Anak-anak bermain di tengah makam.jpg

Berita Kawasan

TPU di Depok Dibangun Taman untuk Hilangkan Kesan Seram

Warga Kampung Mampangan RW 09, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok, mengubah lahan kosong Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muara Benda dengan membangun taman bermain. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kesan seram kepada para peziarah. Selain itu, ada juga fasilitas olahraga untuk warga sekitar.

Sekretaris RW 09 yang juga pengurus TPU Muara Benda, Rojudin mengatakan, perubahan pada TPU ini merupakan hasil swadaya dan gotong royong warga sekitar. “Iya, kerja sama bareng warga sini kita rapihkan. Awalnya tidak maksud apa-apa, hanya menghilangkan kesan seram aja,” ujar Rojudin kepada Pingpoint.co.id (24/3/2020).

Pengurus TPU Muara Benda.jpg

Menurut Rojudin, perapihan TPU ini dilakukan secara bertahap mulai 2020. Namun, pada tiga bulan belakangan para warga mempercepat renovasi beberapa bagian seperti tempat duduk dan musala agar sudah siap didatangi peziarah sebelum Ramadan.

“Kita bertahap aja, ini sudah tiga bulan lah kita kebut. Karena satu minggu jelang ramadan sudah ramai,” tambah Rojudin.

Warga Merenovasi Area Makam.jpg

Selain membuat taman bermain, area TPU ini juga dibangun fasilitas lain seperti jogging track untuk warga yang ingin berolahraga sambil menikmati suasana pemakaman yang hijau.

jogging track makam.jpg

Selain itu, area TPU ini juga dijadikan tempat belajar daring oleh anak-anak. Dengan melihat antusias mereka, pengurus makam dan RW setempat pun berencana membangun jaringan internet di sekitar lokasi. “Untuk wifi kita masih upayakan, sudah ada wacana memang dari pengurus dan RW di sini, kalau ada yang bantu kita senang,” jelas Rojudin.

Didukung Tokoh Agama Sekitar TPU

Demi kelancaran pembangunan fasilitas dan berbagai kegiatan di sekitar area makam. Dirinya pun sudah berkomunikasi dengan Tokoh Agama setempat dan mendapatkan respon positif. “Pasti ada pembicaraan, intinya mereka mempersilakan dibuat taman asal tidak mengganggu atau merusak makam aja,” katanya.

[Baca Juga: Kisah Makam Pejuang Bangsa di Hutan Kota UI Depok]

Rojudin menjelaskan, dengan luas sekitar 2000 meter persegi, terkadang warga memanfaatkan area makam untuk mengadakan tahlilan bersama, apalagi menjelang bulan ramadan ini. Tidak hanya itu, untuk benar-benar menghilangkan kesan seram, di TPU ini sudah dipasangi lampu-lampu agar warga yang melewati area makam pada malam hari tidak takut.

“Sudah terang di sini. Tadinya orang lewat sini malas, karena masih banyak pohon juga, akhirnya kita membabat beberapa untuk dijadikan taman,” tutup Rojudin.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.