.

Depok tidak memiliki Sumber Daya Alam kecuali 20 setu (danau kecil) lebih yang bisa disulap menjadi tujuan pariwisata. Maka Sumber Daya Depok bertumbu kepada Sumber Daya Manusianya. Pertumbuhan penduduk Depok jauh lebih pesat dari pertumbuhan pembangunan. Ini mengakibatkan lahan-lahan semakin sempit. Penyediaan lahan untuk pelayanan pun semakin sulit.

Meskipun demikian, pembangunan Tol Cinere Jagorawi (Cijago) dan Tol Depok Antasari (Desari) akan meningkatkan aktifitas ekonomi di kota Depok. Tol Cijago yang akan menghubungkan bagian Timur-Barat Kota Depok saat ini sudah dibuka untuk tahap satu, sedang proses pembangunan untuk tahap dua dan proses pembebasan lahan untuk tahap tiga atau terakhir.

Jalan Tol Barat-Timur ini akan disertai dengan pembangunan jalan arteri Juanda. Keberadaan ruas jalan ini akan mengurai kemacetan di Kota Depok. Tol Desari yang akan menghubungkan sisi Utara-Selatan Kota Depok saat ini dalam proses pembebasan lahan. Pembangunan Tol Desari ini akan didukung dengan pelebaran jalan Limo-Cinere.

[Baca Juga : Menuju Pemerataan Pembangunan Kota Depok}

Jalur Kereta

Selain akses tol, pencana pembangunan jalur kereta api dari Depok langsung ke Bandara Soekarno Hatta akan menjadikan kota ini semakin menarik sebagai pusat kegiatan jasa dan niaga. Rencana ini akan didukung pembangunan terminal terpadu yang saat ini pembangunannya menggandeng pihak swasta. Terminal terpadu ini akan mengintegrasikan stasiun kereta api dan terminal. Dipastikan terminal terpadu akan punya peran besar dalam mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok.

Untuk proses pembangunan di Kota Depok mau tidak mau pemerintah harus melibatkan investasi swasta, karena APBD kota Depok tidak mungkin mencukupi kebutuhan tersebut. Ada jurang yang cukup besar antara kemampuan fiskal dan kebutuhan fiskal. Mengundang Invesasi swasta harus menjadi kebijakan pemerintah Kota Depok.

Berikut beberapa peluang investasi yang bisa dilakukan swasta mendiri, maupun pola kerjasama dengan pemerintah:

Swasta Mandiri

Pembangunan Perumahan, Hotel, Mall dan Apartemen, Pembangunan Daerah Kawasan Mandiri Pembangunan kawasan kampung Lio, Pembangunan Wisata Rohani, Wisata Pendidikan, wisata kuliner, Pembangunan Rumah sakit internasional, Pembangunan Stasiun Bahan bakar Gas, Pembangunan Pusat Kuliner, dan sebagainya.

[Baca Juga : 5 Keuntungan Bisnis Akibat Dampak TOD Kawasan Cibubur]

Pola Kerja Sama dengan Pemerintah

Pembangunan Wisata Setu, Pembangunan stadion mini dan GOR, Pembangunan RSUD ke 2 untuk mencakup wilayah timur Depok, Revitalisasi Pasar Tradisional Kemiri Muka, Pembangunan pasar tradisional lainnya. Pengembangan PDAM dan beberapa program lain.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cinere Jagorawi (Cijago) terbagi ke dalam tiga seksi sepanjang 14,64 kilometer. Adapun untuk Seksi II dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan dirancang sepanjang 5,5 kilometer. Proyek tersebut menghubungkan Tol Jagorawi menuju Cinere. Untuk sisa lahan yang belum bebas, saat ini masih dalam tahap konsinyasi yang telah dimulai sejak Januari 2018. Masyarakat berharap proses konsinyasi tersebut tidak berjalan terlalu lama, agar pekerjaan dapat dilanjutkan.

Read More

Artikel Lainnya

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

Kesehatan

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

02 December 2020, 16:28

Inggris telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin virus corona Pfizer-BioNTech untuk digunakan secara luas. Sebelumnya, Rusia dan China telah mengeluarkan perizinan vaksin lain untuk penggunaan terbatas.

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures.jpg

Bisnis

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

02 December 2020, 15:36

East Ventures mengumumkan mengucurkan seed funding untuk perusahaan startup yang baru diluncurkan pada Oktober lalu.

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS.jpg

Kesehatan

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS

02 December 2020, 14:08

Baru-baru ini Pemkot Tangerang menggelar kegiatan pendeteksian dini penyakit HIV AIDS untuk warganya.

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Do a.jpg

Berita Kawasan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa

02 December 2020, 13:07

Kang Emil mendoakan Gubernur DKI Jakarta lekas pulih usai Anies Baswedan positif terinfeksi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.