Semerawut, Pembatasan Layanan Transjakarta Atasi COVI-19 Banjir Kritik

Berita Kawasan

Transjakarta Adakan Lagi Penyesuaian Social Distancing Terkait COVID-19

Pasca menuai kritik dari sejumlah masyarakat lantaran kebijakan pembatasan operasional bus, per hari ini PT Transjakarta kembali melakukan penyesuaian untuk menerapkan social distancing. PT Transjakarta menambah jam operasional dan rute pada hari ini.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Nadia Diposanjoyo mengatakan, PT Transjakarta akan mengoperasikan 123 rute. Pihaknya juga kembali mengubah jadwal operasional yang semula bus hanya beroperasi pukul 06.00-18.00, kembali menjadi normal pukul 05.00-22.00 untuk layanan reguler.

Semerawut, Pembatasan Layanan Transjakarta Atasi COVI-19 Banjir Kritik

Kemudian pihak Transjakarta juga menjalankan 11 rute Layanan Angkutan Malam Hari (Amari) pukul 22.00-05.00. Guna tetap menjaga social distancing untuk mencegah COVID-19 dan penumpukan penumpang di halte, PT Transjakarta menambah frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi tiap rute.

“Untuk memastikan social distancing terjaga, dan mencegah penumpukan terlalu lama di halte, frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi di tiap rute akan ditingkatkan hingga 2 kali lipat dari frekuensi normal, sehingga jumlah pelanggan yang naik di dalam satu bus dapat dikurangi,” kata Nadia, sebagaimana dalam siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (17/3/2020).

[Baca Juga: Semerawut, Pembatasan Transjakarta Atasi COVID-19 Banjir Kritik]

Adapun rute yang akan mengalami penyesuaian yakni sebagai berikut.

  1. 15 rute BRT dalam koridor
  2. 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota 3. 4 rute RoyalTrans
  3. 10 rute Transjabodetabek
  4. 69 rute Mikrotrans

Nadia mengatakan, adanya penyesuaian rute tersebut menyebabkan adanya perubahan pada kapasitas angkut tiap bus. Untuk bus gandeng diperuntukkan 60 penumpang, bus besar 30 penumpang, bus sedang dan RoyalTrans15 penumpang , dan Mikrotrans 6 penumpang. Para penumpang juga akan harus menerapkan jarak aman yakni dengan jarak satu lengan.

[Baca Juga: Transjakarta Lakukan Penyesuaian dalam Pemberlakuan Social Distancing]

“Nantinya petugas Transjakarta akan membantu mengarahkan pelanggan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan,” katanya.

Dia berharap dengan adanya mekanisme ini penumpang dapat sabar mengantre di luar halte dan di dalam bus. Diharapkan dengan adanya jarak antar pelanggan dapat meminimalkan penyebaran COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.